✔ Cara menambah Move-to dan Copy-to pada Klik kanan Konteks Menu Windows 10 2023

Sistem operasi Windows ternyata memiliki sebuah fitur tersembunyi yang secara default tidak aktif, nah untuk mengaktifkannya anda perlu sedikit menambahkan pengaturan dalam registry.


Fitur tersebut adalah kita dapat melakukan Copy atau Move file kedalam lokasi tertentu. Jadi sistem kerjanya anda klik kanan sebuah file kemudian pilih Copy atau Move kemudian memilih folder mana sebagai tempat destinasi file di Copy atau Move secara langsung tanpa mengcopynya ke Clipboard.

Cara ini aman dan mudah, ingat merubah registry secara asal-asalan tanpa mengikuti intruksi dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem, jadi sebisa mungkin anda mengikuti dengan benar agar tidak ada masalah yang terjadi.

Menambahkan Copy to ke Konteks Menu / Klik kanan

$ads={2}

Langkah 1: Pertama-tama untuk mengubah konteks menu / menu klik kanan file, anda perlu masuk kedalam Registry Editor caranya Tekan Win+R kemudian ketik "regedit".

Langkah 2: Kemudian masuk ke direktori HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\shellex\ContextMenuHandlers.


Langkah 3: Klik kanan pada folder ContectMenuHandlers > New > Key.


Langkah 4: Beri nama "Copy to".


Langkah 5: Double-Click file (Default) yang ada didalam Folder Move to tadi, isi Value data dengan "{C2FBB630-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}" dan OK.


Menambahkan Moveto ke Konteks Menu / Klik kanan

Langkah 1: Masuk kedalam Registry Editor dengan tekan Win+R kemudian ketik "regedit".

Langkah 2: Kemudian masuk ke direktori HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\shellex\ContextMenuHandlers.

Langkah 3: Klik kanan pada folder ContectMenuHandlers > New > Key.


Langkah 4: Beri nama "Move to".


Langkah 5: Double-Click file (Default) yang ada didalam Folder Move to tadi, isi Value data dengan "{C2FBB631-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}" dan OK.


Cara Menggunakan Copy to & Move to

Setelah melaksanakan kedua cara diatas sekarang saatnya untuk mencoba bagaiaman fitur ini bekerja.

Untuk mencoba apakah pengaturan yang anda lakukan berhasil muncul silahkan klik kanan sebuah file, jika berhasil akan muncul tampilan Copy ti folder... & Move to folder...



Pilih salah satu fitur tersebut kemudian tentukan dimana file tersebut akan di Copy atau Move, Klik Copy atau Move dan seketika file tersbut sudah ada pada destinasi pilihan anda.


Cara ini memudahkan anda dalam memindahkan atau menyalin file tanpa operasi paste, karena pemindahan dan penyalinan dilakukan seketika itu juga.

Penutup
Sekian artikel tentang bagaimana menambahkan Copy to dan Move to ke Klik kanan atau konteks menu Windows 10 mudah, semoga bermanfaat meningkatkan produktifitas anda. Terimakasih.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama