√ Realme & OPPO: Dimana Letak Foto & File setelah di Atur Privat

Keamanan data menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah Smartphone. Nah salah satunya produsen Smartphone yang sedang gencar meluncurkan produk terbaru yang bersaing dipasar global dari sisi harga dan kualitas, yaitu Oppo dan Realme.

Dimana Lokasi File/Foto Atur Privat Realme Oppo

Oppo dan Realme sejatinya sama, karena Realme sendiri adalah anak perusahaan dari Oppo, jadi tak heran keduanya mirip terutama pada OSnya. Sama-same memakai base ColorOS yang pada awalnya digunakan oleh kedua brand tersebut. Entah bagaimana Realme ingin membuat varian ui OS nya sendiri dengan tetap menggunakan base ColorOS tapi dengan nama baru yaitu Realme UI.

Nah karena sejatinya sama-sama ColorOS, keduanya disematkan fitur keamanan data yang sangat bermanfaat yaitu Private Safe. Fitur satu ini bisa anda gunaakan di Galeri maupun File Manager.

Cara kerja dari fitur ini adalah melakukan enkripsi terhadap foto atau file yang dipilih sehingga untuk membukanya anda perlu memasukan kode & sidik jari. Karena data di Enkripsi, anda tidak dapat mencari lokasi file dimana berkas disimpan dalam file manager, bahkan menggunakan Komputer sekalipun.

Masalah
Namun banyak pengguna dan orang awam tidak tahu-menahu bahwa ponsel Oppo & Realme yang mereka pakai mempunyai fitur seperti ini. Akiibatnya, malah kebingungan mencari dimana Foto/file mereka setalah menekan "Jadikan Privat". 

Baiklah dibawah ini saya akan menjelaskan lebih jelas bagaiaman fitur ini bekerja dan cara memakainya dengan benar.

Letak File Privat & Cara menggunakan fitur Private Safe HP Oppo & Realme

$ads={2}

► Lewat Galeri (Foto)
  1. Buka aplikasi "Foto" atau galeri bawaan sistem.
  2. Pilih Foto, lalu klik Selengkapnya > Jadikan Privat.
    Atur Privat

  3. Untuk membukanya Klik & Tahan 3 Detik pada tulisan Menu "Foto" atau "Album" atau "Jelajahi". ( jika anda pertama kali menggunakan silahkan atur sidik jari atau sandi untuk pembukanya.
    Buka direktori Privat

  4. Buka dengan Sandi/Sidik jari, nah disinilah letak Foto Privat anda.
  5. Untuk Membalikannya klik foto dan atur sebagai publik.
► Lewat File Manager (Foto, Audio, Dokumen, Lainnya)
  1. Buka aplikasi "Manajer File" bawaan sistem.
  2. Pilih File, klik Lainnya > Atur sbg privat.
    Atur sbg privat

  3. Untuk membuka File privat klik menu TAB.
    Buka file privat

  4. Disinilah file privat anda disimpan & dienkripsi.
  5. Untuk Membalikannya klik foto dan atur sebagai publik.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, semua jenis file yang masuk dalam Private Safe akan terenkripsi jadi file tersebut tidak bisa dicari lewat komputer atau file manager lain.

Penutup
Sekian tutorial singkat menemukan dimana letak foto/file setelah klik Jadikan Private di HP Realme dan Oppo semoga anda menemukan solusi atas masalah yang terjadi. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama