✔ MicroSD: Perbedaan Sandisk Ultra vs. Extreme vs. Extreme PRO 2023

Perbedaan utama antara MicroSD Sandisk Ultra, Extreme, dan Extreme PRO - Siapa yang tidak tahu produsen/merek yang sangat terkenal di bidang penyimpanan digital, Sandisk? produsen ini menawarkan produk-produk beragam yang sangat diminati seperti MicroSD, SSD, OTG, FlashDisk, dan SD Card.

object images: https://www.sandisk.id
Nah salah satu produk yang paling dicari oleh banyak orang untuk sekedar menambah kapasitas penyimpanan di Ponsel adalah MicroSD. Penyimpanan jenis ini juga selalu digunakan untuk kamera profesional dengan memasangkan Adaptor Kartu SD.


Untuk lini ponsel, meski setiap unit itu punya penyimpanan Internal yang cukup besar (untuk ponsel rilisan akhir-akhir ini) tetapi terdapat slot microSD, rasanya pasti kurang komplit jika tidak diisi.

Yang menjadi masalah ialah kenapa ada jenis-jenis penamaan produk Sandisk untuk setiap MicroSD yang mereka jual berbeda-beda yaitu "Sandisk Ultra",  "Sandisk Extreme", dan "Sandisk Extreme PRO". Pilihan ketiganya tentu membuat kita bingung sebagai orang awam ketika mimilih untuk mwmbeli. Lalu apakah perbedaan utama dari ketiga jenis penamaan itu? yap simak dibawah ini.

Perbedaan Spesifikasi MicroSD Sandisk Ultra, Extreme, dan Extreme Pro
Baiklah dibawah ini adalah tabel perbedaan spesifikasi yang dapat anda amati. Data spesifikasi dibawah saya himpun dari keterangan yang mereka berikan disetiap produknya, mungkin akan sedikit berbeda dalam kenyataannya. Terdapat beberapa parameter spesifikasi yaitu kapasitas maksimal, kecepatan read, kecepatan write, bus type, speed rating, dan tentu saja harganya.

$ads={2}

Parameter Ultra Extreme Extreme PRO
Kapasitas Hingga 1 TB Hingga 1 TB Hingga 1 TB
Speed Baca class 10, hingga 100 MB/s
A1 UHS-I, hingga 120 MB/s
A1, hingga 100 MB/s
A2 UHS-I, hingga 160 MB/s
A1, hingga 100 MB/s
A2 UHS-I, hingga 170 MB/s
A2 UHS-II, hingga 275 MB/s
Speed Tulis class 10, hingga 10 MB/s
A1 UHS-I, hingga 60 MB/s
A1 60 MB/s
A2 UHS-I, 90 MB/s
A1 90 MB/s
A2 UHS-I, 90 MB/s
A2 UHS-II, 100 MB/s
Bus Type UHS-I UHS-I UHS-I
UHS-II
UHS-III
Rating Speed U1 U3/V30 U3/V30
Harga mulai Rp63.000/32 GB mulai Rp115.000/32 GB mulai Rp149.000/32 GB

Dari tabel diatas anda bisa menyimpulkan perbedaan apa sehingga harga dari setiap jenis berbeda-beda. Semakin tinggi spesifikasi tentu sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Fungsi dari Jenis-jenis MicroSD Sandisk

Extreme Pro - Cocok untuk anda yang mempunyai hobi merekam video resolusi tinggi seperti 4K UHD di ponsel, kamera profesional, dan drone. Hal itu tentu tidak tanpa sebab, mengingat laju proses penggunaan memori dari hasil perekaman video 4K sangatlah besar makanya butuh kecepatan read dan write yang tinggi.


Extreme -  Hampir sama dengan versi PRO, versi ini juga sudah mendukung perekaman video 4K UHD tetapi dengan harga lebih murah, meski tidak secepat versi Pro, ini sudah cukup.

Ultra - Versi yang satu ini lebih ideal dipakai untuk Smartphone karena speed yang ditawarkan sudah mencukupi sebagai penyimpanan cadangan. Meski tidak mendukung perekaman video 4K, dengan ini anda masih bisa merekam pada resolusi FullHD 1080p.


Ingat, ada beberapa kamera DSLR kelas menengah hanya mendukung kartu SD dengan kecepatan tertentu, sehingga jika spesifikasi kurang akan terjadi error atau pesan memori tidak didukung atau yang lebih parah tidak terdeteksi, jadi lihat spesifikasi baik-baik.

Kesimpulan
Setiap jenis yang sudah saya bahas semuanya bagus, hanya keputusan terbaik tentu ditangan anda karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Sesuaikan dengan kebutuhan untuk apa nantinya tersebut digunakan.

Sekian pembahasan mengenai perbedaan jenis-jenis MicroSD Sandisk beserta penjelasan, spesifikasi, dan harga tiap jenisnya. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Pustaka & referensi
https://shop.westerndigital.com/in-id/products/memory-cards/sandisk-extreme-uhs-i-microsd
https://shop.westerndigital.com/in-id/products/memory-cards/sandisk-extreme-pro-uhs-i-microsd
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama