Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Perbedaan Program Files (x86) dan Program Files di Windows

Perbedaan - Perbedaan Program Files (x86) dan Program Files biasa. Di dunia komputer, kita sering melihat sistem operasi berbasis 32-bit atau 64-bit. Begitu pula saat kita menginstal software. Sering kali software/program tersebut meminta spesifikasi minimal sistem operasi komputer harus menggunakan 32 atau 64 bit. 


Di dunia komputer, kita tahu ada 2 jenis tipe sistem operasi berbasis 32-bit / 64-bit. Begitu pula saat memasang software. Sering kali program tersebut memberikan sebuah pilihan apakah 32-bit atau 64-bit.


Misal Posisi OS yang digunnakan versi 64-bit. Kemudian pertanyaannya, kenapa ketika menginstal aplikasi otomatis berada di Program File padahal ada folder sama tapi bernama x86?. Kenapa bisa begitu?. Apa maksudnya?.

Makanya disini ekorkode.com akan membahas sedikit pengetahuan Mengenai Hubungan bit pada processor dan Operating System. Perbedaan 32 bit dan 64 bit mendasar, Penjelasan dari Perbedaan Program Files (x86) dan Program File.

Hubungan bit Prosesor dan bit Operating System


Sistem operasi 32 bit dan 64 bit tentu berbeda disebabkan memiliki hubungan erat berdasarkan prosesor yang dipakai Laptop/PC kita. Saat memilih atau mengunduh OS yang hendak digunakan, sebaiknya sesuaikan versinya sesuai prosesor pada Laptop/PC.

Misalnya prosesor sobat itu memakai sistem 64 bit, maka disarankan untuk menginstal versi 64 bit. Walaupun sebenarnya juga bisa di terapkan pada OS 32 bit sih, tapi lebih baik sesuaikan saja biar kerja OS menjadi maksimal.

Namun jika prosesor sobat itu menggunakan sistem 32 bit, sudah jelas tidak bisa memasang sistem operasi 64. kenapa demikian? Karena prosesor 32 bit hanya kompatibel dengan sistem operasi 32 bit saja.

Alasan Kenapa 32 bit dilambangkan x86 bukan x32?

Banyak orang awam sering salah dalam hal ini, karena Windows tidak selalu menuliskan suatu nama format  "32 bit" dan "64 bit". Sebaliknya, pasti sering sobat lihat adalah "x86" dan "x64", benar bukan?.

Chipset yang digunakan pada awal era komputer itu intel 8086. 16 bit adalah versi awal chipset 8086, namun versi yang lebih baru setelahnya menjadi 32 bit, sehingga tanda "x86" ini mengacu nama dari 2 angka terakhir “8086”. Selanjutnya, arsitektur lebih baru (64 bit) ditandai sebagai "x64" sesuai dengan angka bitnya.

Itulah kenapa folder "Program Files (x86)" diberikan tanda (x86) di akhiran. Folder "Program Files" khusus untuk program/software berarsitektur x86, baik itu 32 bit.

Perbandingan dasar 32 bit dan 64 bit Singkat

1. Versi 64-bit bisa Menjalankan 32-bit.
2. Versi 32-bit bisa Tidak bisa menjalankan 64 bit.

Penjelasan dari Perbedaan Program Files (x86) dan Program Files

OS 32 bit

Pada Windows versi 32 bit hanya akan ada satu folder instalasi bernama "Program Files" yang umumnya terletak di drive C:. Lokasi partisi penyimpanan dimana Sistem Operasi diinstal.

Folder Program Files ini adalah lokasi penyimpanan yang sudah ditetapkan sejak pertama Windows di instal. Fungsinya untuk menyimpan data dan file yang bersifat executable (bisa dieksekusi) berdasarkan software/program yang sobat instal.

OS 64 bit

Pada OS Windows versi 64 bit, kalau sobat melakukan penginstalan program/software secara otomatis akan menginstal dirinya di folder C:\Program Files.

Meskipun begitu Windows versi 64 bit juga bisa menginstal & menjalankan software/program 32 bit sekaligus. Windows perlu memisahkan antara program 32 bit dan 64 bit yang terintsal di komputer sobat supaya satu dengan yang lainnya tidak dapat saling mengakses library (file .dll) yang bukan miliknya.

Jika program 32 bit mencoba mengakses libraries dari program 64 bit maka bisa terjadi crash atau error. Hal yang sama berlaku untuk program 64 bit. Intinya, Windows perlu memisahkan program dengan arsitektur CPU yang berbeda untuk mencegah terjadinya kesalahan yang seharusnya terjadi pada sistem.

Sehingga pemisahan antara keduanya, di mana program 32 bit akan diinstal di folder terpisah bernama "Program Files (x86)" dengan berlokasi di C:\Program Files (x86).

Alasan Versi 64-bit bisa menjalan Program-program 32-bit


Pertanyaannya kenapa bisa Windows versi 64 bit menjalankan program-program 32 bit? jawabnya: Bisa, Windows menggunakan sesuatu yang disebut WOW64, singkatan dari "Windows 32 bit on Windows 64 bit".

Ketika Sobat menjalankan program-program 32 bit pada Windows versi 64 bit, lapisan emulasi dari WOW64 ini akan mengalihkan akses file dari C:\Program Files ke C:\Program Files (x86).

Sehingga, secara otomatis program-program 32 bit akan mengakses direktori mereka di Program Files (x86). Sedangkan program-program 64 bit seperti biasa akan mengakses direktori mereka di Program Files secara default.

Baca Juga: Cara Aktivasi Permanen MS Office 2010/2013/2016/2019

Penutup
Sekian artikel tentang apa Perbedaan Program Files (x86) dan Program Files Semoga berguna bagi sobat-sobat sekalian. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ Perbedaan Program Files (x86) dan Program Files di Windows"