√ INSTAGRAM, Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi atau Diblokir 100% Berhasil 2023

Akun Instagram terkena pembatasan?, ingin tahu Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi?. Tapi sebelum itu Anda harus tahu apa penyebab sebenarnya dan dampak selanjutnya.

Artikel diupdate: 25 Mei 2022 

Disebut pembatasan atau bisa dibilang blokir sementara, diberikan oleh Instagram tentu bukan tanpa alasan. Semenjak Instagram di akuisisi oleh Facebook semua fitur dan keamanan meningkat.

Semua fitur yang berkaitan antara satu pengguna dengan pengguna lainnya di amankan dan di moderasi oleh algoritma sistem, baik itu Postingan, komentar, follower dan jenis foto & video.

Sampai saat ini sistem Instagram sudah memblokir permanen terhadap akun-akun yang melanggar kebijakan terkait komentar, Postingan, aktivitas tidak wajar (follow atau unfollow terlalu banyak), dan duplikasi akun.

Baca Juga: Cara Download Foto Profil Instagram Orang Lain Resolusi HD 4K 

Contoh Akun Instagram dibatasi

Berikut ini contoh akun dalam pembatasan karena terlalu banyak melakukan Follow dan Unfollow dalam kurun waktu satu hari 24 jam. Gambar ini adalah hasil eksperimen saya saat mencoba melakukan follow terhadap 200 akun dalam kurun waktu singkat hasilnya mendapatkan pesan ini, mantap.

Coba Lagi Nanti

  

10 Penyebab Utama Akun IG di Blokir Sementara atau Dibatasi

  • Akun Instagram terdeteksi melakukan Aktivitas Follow atau Unfollow dalam kurun waktu singkat.
  • Melebihi batas Follow dan Unfollow harian sekitar 150-200.
  • Mengirim banyak DM (pesan) kepada banyak orang secara singkat.
  • Terindikasi menyamar sebagai orang lain.
  • Postingan Menyesatkan serta membagikan yang terlarang.
  • Foto & Postingan atau Profil di laporkan banyak orang.
  • Log in & Log out instagram di banyak Device terlalu sering.
  • Postingan melanggar kebijakan.
  • Spam Komentar terlalu sering dan tidak pantas.
  • Menggunakan Tool Follower atau Unfollower.

Mungkin masih banyak lagi selain di daftar itu, tapi saya rasa itulah yang sering menjadi penyebab utama. Meski kebijakan instagram terus berubah dan semakin ketat setidaknya hindari salah satu aktivitas tersebut.

Lalu bagaimana jika akun sudah terlanjur bermasalah?, bagaimana cara mengatasinya. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman terkait masalah ini, supaya Notifikasi Pembatasan atau blokir sementara segera hilang, simak baik-baik.

Cara Mengatasi Akun Instagram Dibatasi Sementara

$ads={2}

Jangan melakukan Follow dan Unfollow

Penyebab utama dan tidak banyak orang tahu karena umumnya orang-orang yang terkena pembatasan akun IG ini tidak menahu soal kebijakan. Jadi mereka melakukan follow sebanyak-banyaknya terhadap banyak akun dengan harapan mendapat Follback. Kegiatan itu sangat tidak dianjurkan dan sudah dapat dipastikan akan terkena pembatasan.

Jika sudah terkena pembatasan? berhenti melakukan follow & unfollow, hingga pembatasan hilang.

Hindari mengirim pesan (DM) ke banyak akun

Hal ini juga tanpa disadari dapat menyebabkan akun dibatasi. Dengan mengirimkan pesan secara cepat ke banyak akun membuat instagram mencurigai aktivitas tersebut adalah SPAM. 

Jika sudah terkena pembatasan? berhenti melakukan aktivitas DM dan Hapus Obrolan, kemudian tunggu hingga pembatasan hilang.

Jangan Gunakan Akun / Logout Sementara

Jika sudah terlanjur terkena pembatasan hindari melakukan aktivitas apa pun menggunakan akun bersangkutan. Setelah kurun waktu 1 - 3 x 24 jam cobalah masuk dan coba untuk Follow/Unfollow/ Posting.

Jika sudah terkena pembatasan? bersabarlah kurangi penggunaan, kemudian tunggu hingga pembatasan hilang.

Logout atau Hapus Aplikasi Tool Follower manager dan semacamnya

Semua kegiatan yang Anda lakukan di luar aplikasi Instagram sangat berbahaya karena ini sangat berisiko. Bagaimana tidak, saat Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga pastinya Anda memasukkan Username dan Password pada aplikasi mereka.

Jika sudah terkena pembatasan? log out dari aplikasi pihak ketiga, lalu ganti password instagram, kemudian tunggu hingga pembatasan hilang.

Buka Pusat Bantuan

Caranya Buka Pengaturan > Bantuan > Pusat Bantuan. Dengan fitur tersebut Anda secara otomatis masuk ke Instagram Web. Akan banyak pilihan terkait masalah yang sedang terjadi sesuai masalah Anda.

Laporkan Masalah

Caranya Buka Pengaturan > Bantuan > Laporkan Masalah. Fitur tersebut akan membantu Anda melaporkan apa yang terjadi terkait akun Anda sendiri maupun orang lain. Anda harus menjelaskan apa yang terjadi dan melengkapi dengan bukti Screenshot sebagai pendukung.

Ganti Password

Sangat dianjurkan untuk Anda mengganti password instagram saat terjadi masalah demikian. Ini bagi Anda yang sudah terlanjur menggunakan atau pernah memakai aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga yang biasa digunakan ialah penambah follower, follower manager, unfollowers, dan sebagainya. Biasanya meminta kita untuk memasukkan Username dan Password instagram.

Mereka (aplikasi) bahkan berani menjamin data pengguna tidak disalahgunakan. Padahal itu sangat fatal membiarkan username dan password terekspos pada platform selain instagram.

Kita tidak tahu developer aplikasi pihak ketiga itu benar-benar menjaga data kita. Akibatnya Instagram sendiri mendeteksi perilaku akun tidak wajar.

Maka mengganti password setidaknya menjaga supaya data yang sudah pernah dimasukkan di aplikasi lain tidak bisa digunakan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari masalah ini ialah selama akun Anda masih bisa login, maka akun akan sembuh dari pembatasan. Namun dengan syarat yang telah tertera di atas. Jika Anda nekat untuk melakukan hal-hal yang tidak dianjurkan di atas, siap-siap akun bukan dibatasi lagi, tetapi diblokir.

Penutup

Sekian artikel yang membahas masalah Bagaimana Cara Mengatasi Akun Instagram dalam pembatasan atau terblokir Sementara. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

34 Komentar

  1. Menghilangkan pembatasan aktivitas Instagram saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sering kirim pesan sama saudara

      Hapus
    2. ngilanginnya diemin aja dulu beberapa hari, jangan pakai aplikasi pihak ketiga, kalo DM lewat IG jangan terlalu banyak & cepet

      Hapus
  2. bang akun saya kenapa di batasi saya sudah lapor sama admin instragam nya ,tolong dong bang terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tahu sebelumnya ngapain?. Tunggu beberapa hari dulu bang, ikuti tutorial diaatas pasti manjur.

      Hapus
  3. Work banget mas pake cara ini, kemarin waktu di rumah temen aku nyoba buat melakukan follow unfoll, terus pas siang pergi dan nginep di hotel, pas udah sampe di hotel saya istirahat sambil melakukan follow unfoll, eh terkena batasan oleh pihak instagram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ya intinya sabar aja sih, soalnya instagram sensitif sekarang hahaha

      Hapus
  4. Bang minta saran ig saya di buat kerja , salesnya via DM dan skarang baru 1jam nyales sudah di batasi🙏🙏🥺

    BalasHapus
  5. Bang aku bru download apk followers unfoll jg abis tu udh saya log out dr apk dan sya apus trs ig langsung ada notifikasi dibatasi gt pdhl udh diganti pasword trs udh kirim laporan masalah jg lewat pihak instagram gmn ya kira kira🥺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang & tunggu aja paling 2-3 hari balik. Kalo akun diatasi kemungkinan besar balik normal. Tinggal tunggu waktu aja. Ya intinya ikuti tutor diatas sih.

      Hapus
  6. mau nanya bang , kalo temen saya lagi siaran langsung mengapa saya tidak bisa melihat komentar ataupun tidak bisa berkomentar bang , mohon bantuannya jika abang paham bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak faktor bang
      -aplikasi ig bang reza blm terbaru
      -komen live ignya di nonaktifin atau di limit
      -akun bang reza termasuk baru, trus sering banget like, dan follow orang
      -temen bang reza blok akunmu

      setau ane itu sih, tapi kyknya masih banyak lagi faktornya

      Hapus
  7. mau tanya, kenapa yah kalo kita aktifkan akun orang lain sdh sering yah, namun pas mau di un resitric lagi udh gk bs,, padahal sebelumnya masih bisa resitric n unresitric

    BalasHapus
  8. Bang,mau nanya. IG KU JUGA SAMA😭😭😭. Tiba tiba yang followingnya 400 jadi 1000. Dan aku liat ada yg login dari Turki. Itu gmn ya? aku udh unfoll baru 200an sih soalnya ada bates ngeunfoll. Jadi aku unfoll lagi setelah 200 itu gak bisa kena block act following. Aku langsung ganti password. Tapi harus nunggu 3 hari lagi ya bang untuk nge unfoll org lagi? soalnya dibatesi tadi. YA ALLAH KOK TIBA TIBA LGSG BNYK NGEFOLLOW PADAHAL BUKA IG JARANG BGT. TAKUT DI HACK


    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh aku logout juga itu akun yang Turki

      Hapus
    2. Waduh bahaya tu bang/mbak, ati-ati bisa disalahgunakan akunnya. Yap benar, langkah pertama paling bener ganti password. Setelah itu unfollow perlahan saja, kalo mau aman ya unfoll 150 perhari, itupun ga boleh cepet-cepet, saran pagi 50, siang 50, malem 50 gitu.

      Hapus
  9. bang mau tanya, akun ga dibatasi namun tidak bisa login dan muncul notif "harap tunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi" gitu terus udah dua hari, tolong bantuannya

    BalasHapus
  10. Bang akun aku g bisa ngefollow/unfollow karna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna aku kebanyakan follow/unfollow org lain bangg,apakah akun saya akan kembali normall

      Hapus
    2. Bisa bang, biarin dulu 3 hari biasanya bisa normal lagi

      Hapus
  11. Bang akunku kok tiba2 hilang yaa ga aktif, sebelumnya disuruh konfirmasi notelp sama instagram sehabis itu akunnya nonaktif

    BalasHapus
  12. Bg akun ig saya dibatasi,jd tidak bisa masukin sg,like,koment,share,follow dan unfoll,,yg bisa cuma ngebales dm doang,,saran dong bg supaya ig saya tidak d batasi lagi,,,pdhl saya sudah mengganti kata sndi serta sudah logout lebih dari tiga hari tpi ttp aja gbisa

    BalasHapus
  13. Mau nanya bang kn kalo mau tidak dibatasi lagi diemin aj maksudnya jangan buka apk ig 1_3 hari atau ga papa buka ig tapi jangan melakukan kesalahan itu ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa buka IG tapi jangan Like & follow/unfoll

      Hapus
  14. 2-3 Hari, dibuka gpp, tapi jangan foll, unfoll, like, & dm

    BalasHapus
  15. saya mau tanya akun saya di batasi karena bio saya tercantum situs web saya sendiri saya sudah di kasih tahu di batasi dan saya mau menghapus nya tetapi ketika menghapus malah tidak bisa karena akun sedang di batasi jadi saya harusnya gimana ycoab melaporkan kepihak Ig tapi udah beberapa kali tidak ada respon mohon bantuannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo situs web yang dicantumin melanggar ya pasti kena, untuk sementara tunggu dulu sambil terus buat laporan ke mereka sambil situs webnya dibenahi yang sekiranya melanggar kebijakan

      Hapus
  16. kagak bang situs kaya blogger pribadi dulu pas masih sekolah

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama