√ IZIN APLIKASI: Cara Cek Semua Status IZIN Aplikasi di Android (Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme) 2023

Sudah bukan jadi rahasia umum lagi jika Smartphone selalu membutuhkan banyak izin terhadap pada semua aplikasinya. Sangat penting bagi anda memperhatikan status izin di setiap aplikasi supaya tidak disalahgunakan karena bisa membahayakan keamanan privasi.

Cek Semua Status Izin Aplikasi Android

Android akan selalu menanyakan izin kepada pengguna saat pertama kali menginstal & membuka aplikasi baru. Izin-izin tersbut diantaranya: Info Lokasi, Memori, Kontak, Panggilan, SMS, Mikrofon, Kalender, Sensor Tubuh, Kamera, dan lain sebagainya.

Tanpa anda berikan izin, sebuah aplikasi tidak dapat berjalan dengan sempurna, bahkan otomatis keluar. Dengan sekali pemberian izin, untuk selanjutnya aplikasi tidak akan menanyakan lagi kecuali aplikasi tersebut telah mendapatkan update pembaharuan versi.

Terkait aplikasi apa saja yang sudah anda izinkan, apakah anda benar-benar memperhatikan setiap pertanyaan yang diajukan sistem?. Banyak aplikasi diluar Play Store dalam bentuk APK yang sudah dimodifikasi sehingga keamanan aplikasi yang menjadi taruhannya.

Contoh Penyalahgunaan Izin
Contoh kasus, sebuah aplikasi kalkulator umumnya tidak memerlukan izin apapun, lalu secara tidak sadar ternyata aplikasi kalkulator meminta akses lokasi dan kontak, tentu dapat dipastikan aplikasi itu mencurigakan.

Terlepas dari itu semua, android sudah menyematkan fitur pemantau izin pada sistemnya. Disana akan terlihat aplikasi-aplikasi apa saja yang mendapatkan akses terhadap fitur android. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Cek Semua Izin Aplikasi untuk HP Samsung

$ads={2}
1. Buka Pengaturan dan pilih Menu Aplikasi.
Pengaturan Samsung - Izin Aplikasi


2. Klik menu pojok kanan atas dan pilih Manajer izin.
Menu Aplikasi Samsung - Izin Aplikasi

3. Disinilah Semua daftar Izin aplikasi.
Pengelolaan izin Samsung - Izin Aplikasi


Cara Cek Semua Izin Aplikasi untuk HP Xiaomi

1. Buka pengaturan dan pilih menu Perlindungan privasi.
Pengaturan Xiaomi - Izin Aplikasi


2. Tekan tombol Seluruh perizinan.
Aksi sensitif Xiaomi - Izin Aplikasi


3. Disinilah Semua daftar Izin aplikasi.
Daftar perizinan aplikasi Xiaomi - Izin Aplikasi


Cara Cek Semua Izin Aplikasi untuk HP Realme atau OPPO

1. Buka pengaturan dan pilih menu Manajemen Aplikasi.
Pengaturan Realme & Oppo - Izin Aplikasi


2. Pilih Izin aplikasi.
Manajemen aplikasi Realme & Oppo - Izin Aplikasi


3. Disinilah Semua daftar Izin aplikasi.
izin aplikasi Realme & Oppo - Izin Aplikasi



Kesimpulan
Itulah cara praktis untuk melihat & mengecek apakah izin relevan terhadap fungsi aplikasi dan mungkin ada bisa merubah izin jika tidak masuk akal terhadap fungsional aplikasi itu sendiri.

Sekian artikel tutorial singkat mengecek status izin semua aplikasi Android, semoga dapat menambah pengetahuan anda semua. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama