✔ EXCEL: Cara Mengunci File EXCEL dengan Password .xlsx .xls 2023

Software Aplikasi mainstream untuk mengolah data yang sering kita pakai tentunya adalah Microsoft Excel. Dengan memanfaatkan Excel kita bisa dengan mudah menyusun dan menghasilkan suatu data baru hasil dari proses perhitungan menggunakan rumus yang disediakan.


Keamanan Data adalah salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan selain keakuratan data itu sendiri. Salah satu data yang perlu kita amankan ialah data didalam File Dokumen Excel kita.

Data-data mentah di internet dapat dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu, apalagi data-data yang sudah siap digunakan.

Contoh file Excel Berpassword

Secara Default file Excel bisa dibuka siapa saja kalau memiliki filenya, namun disini ekorkode akan memberikan sedikti cara mengunci dokumen Excel tanpa perlu menginstal Softwere tambahan karena sudah ada secara bawaan Software tersebut. Simak tutorialnya dibawah ini.

$ads={2} 

Langkah-langkah Kunci file EXCEL dengan Password Sendiri

Langkah 1: Buka File Excel yang akan kita Kunci demi Keamanan.

Langkah 2: Klik menu FileSave As Browse.

Langkah 3: Pada menu ToolsGeneral Options...


Langkah 4: Isi Password to open untuk membukanya, dan Password to Modify untuk mengedit file. Isi salah satu atau keduanya agar file EXCEL benar-benar aman.

Saya sarankan gunakan password yang sering kita gunakan supaya tidak terjadi lupa password dikemudian hari, karena tidak ada fitur tersebut.

Menghapus Password pada Excel
Untuk menghapus Password pada Dokumen Excel caranya cukup buka filenya lalu klik menu File → Save As Browse lalu pada bagian ToolsGeneral Options... hapus passwordnya.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, disamping keakuratan data yang didapatkan aspek keamanan memiliki tingkat yang sangat penting, dengan apa dan bagaimana data itu diamankan supaya tidak terjadi kebocoran data.

Kesimpulan & PenutupSekarang File Dokumen Excel yang kita miliki sudah dilengkapi dengan keamanan berupa Password untuk membukanya, jadi hanya kita yang bisa membukanya.

Sekian artikel tentang bagaimana mengunci file EXCEL dengan password supaya tidak bisa dibuka orang lain. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama