√ Headset Error: Cara Memperbaiki Suara Earphone Headset Kecil Sebalah 2023

Terkadang perangkat audio mengalami masalah seperti suara Headset Kecil Sebalah. Tentu saja semua itu diakibatkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya.

Ada banyak nama untuk jenis perangkat audio portabel seperti HeadsetHeadphoneEarphoneIEM (In Ear Monitor), Earbud dan lainnya. Seiring pemakaian, anda tidak pernah menduga bahwa suara headset yang anda pakai bisa menjadi kecil sebelah tanpa tahu sebabnya.

Memperbaiki Headset Kecil Sebalah

Masalah seperti ini saya alami sendiri, bahkan saya tidak tahu kenapa tiba-tiba headset begini. Padahal sering dipakai secara hati-hati malah suaranya jadi kecil sebelah.

Bagi yang kesehariannya hanya digunakan menerima telepon saja saya kira ini tidak terlalu masalah. Namun bagi yang suka mendengarkan musik atau audiophile, hal ini tentunya menjadi masalah yang serius.

Baca Juga: Cara Ukur Waktu Latensi Speaker Bluetooth

Dibawah ini akan saya jelaskan cara memperbaiki Headset Kecil Sebalah engan beberapa metode. Selain itu, saya juga mencantumkan penyebabnya, yang mungkin sama dengan yang Anda alami.
Tanya-tanya seputar TIDAL WA Admin ekorkode085800572012

Cara dan Langkah Mengatasi Suara Headset Kecil Sebalah

$ads={2}

Sebelum Anda menentukan bahwa perangkat kerasnya rusak, coba gunakan headset pada ponsel Anda atau perangkat lain. Jika menghasilkan suara yang masih kecil sebelah alangkah baiknya simak tutorial ini.


1. Download Aplikasi bernama Wavelet di PlayStore.
Instal Aplikasi Wavelet

2. Buka, jika tampilan kosong Klik menu pojok kanan atas dan pilih Legacy mode.
Buka Aplikasi Wavelet

3. Pilih Channel balance dan Aktifkan kemudian atur sambil mendengarkan musik, jika headset kiri yang kecil maka Channel gain left kita rata kanan dan Channel gain right rata kiri. Begitu pula sebaliknya, sebagai patokan kalian pastikan suara vokal penyanyi berada ditengah.
channel balance wavelet

Pastikan saat anda mendengarkan musik Wavelet Aktif. Wavelet akan otomatis aktif jika anda menggunakan aplikasi Music Streaming Spotify dan lainnya. Jika tidak otomatis, cukup aktifkan Legacy Mode. Aplikasi ini ringan dan tidak boros baterai jadi aman digunakan.

Penyebab Suara Headset Kecil Sebelah

Tentu saja faktor penyebabnya bermacam-macam tergantung pengguna memakai headsetnya bagaimana. Ada Empat faktor penyebabnya diantaranya:

Kabel Kusut / Putus
Kabel Kusut atau Putus. Kualitas kabel tiap headset wired berbeda-beda tergantung harga dan merek, ada yang mudah tertekuk ada pula yang susah. Kabel yang terlalu sering tertekuk atau tertindih beban berat memiliki kemungkinan rusak yang tinggi.

Konektor Headset Rusak
Konektor Pin Rusak. Meski hal ini jarang terjadi, jangan remehkan karena bisa saja terjadi. Konektor antara konektor pin dan kabel yang berupa solder atau lem akan kendor karena sering mengalami tekanan dan benturan.

Driver Headet Rusak
Driver Headset rusak. Kerusakan driver headphone biasanya disebabkan oleh dua masalah utama yaitu terbentur dan terkena air.

Sistem Audio Rusak

Aplikasi & Sistem: Terakhir ialah dari sumber audio itu berasal, bisa dari HandphoneDAP, atau DAC. Bisa saja pengaturan aplikasi media player yang anda gunakan bermasalah. Biasanya pada pengaturan Keseimbangan atau Channel Balance yang tidak sesuai.

Kesimpulan Headset Kecil Sebalah

Umumnya Headset yang memiliki suara kecil atau besar sebelah adalah kerusakan hardware. Memperbaiki sendiri itu sulit karena berisiko. Oleh karena itu Ekorkode menyediakan cara untuk menyeimbangkan suara earphone kiri dan kanan tanpa merusak hardware.

Penutup
Sekian Tutorial bagaimana Supaya Suara Headset Kecil Sebelah menjadi Seimbang lagi menggunakan aplikasi, semoga berguna untuk kita semua. Terimakasih.

2 Komentar

  1. Kalo driver headset nya rusak bisakah dibetulin bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulinnya Driver setau saya susah bang, itupun kalo ada yang mau/bisa betulin.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama