Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

√ Illustrator: Cara Ubah Gambar jadi Objek Vektor bisa diedit Adobe Illustrator

Adobe Illustrator sudah menjadi andalan kalangan desainer untuk membuat segala jenis desain. Kemudahan dan kelengkapan fitur yang diberikan tak heran membuat siapun yang sudah mencobanya akan betah untuk terus menggunakannya.

Cara convert Gambar ke Objek Vektor Illustrator

Image Trace Adobe Illustrator

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki Adobe Illustrator yaitu Imgae Trace, fungsinya untuk melakukan Convert gambar kedalam bentuk format vektor yang mana hasilnya bisa anda rubah bentuk, efek, dan warnanya sehingga mendapatkan objek dengan kualitas tinggi jika di export.

Didalam preset pengaturan Image Trace Default Illustrator, anda hanya diberikan mode Hitam Putih, jadi hasilnya akan hitam putih meski gambar yang akan dijadikan objek itu berwarna.

Tapi jangan khawatir anda cukup mengaturnya supaya Gambar asli dan Objek hasil trace memiliki bentuk, warna, dan efek yang sama, maka anda perlu sedikit memodifikasi settings di Image Trace dengan langkah khsusu. Nah pada artikel ini saya akan membahas tutorial singkatnya sehingga anda dapat menggunakannya dengan lincah.

Adobe Illustrator: Cara Convert Gambar menjadi Objek Vektor berwarna yang bisa di Edit

  1. Pertama Siapkan Gambar & Adobe Illustrator nya.
    Buka Adobe Illustrator

  2. Paste/Tempel gambar kedalam proyek & Klik Image Trace.
    Image trace berwarna

  3. Hasil awalnya akan hitam putih, untuk memunculkan warnanya klik menu Windows dan pilih Image Trace.
    agar image trace tidak hitam putih

  4. Ubah Mode menjadi Color, Aktifkan Preview, dan Klik Expand.
    Expand image trace berwarna

  5. Klik kanan pada gambar tersebut, lalu Ungroup.
    pisah-pisah objek vektor image trace

  6. Selesai kini Gambar anda sudah menjadi Objek dan dapat anda pisah-pisah berdasarkan warna & bentuknya.
    Contoh hasil Image Trace

Bagaimana mudah sekali bukan melakukan convert gambar menjadi objek yang bisa diedit warna, dan bentuknya. Ini merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi desain grafis untuk menciptakan karya baru dari referensi elemen-elemen gambar lain.

Ingat jangan gunakan gambar sembarangan untuk kepentingan komersil, karena siapa tahu gambar tersebut terdapat hak ciptanya.


Kesimpulan
Pengubahan elemen gambar menjadi objek (convert) tak heran dicari banyak orang termasuk anda. Cara ini sebenarnya tidak sulit, tapi kata kunci untuk mencari tutorialnya yang kadang tidak sesuai yang diharapkan.

Sekian artikel tutorial pembahasan bagaimana ubah gambar jadi objek di Adobe Illustrator, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ Illustrator: Cara Ubah Gambar jadi Objek Vektor bisa diedit Adobe Illustrator"