√ Blogger: Cara Mengatasi Adsense "Ada kesalahan perayap iklan yang dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan."

Google Adsense: "Ada kesalahan perayap iklan yang dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan."


Ada kesalahan perayap iklan yang dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan.

Google Adsense
selalu mengeluarkan kebijakan baru dan akan terus memantau struktur sebuah website yang mereka isi iklan. Bagi pengguna lama tentu dapat dengan mudah mengatasi masalah-masalah yang muncul pada bagian notifkasi. Bagi pengguna baru pasti akan merasa bingung bagaimana mengatasi dan langkah-langkah memperbaikinya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas salah satu masalah yang muncul pada notifikasi Google Adsense, yaitu terkait crawler Perayapan. Notifikasi kesalahan ini terdapat 2 jenis yaitu berbahaya dan tidak berbahaya karena berhubungan dengan link crawler.

Jenis masalah Perayapan Iklan Google Adsense

  • Jenis pertama dari masalah ini karena adanya link mati akibat anda menghapus postingan atau mengubahnya ke Draft akibatnya akan menghasilkan halaman 404 not found dengan indikasi Crawler: Halaman tidak ditemukan padahal link tersebut sudah di Indeks di Google. (Contoh link mati: https://www.ekorkode.com/2021/01/cara-ganti-domain.html).
  • Jenis kedua dari masalah ini karena anda tidak memblokir crawler adsense pada halaman search atau label sehingga perayap adsense bisa menjangkaunya tapi menghasilkan error 404 not found dengan indikasi Crawler: Halaman tidak ditemukan. (Contoh link: https://www.ekorkode.com/search?q&m=1).
Anda bisa melihat notifikasi tersebut secara detail apakah karena link postingan artikel mati atau link search dengan hasil error 404 not found. Dibawah ini saya akan membahas bagaimana mengatasi masalah untuk jenis kedua saja sesuai pengalaman yaitu perayap adsense dapat mengakses Search blog anda.

Notifikasi Ada kesalahan perayap iklan

Meski masuk dalam kategori tidak terlalu berbahaya, notifikasi tersebut terus muncul diatas dashboard pendapatan. Itu akan terus muncul sampai anda memperbaikinya, walau untuk sementara bisa dihilangkan dengan klik tombol "Abaikan". Dalam notifikasi tersbut menjelaskan bahwa masalah ini dapat mengakibatkan anda kehilangan pendapatan, awas!.

Cara Mengatasi Adanya Kesalahan Perayap Iklan pada Notifikasi Google Adsense

#Cara ini khusus untuk anda dengan kasus link seperti ini https://www.ekorkode.com/search?q&m=1, anda bisa melihatnya di tombol Aksi notifikasi tersebut.
  1. Buka Blogger anda.
  2. Masuk ke Menu Setelan.
  3. Pada Crawler dan pengindeksan klik Aktifkan robots.txt kustom lalu isi Dengan format sebagai berikut:
  4. User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow: 
    
    User-agent: *
    Disallow: /search
    Allow: /
    
    Sitemap: https://www.ekorkode.com/sitemap.xml
    
  5. Jika sebelumnya anda sudah pernah mengisi silahkan ubah menjadi seperti milik saya diatas.
  6. Atau anda bisa melihat robots.txt blog ini dengan link: www.ekorkode.com/robots.txt.
  7. Setelah Simpan.
  8. Tunggu 2x24 jam, notifikasi di Google Adsense pasti Hilang dan terselesaikan.

Jadi inti dari masalah ini adalah google adsense tidak dibatasi sehingga ia juga mampu memasuki link blog anda khususnya pada /search.. yang tentu didalamnya tidak ada konten untuk adsense dapat menampilkan iklan.

Nah dengan menambahkan robots.txt dan melakukan Disallow: /search, akan membatasi adsense untuk dapat masuk ke bagian link tersebut dan menghindari error seperti yang sudah dibahas.

Penutup
Sekian pembahasan bagaimana mengatasi Kesalahan Perayapan iklan Google Adsense dengna crawler: halaman tidak tersedia, semoga mampu mengatasi masalah yang sedang anda hadapi. Terimakasih.

3 Komentar

  1. Terima kasih ... sangat bermanfaat sekali informasi ini... mudah-mudahan work !

    BalasHapus
  2. Mau nanya.. Ssaya coba cara ini kok gak bisa ya.. dan juga link blognya beda dari yang lain.

    Ini Link kesalahan perayapan.
    2021/03/url_anda_disini?m=1

    bagaimana solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga langung bisa gan, tunggu beberapa hari itu.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama