√ NETFLIX: Tidak bisa HD di HP Android arti Sertifikat Widevine L1, L2, L3

Menonton streaming film dan serial sangatlah menyenangkan. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang disaat penat. Banyak layanan streaming digital yang ada hingga saat ini, dari HBO Max, Prime Video, Hulu, Disney Plus dan tentu saja yang akan kita bahas yaitu Netflix.

netflix di hp burik tidak hd

Netflix tersedia di hampir semua jenis platform mobile Android & iOS, desktop App & Web, serta Smart TV. Kemudahan itulah yang membuat pelanggan nyaman. Kualitas yang diberikan dari langganan berbeda-beda dari paling dasar yaitu Ponsel hingga yang paling tinggi yaitu Premium.

Masalah Layar Android
Salah satu bahan pertimbangan para reviewer Gadget baru-baru ini adalah soal kualitas resolusi layar maksimal saat menonton layanan streaming digital.

Inilah kenapa banyak perangkat tidak dapat menonton Streaming dengan Kualitas HD padahal langganan paket Premium Ultra HD, resolusi layar HP sudah FullHD+, dan Internet kenceng, kenapa bisa burik?

Penjelasan
Ini terjadi karena banyak perangkat tidak dibekali dengan sertifikat Widevine L1 atau L2 melainkan hanya Widevine L3 saja. Apa Perbedaan Widevine L1 L2 L3?.

Widevine adalah sebuah Modul DRM (fitur keamanan), dimana fungsi utamanya untuk membuka media (Video) terenkripsi demi menghindari pembajakan video.

Itulah mengapa saat anda mengunduh video di Netflix hanya bisa ditonton diaplikasinya saja, tidak bisa dibuka lewat file manager & video tidak muncul di galeri anda, benar bukan?.

Untuk menonton streaming Netflix kualitas maksimal UltraHD 4K perlu sertifikat Widevine L1. Untuk kualitas maksimal HD 720p perlu sertifikat Widevine L2, sedangkan untuk Widevine L3 maksimal berada pada kualitas SD 540p saja.

Lalu bagaimana mengetahui Sertifikat Widevine di Hp kita? simak langkah sederhananya dibawah ini.

Cara Cek Tipe/Jenis Sertifikat Widevine Semua Merek HP Android 

$ads={2}

  1. Buka Play Store, instal aplikasi "DRM Info".
    Aplikasi DRM Widevine

  2. Buka Aplikasi Tersebut.

  3. Pada Widevine CDM lihat bagian Security Level. Disinilah informasi Sertifikat Widevine ponsel anda.
    Cek Widevine


  • Security Level: L1 support hingga UltraHD 4K. (jika layar HP sudah 4K & Internet super kencang).
  • Security Level: L2 support hingga HD 720p saja. (meski internet anda cepat, maksimal tetap di 720p)
  • Security Level: L3 support hingga SD 540p saja. (meski internet anda cepat, maksimal tetap di 540p).
Sangat disayangkan HP admin pun cuma dibekali sertifikat Widevine L3 saja, jadi streaming Netflix maksimal di 540p, kurang bening meski sudah langganan Premium.

Kesimpulan
Demi mendapatkan pengalaman menonton netflix di Ponsel secara maksimal ada beberapa hal yang wajib diperhatikan disamping keceparan internet yaitu sertifikat yang tersemat apakah Widevine L1, L2, atau L3.

Sumber pendukung:
https://sproutvideo.com/help/articles/15-what_is_the_difference_between_standard_definition_sd_and_high_definition_hd
https://id.smartcity-telefonica.com/check-if-your-phone-can-stream-hd-video-from-netflix-amazon-prime-video-other-services-0181603

Sekian pembahasan mengapa streaming Netflix di HP sedikit jelek, burik, blur tidak HD, serta pengaruh Sertifikat Widevine L1, L2 dan L3. Semoga bermanfaat dan Berguna untuk anda Semua, Terimakasih.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama