√ Cara Crop Foto jadi 2R Ukuran Resmi Secara Online Tanpa Software 2023

Cara Mengubah atau Mengedit Ukuran Foto Menjadi 2R Secara Online - Mengedit foto menjadi salah satu kegiatan yang tak sembarang orang bisa melakukannya. Foto dengan syarat ukuran tertentu umumnya dipakai untuk kebutuhan resmi & formal ataupun sekedar memenuhi kriteria.


Lampiran foto sudah menjadi suatu syarat wajib yang diminta oleh suatu instansi sebagai pelengkap administrasi. Mengedit foto ini sebenarnya bisa dilakukan siapa saja tanpa terkecuali karena tool-tool dan tutorial sudah bertebaran di Internet.

Salah satu ukuran foto yang mungkin cukup terkenal ia 2R. Ukuran satu ini sedikit lebih besar daripada foto 4x6 jadi biasanya disimpan didalam dompet dan album kecil. Ukuran 2R masih terbilang kecil untuk bisa dipajang di kotak figura.

Ukuran foto 2R umumnya digunakan untuk kepentingan pribadi tapi pada beberapa kesempatan foto ini kadang dijadikan syarat untuk kebutuhan resmi. Nah yang diminta kadang berupa softfile dengan ukuran yang sudah sesuai.

"Pertanyaanya: Bagaimana cara edit foto biasa jadi ukuran 2R dengan ukuran Resmi?"

Mengedit foto biasa dilakukan dengan menggunakan Adobe Photoshop di PC. Lalu bagaimana jika tanpa menggunakan software aplikasi Photoshop, apakah bisa?
 
Biklah, dibawah ini saya akan memberikan tutorial singkat bagaimana mengedit foto biasa menjadi ukuran 2R (Ukuran Resmi, tidak asal), tanpa memakai aplikasi maupun software komputer.

Langkah-langkah Crop Ukuran Foto Menjadi 2R, menggunakan HP dan Komputer

$ads={2}

Ukuran Resmi foto 2R = 5,59 cm x 8,89 cm660 x 1050 pixel

*Note: Cara ini lebih baik pakai PC atau laptop biar bisa klik Shift dan Tahan.

Beikut ini Contoh Edit Foto HP ke ukuran Resmi 2R

  1. Buka link ini Imageresizer.org dan langsung pilih Select Image

  2. Karena ini contoh pas foto 2R, jadi atur menjadi 660 x 1050 (jika kotak jadi kecil tidak apa).

  3. Perbesar ukuran box dengan Tekan Shift + Klik & Tarik supaya bentuk box tetap (biarkan ukuran berubah, tapi bentuknya jangan berubah). Abaikan angka disamping berubah. Lalu klik Crop Image.

  4. Ini belum selesai, sekarang klik Resize Image

  5. Buka gembok, sesuaikan dengan yang saya beri kotak merah. Ubah unit ke cm, atur jadi 5.59 x 8.89, hapus centang Full Color dan biarkan DPI 300. Lalu klik Resize Image Now.

  6. Lihat hasil akhir Foto 2R menghasilkan angka 660 x 1050 pixel atau mendekati. Terakhir klik Downlaod Image.


Pertanyaannya, apakah mengubah ukuran foto dapat merusah kejernihannya? Tergantung dari kualitas file foto asli, kalau kualitas foto asli saja sudah rendah (buram) mau diapakan juga akan tetap buram, sedangkan jika file asli bagus & resolusi bagus, jika diubah ukurannya relatif tetap bagus.

Penutup
Sekian tutorial singkat yang dapat saya jelaskan mengenai bagaimana edit crop foto menjadi ukuran 2R dengan ukuran Sebenarnya / Resmi tanpa software aplikasi, semoga dapat membantu anda semuanya. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama