✔ Ping Spike Artinya pada Game Online dan Penyebabnya 2023

Apakah Anda sedang mencari tahu apa itu Ping Spike?. Kalo iya kebetulan sekali saya akan membahas salah satu masalah yang sering terjadi saat bermain Game Online ini.

ping spike adalah cara mengatasinya

Jika Anda menemukan artikel ini itu berarti ada masalah terkait jaringan Anda. Pastinya setiap orang akan merasa jengkel saat sedang asyik-asyik bermain tetapi koneksi lag.

Lag pada game memiliki 2 penyebab utama yaitu Hardware (spec PC / HP) dan Jaringan.

Lag Hardware

Kondisi Lag akibat hardware atau spesifikasi yang kurang masih terbilang maklum. Sebab kita tahu dan dapat mengukur berdasarkan informasi resmi terkait spesifikasi minimum dan rekomendasi.

Namun yang bikin emosi dan mengganggu kenyamanan adalah masalah lag karena Jaringan. Nah terkait hal itu apa itu Ping Spike dan apa penyebabnya?, simak penjelasan berikut.

Lag jaringan Ping Spike Artinya dan Penyebabnya

Jaringan atau sinyal Lag punya banyak penyebab serta faktor yang berbeda-beda.

Ping Spike adalah suatu keadaan di mana Ping Internet mengalami lonjakkan latensi tinggi secara tiba-tiba yang mengakibatkan Lag. Istilah tersebut umumnya muncul ketika seorang bermain game online namun secara mendadak ping berwarna merah dengan latensi tinggi dan lag.

Ini sedikit berbeda dengan RTO (Request Time Out), karena rto bukan hanya lonjakan ping saja namun tidak terhubung sama sekali dengan server.

Ping Spike biasanya juga berbarengan dengan packet loss (kehilangan data) sehingga membuat game akan lag bahkan berhenti sementara.

Daftar Penyebab Ping-Spike dan Packet Loss

Intinya ini terjadi karena adanya kemacetan arau gangguan komunikasi data antara Ponsel/PC Anda dan Server. Penyebabnya ada banyak hal dan semuanya berpengaruh satu sama lain, MAKA setidaknya Anda mengetahuinya.

$ads={2}

1. Karena Server

Server yang terlalu sibuk akan bekerja keras mengolah dan menangani data pengguna. Semakin ramai pengguna maka membutuhkan segala jenis resource yang lebih besar, cepat, dan aman.

Lag karena server sering terjadi pada game rilisan baru, beta test, maintenance, atau update versi.

2. Karena Penggunaan Bandwidth

Nah inilah yang paling sering terjadi dan banyak orang tidak menyadarinya. Ini terjadi karena internet yang Anda gunakan baik itu Data Seluler atau Wifi sedang melakukan tugas lain.

(Data Seluler) Contohnya Anda sedang bermain game tapi pada background ternyata Google Play Store melakukan update atau downloading alhasil Ping akan melonjak tajam.

(WiFi) Pengguna WiFi umumnya digunakan banyak orang mungkin keluarga atau bahkan teman.  Beberapa orang justru menyalahkan provider karena ping tidak stabil dan lag. Padahal bisa saja lag karena pengguna wifi selain Anda sedang menggunakan untuk hal berat misalnya Youtube, downloading, tiktok, atau IG, facebook Video.

3. Karena Provider

Nyatanya setiap tempat provider (data seluler) atau (internet kabel) berbeda-beda kualitasnya.

Jadi pastikan Anda memilih provider yang bagus sesuai lokasi Anda. Cara memastikannya bisa dengan bertanya dengan teman atau tetangga yang sudah menggunakan.

Pengalaman saya ada provider (data seluler) yang mempunyai Ping Bagus tapi pada jam-jam tertentu saja misalnya tengah malam.

Tentu hal tersebut sangat merepotkan mengingat kita sebagai pengguna membutuhkan kualitas jaringan yang bagus kapan pun juga saat membutuhkan.


Kesimpulan

Kualitas jaringan yang bagus ditandai dengan Ping dan kecepatan internet yang stabil. Sekarang Anda tahu apa itu ping spike dan penyebabnya.

Jadi Anda sebagai pengguna harus memilih provider dan menggunakannya dengan benar. Karena masalah Ping Spike tidak sepenuhnya karena server.

Penutup

Sekian artikel pembahasan mengenai Ping Spike, semoga menambah wawasan Anda. Terima kasih.

2 Komentar

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama