✔ TOP! Tampilkan Indikator FPS Game Windows 10 tanpa Instal Software Tambahan 2023

Cara Menampilkan FPS game dilayar monitor Windows 10 tanpa Instal Software tambahan - Menurut saya Windows 10 merupakan OS terbaik dari semua seri windows karena mengusung semua fitur yang dibutuhkan, salah satunya untuk kebutuhan gaming.

tampilkan fps tanpa software

Tolok ukur kelancaran sebuah game tidak cukup dengan anda merasa bahwa dimainkan terasa lancar saja, tapi perlu adanya data angka pemrosesan sistem yang menunjukan sebuah game lancar dengan nilai tertentu.

Indikasi bahwa game dapat berjalan dengan mulus ditandai dengan nilai FPS yang stabil bernilai diatas 50 FPS. FPS (Frame per second), artinya seberapa frame yang mampu dihasilkan oleh pemrosesan sistem dan grafis untuk setiap detiknya.

Xbox Game Bar

Nah kabar baiknya anda tak perlu repot-repot menginstal software MSI Afterburner atau semacamnya jika sudah menggunakan Windows 10. Mengapa demikian? yap didalam Xbox Game Bar terdapat fitur khusus penampil kinerja seperti CPU, GPU, VRAM, RAM dan tentu saja FPS.

Karena Xbox Game Bar adalah aplikasi bawaan yang disematkan dalam Windows 10 tentu saja aplikasi ini ringan dan aman untuk digunakan dibanding MSI Afterburner.

Keuntungan Xbox Game Bar sebagai Penampil Kinerja Sistem FPS dan lainnya

  • Ringan dibandingkan yang lainnya.
  • Akses Mudah cukup tekan Windows + G atau tombo Start pada Joystick.
  • Tampilan Sederhana.
  • Praktis & Aman.
  • Grafik dan Informasi Akurat.
  • Aplikasi Bawaan.

Cara Menampilkan FPS otomatis di Windows 10 dengan Xbox Game Bar, Ringan

$ads={2}
1. Tekan Windows + G maka akan muncul Game Bar diatas layar anda. Jika tidak muncul, pastikan game bar aktif (Settings ⟶ Gaming  pastikan Fitur Xbox Gaame Bar aktif).
Cara atur XBOX Game Bar


2. Klik Menu disamping Jam, kemudian klik Performance.
Cara lihat Performa Laptop Xbox Game Bar


3. Terlihat FPS masih kosong karena anda tidak bermain game. Jika terdapat tombol Request Access silahkan klik dan Restart PC/Laptop anda.
Cara lihat FPS lewat Xbox Game Bar


4. Jika Sudah, anda bisa ubah warna tampilan menjadi Hijau misalnya, warna ini akan tampul ketika game dimainkan. Lalu Pin jendela supaya tidak hilang dari layar anda.
Ubah warna Xbox Game Bar


5. Terakhir buka game anda dan secara otomatis FPS akan muncul dan Warna berubah sesuai pengaturan anda. Tested on PES 2021:
Tampilkan FPS di game PES 2021


Nah sekarang FPS dapat anda pantau untuk menguji seberapa kuat PC/Laptop anda dalam menjalankan sebuah game. Anda juga dapat memposisikan ulang bentuk tampilan atau meminimalkan jendela sehingga tampilan lebih ringkas tanpa grafik.

Untuk menutupnya widget cukup tekan Windows + G  dan Unpin widget Performance. Bagaimana masih mau instal aplikasi penampil FPS lain? toh didalam Windows 10 sudah ada.

Para reviewer PC atau khususnya  saat membahas VGA, biasanya menggunakan software tambahan untuk menampilkan data FPS secara real-time. Itu menurut saya kurang efektif karena dengan anda menginstal software lain seperti MSI Afterburner dan menggunakannya untuk memonitor kinerja, justru menurut saya akan menambah beban sistem.

Penutup
Sekian artikel pembahasan bagaimana menampilkan FPS di Windows 10 tanpa Instal MSI Afterburner Software Aplikasi Tambahan lagi, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama