✔ 10 Bagian Penting saat BELI LAPTOP baru untuk Pemula 2023

Demi mendapatkan laptop yang sesuai dan tidak terjadi penyesalan Anda perlu tahu Bagian Penting saat Beli Laptop. Dalam artikel ini saya akan memberikan 10 bagian yang bisa Anda jadikan acuan saat akan membeli Laptop.

Hal penting yang paling diperhatikan saat beli laptop baru

Laptop sudah menjadi alat penting selain smartphone, apalagi Anda seorang Siswa, Mahasiswa Kuliah, Dosen, Guru, atau Pekerja kantoran. Semua kegiatan seperti menulis makalah, artikel, video meeting, mengolah data, atau untuk mengedit video & foto dan masih banyak lagi, itu semua membutuhkan Laptop.

Nah jika Anda belum mempunyai laptop atau memang berencana ganti laptop baru, anda harus memilih laptop yang tepat menyesuaikan kebutuhan dan anggaran. Ada ratusan model laptop dari berbagai merek dengan harga yang bervariasi, dengan sistem operasi Bawaan Windows Original atau DOS (tanpa OS).


Jenis-Jenis Kebutuhan Laptop Sesuai Kebutuhan:
  • Desain Grafis
  • Gaming
  • Rendering
  • Kantoran
  • Pelajar
  • Ngoding

Nah demi mendapatkan laptop yang sesuai kebutuhan dan setidaknya tak akan ada rasa kecewa dikemudian hari setelah pemakaian. 

Anda perlu memperhatikan bagian-bagian komponen spek Laptop yang paling krusial tapi tidak tahu apa saja yang itu? tenang ekorkode akan membantu menjelaskannya secara singkat dan padat, simak di bawah ini. 

10 Bagian Penting saat BELI LAPTOP yang Paling Penting untuk diperhatikan

$ads={2}
  1. Prosesor Laptop minimal Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3.
    Tips Prosesor minimal saat beli laptop baru
    Prosesor menjadi komponen yang paling vital dari sebuah komputer terutama Laptop, kenapa? karena prosesor adalah otak dari komputer itu sendiri, apalagi prosesor laptop sifatnya permanen tidak bisa diganti. Untuk Intel maka sebaiknya pilih minimal Core i3 atau Core i5. Untuk Ryzen maka sebaiknya minimal pilih Ryzen 3 series atau Ryzen 5.

  2. Memori sudah pakai SSD, bukan HDD (Harddisk).
    Tips Memori SSD saat beli laptop baru
    Sudah tak perlu ada alasan lagi kenapa harus sudah SSD, lah emang kenapa? SSD (solid state drive) akan jauh lebih kencang daripada HDD untuk urusan Read & Write data, lalu apa pengaruh pakai SSD dibanding Harddisk? Booting windows hanya hitungan detik, Membuka software aplikasi sekejap mata, Copy-paste file lebih cepat, intinya semua multitasking lebih cepat. SSD biasa 5x lebih kencang dari HDD, SSD NvME 5x lebih kencang dari SSD biasa.

  3. Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080.
    Tips Resolusi Layar FullHD saat beli laptop baru
    Nah ini kadang yang kurang diperhatikan bagi banyak orang, resolusi layar laptop seperti diabaikan padahal akan mempengaruhi pengalaman penggunaan. Laptop standar umumnya menggunakan layar  1366 x 768 (HD) yang bisa dibilang kurang, anda akan lebih nyaman jika menggunakan laptop dengan reoslusi layar 1920 x 1080 (Full HD) karena pixel yang diberikan jauh lebih padat. Pengaruhnya apa jika pakai laptop layar Full HD dibanding HD saja? gambar lebih bening, nonton film lebih nikmat, teks & garis kecil tetap terlihat, edit foto & video jadi lebih maksimal.

  4. RAM minimal 8GB atau 4 GB tapi Terdapat Slot Tambahan RAM.
    Tips RAM saat beli laptop baru
    Semakin besar RAM maka semakin baik, karena fungsi utamanya sebagai memori penyimpanan sementara & semua intruksi program yang akan diteruskan ke CPU. Semakin besar RAM semakin lancar anda menjalankan multitasking dalam membuka banyak program sekaligus. Jadi usahakan cari laptop sudah berukuran 8 GB, atau anda bisa pilih dengan ukuran standar 4 GB tapi ada Slot RAM tambahan.

  5. VGA pakai Nvidia/AMD Radeon (bukan Intel HD).
    Tips VGA saat beli laptop baru
    Jangan cuma berpacu pada RAM dan CPUnya saja, Kartu Grafis ini sangat krusial perannya dalam urusan Rendering & Bermain Game. Performa dari Nvidia & Amd Radeon tentu jauh lebih baik daripada sekedar Intel HD series. Jadi pastikan Ada VGA dedicated Nvidia, atau Amd Radeon Graphic.

  6. Ukuran Layar Minimal 14 Inci.
    Tips Ukuran Layar saat beli laptop baru
    Ukuran layar sebenarnya subjektif, ada orang yang sudah nyaman dengan ukuran kecil 13 inci ada juga yang suka dengan ukuran lebih besar 15 inci. Jadi terserah anda, yang penting Resolusi layar sebisa mungkin Full HD 1920 x 1080.

  7. Body Laptop Kokoh.
    Tips Body Kokoh saat beli laptop baru
    Semakin kokoh body & frame laptop membuat feel elegan saat dipegang. Dan juga semakin kokohnya body laptop juga dapat mengurangi resiko rusak akibat terbentur benda keras. Laptop yang kokoh biasanya sedikit berat.

  8. Daya Tahan Baterai Tinggi.
    Tips Baterai saat beli laptop baru
    Sebuah laptop dibuat supaya dapat bekerja tanpa terhubung ke sumber listrik, tapi menggunakan baterai. Nah, baterai laptop juga malah sering diabaikan karena lebih mementingkan Prosesor, RAM, dan Memori. Untuk menunjang produktivitas tentunya laptop harus mampu bertahan lama. Umumnya produsen laptop memberikan klaim tentang baterai laptop bahwa mampu bertahan hingga berapa jam, dibanding kapasitas mAhnya.

  9. Windows nya Original.
    Tips Windows Ori saat beli laptop baru
    Meski dapat menggunakan Aktivator khusus secara gratis, tapi cara tersebut tidak baik untuk keamanan laptop. Jadi anda perlu menggunakan laptop dengan Windows Original didalamnya, supaya sistem mendapatkan perlindungan secara terus menerus melalui update. Laptop dengan Windows Original kadang sedikit lebih mahal.

  10. Tampilan & Bentuk Laptop Good Looking.
    Tips Desain Minimalis saat beli laptop baru
    Tampilan laptop yang menarik pastinya juga perlu untuk diperhatikan. Meskipun selera setiap orang berbeda-beda, mungkin secara garis besarnya laptop yang menarik itu bentuk body keren, solid, terdapat lampu keyboard (backlight) dan enak untuk mengetik. Tampilan yang menarik dari sebuah laptop dapat menambah percaya diri seseorang ketika presentasi.


Jika dibandingkan dengan Ponsel, laptop memiliki jangka lebih panjang untuk masa penggunaan, jadi jangan sampai anda membeli dengan rasa tidak puas. Semoga anda diberikan Rezeki melimpah kemudian dapat meminang laptop pilihan dengan rasa puas tanpa ada kekecewaan setelah membeli laptop tersbut. 

Penutup
Mungkin seperti itu saran yang dapat ekorkode.com berikan tentang Bagian Penting saat Beli Laptop. Maaf apabila ada kesalahan informasi, saya hanya menyarankan sesuai apa yang saya tahu soal dunia komputer yang masih terbatas. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama