√ Realme 5 Pro: Cara Bongkar HP Realme 5 Pro Sendiri Gampang, untuk Pemula 2023

Tips mudah Membuka Backdoor / Membongkar Realme 5 Pro - Membongkar sebuah HP itu bisa dibilang gampang-gampang sulit karena setiap tipe dan merek mempunyai bentuk dan sususan komponen yang berbeda tapi pada dasarnya menggunakan komponen dengan fungsi yang sama.

Cara bongkar tanpa merusah Realme 5 Pro

Proses pembongkaran sebenarnya mudah, yang menjadi sulit ialah ketika anda pertama kali membuka tutup belakang / backdoor, karena anda perlu memanaskannya supaya lem menjadi lemah untuk kemudian backdoor dapat dibuka.

Adapun HP dengan backdoor tanpa lem yang menyatu dengan sisi samping bodi sehingga jenis ini lebih mudah karena kita cukup berusaha membuka pada salah satu tepi kemudian dilanjutkan ke seluruh tepi bodi ponsel tersebut.

Masalah Ponsel

Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman cara membongkar HP Realme 5 Pro milik saya yang sangat disayangkan mengalami masalah. Dulu, saya membeli Realme 5 Pro karena pada waktu itu sempat populer sebab spek yang diberikan relatif tinggi namum harga sangat bersahabat. 

Akan tetapi setelah berjalan satu setengah tahun semenjak pembelian, HP ini bermasalah yang mengindikasikan bahwa ada Kesalahan Hubungan Baterai, akibatnya ponsel tidak bisa dicharge. Sistem UI mendeteksi bahwa ada kesalahan hubungan baterai yang menyebabkan tidak dapat di charge memakai jenis kabel asli VOOC atau type-C biasa.

Sangat disayangkan juga garansi sudah hangus, kemudian saya ke konter-konter terdekat dan mereka bilang belum pernah menangani kasus seperti ini, alhasil saya kembali kerumah tanpa harapan inilah yang membuat saya ingin membongkar bodi & backdoor sendiri Realme 5 Pro ini.

Langkah-langkah Bongkar Realme 5 Pro mudah tanpa Merusak Komponen

$ads={2}

*Disclaimer: Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada ponsel anda, jika anda berani mencoba berarti anda berani mengambil resiko & jika masih dalam masa garansi sebaiknya dibawa ke Sercive Center daripada membukanya karena itu menghanguskan garansi.

Langkah 1: Siapkan alat-alat yang mungkin dibutuhkan, yang paling penting adalah Obeng+ ukuran kecil, dan yang lainnya adalah Optional karena bisa menggunakan apa saja.
Alat bongkar HP



Langkah 2: Hal awal yang harus anda lakukan adalah memanaskan bagian bodi tepi menggunakan Hairdryer atau dipanaskan menggunakan apapun itu. Tapi mungkin anda juga bisa langsung membukanya menggunakan benda tipis seperti Pick Gitar.
cara panaskan backdoor HP



Langkah 3: Perhatikan gambar dibawah, pada bagian dengan tanda merah itulah anda membukanya menggunakan Kuku/Pick gitar, tetapi jika mempunyai Dop langsung saja tarik kalau sudah dipanaskan.
cara buka cover/casing belakang HP

Langkah 4: Jika sudah terbuka, lihat foto, terdapat total 18 baut kecil yang harus dilepas sebelum membuka body, silahkan lepaskan semua, dan jangan sampai ada yang hilang.
copot baut HP


Langkah 5: Jika sudah kita akan membuka Bodinya, sebelum itu lepaskan Slot Simcardnya.
cara keluarkan simcard slot aman


Langkah 6: Untuk membuka bodinya cara cukup mudah yaitu tarik kebawah pada lubang Simcard kemudian ganjal menggunakan sim ejector atau kuku.
cara buka body hp realme


Langkah 7: Geser jari kuku anda sampai semua terbuka seperti gambar dibawah ini. Jangan langsung dibuka.
cara buka semua body reamle


Langkah 8: Setelah terbuka jangan buru-bruru mengangkat tutup bodinya, lepaskan terlebih dahulu konektor Fingerprint dengan cara menariknya keatas pada ujung yang menmpel di mesin. [langkah 8 tanpa gambar].

Langkah 9: Beginilah penampakan mesin dan komponen Realme 5 Pro
Komponen bongkar realme 5 pro


Langkah 10: Untuk selanjutnya anda bisa melakukan apapun. Seperti melepas komponen, baterai, kamera, atau sekedar membersihkan pcb mesin & konekter. 
bentuk-bentuk komponen Realme 5 Pro



Bagaimana mudah sekali bukan?Nah sebenarnya masalah yang saya alami adalah masalah IC Power, yang mau tidak mau harus membawanya ke Service Center Realme.

Baik sekarang anda sudah bisa membukanya, selanjutnya terserah anda mau anda apakan. Untuk melepas baterai, anda hasus melepaskan pula konektor-konektor yang terhubung dengan mesin. Dan cara melepas baterainya pun cukup mudah dengan menarik plastik berwarna hijau dengan sekuat tenaga.

Penutup
Sekian tutorial cara Membongkat HP Android Realme 5 Pro, semoga dapat membantu anda mengatasi masalah tertentu, atau mungkin anda hanya iseng saja ingin bongkar? hmmm. Baiklah, sekian & Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama