✔ FILE & FOLDER Terbesar: Cara Melihat Ukuran File & Folder Terbesar di Android 2023

Tips mencari File & Folder dengan Ukuran Terbesar di ponsel Android - Semua jenis file yang ada dapat anda simpan dimana saja tanpa terkecuali, karena file merupakan sekumpulan informasi yang terdiri dari data berbentuk binary, karakter, dan numerik.

File atau file terbesar android

Selain itu ada file khusus yang merupakan bagian dari kumpulan banyak file dari sebuah program komputer. File memiliki banyak sekali format & ekstensi yang tam terhitung jumlahnya.
Tanya-tanya seputar TIDAL WA Admin ekorkode085800572012

Setiap file dapat dibuka atau dijalankan menggunakan software & aplikasi yang mendukungnya. Kebanyakan file format yang awalnya hanya bisa dibuka menggunakan komputer kini bisa juga dibuka hanya lewat ponsel.

Hal ini bukan tanpa alasan, semakin banyaknya developer mobile yang mengimplementasikan software menjadi aplikasi mobile (Android & iOS) sehingga terjadilah cross-platform yang memungkinkan membuka file pada beberapa device.

Penyimpanan
Dibandingkan dengan dahulu, sekarang harga hardware untuk memori penyimpanan jauh lebih murah. Meski demikian, anda juga harus cerdas dalam memanage penyimpanan terutama pada ponsel Android. Penyimpanan android untuk sekarang umumnya mengandalkan memori internal berukuran 32GB hingga 512GB yang secara ukuran sudah cukup untuk digunakan sebagai media penyimpanan file-file ringan.

Namun, seiring waktu penggunaan, kadang kita sebagai user tidak menyadari sampai memori internal kita hampir penuh, ditandai dengan munculnya peringatan penyimpanan hampir habis pada bilah notifikasi.

Hal utama yang menjadi penyebab kenapa penyimpanan hampir habis adalah seberapa besar & banyak aplikasi terinstal. Kemudian selanjutnya file apa saja yang ada di memori internal sampai-sampai memori internal kita hampir habis.

Masalah
Nah jika masalah datangnya bukan karena banyak menginstal aplikasi, melainkan karena banyaknya file-file yang anda simpan, maka anda perlu mengatur file mana saja yang mempunyai ukuran besar dan sudah tidak digunakan lagi. Selanjutnya menghapus atau memindahkannya ke penyimpanan komputer supaya penyimpanan ponsel menjadi lebih lega.

Berikut ini ekorkode akan memberikan cara supaya anda tahu file dan folder apa saja yang memiliki ukuran terbesar. Jadi saya akan memberikan trik yang nantinya File-File & Folder-Folder dengan ukuran besar dapat terlihat dan itu urut dari ukuran yang paling besar hingga paling kecil. Simak Tutorial dibawah ini.

Langkah-langkah Cek File & Folder dengan Ukuran Terbesar di Penyimpanan Internal Android

$ads={2}

*Note: Harap jangan asal menghapus file yang anda tidak tahu apa itu dan apa fungsinya.

Langkah 1: Instal Aplikasi bernama Cx File Explorer (Gratis tanpa Iklan).
file manager tanpa iklan android


Langkah 2: Buka Aplikasi tersebut, dan langsung saja klik ANALYZE.
menganalisa file-file android


Langkah 3: Akan muncul 3 Tipe menu yaitu "Main Storage", "Large Files", dan "Cache Files".
cara lihat daftar file besar android


Langkah 4: Berikut penjelasanya:
  • Main Storage: Disini anda akan melihat urutan folder dengan ukuran terbesar yang ada pada memori internal anda dengan klik MORE. Hati-hati dalam menghapus atau memindahkan, pastikan anda tahu isi folder tersebut, jangan asal hapus.
  • Large Files: Disini anda akan melihat urutan semua jenis file dengan ukuran terbesar yang ada di penyimpanan internal dengan klik MORE. Parhatikan baik-baik jika ingin menghapus atau memindahkan, pastikan anda tahu file tersebut.
  • Cache Files: Ini adalah fitur tambahan yang sangat berguna, cache ini biasanya berupa thumbnail, riwayat tontonan youtube, riwayat pemutaran musik, anda bisa menghapusnya dengan aman demi melegakan penyimpanan.
Contoh Folder dengan isi Terbesar
folder terbesar android


Dengan begini anda dapat mengontrol dan memanage penyimpanan pada ponsel, sehingga penyimpanan tidak mudah penuh. For your info, penyimpanan yang penuh dapat menurunkan kinerja ponsel, maka pintar-pintarlah memanage memori.

Penutup
Sekian artikel mengenai bagaimana caranya mengetahui Ukuran folder dan file terbesar yang ada di Memori Penyimpanan Android, semoga berguna untuk anda semua yang sudah membaca artikel ini. Terimakasih, semoga harimu menyenangkan...
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama