Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ HARDDISK: Cara Cek Kesehatan dan Performa Harddisk Laptop, PC untuk Pemula

Hard Drive adalah bagian yang sangat penting di Komputer, jika sebagian part pada Laptop dan PC dapat diganti baru jika rusak, lalu bagaimana kalau harddisk-nya yang rusak?.


Data dan file yang kita simpan tidak ternilai harganya, data ini akan aman setelah kita mencadangkannya ke Penyimpanan lain atau ke Cloud. Maka dari itulah alasan artikel ini dibuat, yaitu untuk mengetahui kesehatan sebuah Hard Disk apakah pada Performa dan Kesehatan yang baik.

Hati-hati Kerusakan Harddisk

Jika Laptop dan PC kalian masih menggunakan Hard disk sepenuhnya, kalian patut berhati-hati karena media penyimpanan dan tempat OS di instal pada tempat yang sama.

Andai saja Harddisk mengalami masalah ataupun penurunan performa, pasti akan berdampak pada kinerja sistem juga. Yang lebih para dapat menyebabkan Blue Screen akibat Hard Disk tidak mampu membaca data Sistem.

Maka dari itu kita harus tahu bagaimana cara mengecek kesehatan harddisk. Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi data-data yang disimpan adalah data yang sangat penting dan vital.

Saat kita sudah tahu kesehatan Hardisk tentunya dapat menghindari kehilangan data akibat kerusakan harddisk ini dengan melakukan Backup atau memindahkan file-file ke penyimpanan lain.

Ada banyak cara untuk mengecek kesehatan Harddisk baik dilakukan secara manual tanpa menggunakan Software pihak Ketiga maupun menggunakannya. Berikut beberapa Tutorialnya.

1. Melakukan Defragment dan Optimasi

Kalau kalian menggunakan Harddisk sebagai tempat OS Windows di instal kemudian merasa bahwa Windows terasa lemot, kalian harus mengetahui cara melakukan Defrag dan Optimasi. Jika kalian menggunakan Windows 10 caranya sangat mudah.

Langkah 1: Ketik "Defrag" di Search maka akan muncul "Defragment and Optimise Drives".

Langkah 2:
Pada tampilan ini klik "Analyse", jika terdapat fragmentasi (sekian%) maka Klik Optimise.

2. Menggunakan Hard Disk Sentinel

Dengan Memakai Hard Disk Sentinel kita dapat mengetahui tingkat kesehatan dan Performa Harddisk maupun SSD. Data yang ditampilkan adalah persentase yang mudah dimengerti. Kalian tidak perlu melakukan tes, karena setelah terinstal maka otomatis persentase muncul.


Selain itu dalam Hard Disk Sentinel dapat memantau suhu Hard Disk dan melakukan banyak Tes yang bertujuan menemukan masalah-masalah error yang berakibat penurunan tingkat performa dan kesehatannya.

3. Menggunakan CrystalDiskInfo

CrystalDiskInfo adalah software gratis untuk mengecek Kesehatan Hard Disk, bisa diunduh di Website resminya. Ukurannya pun sangat ringan hanya 4 MB saja.

4. Menggunakan Tool "Error checking" di Properties

Tool yang satu ini adalah bawaan dari Windows. Kalian dapat melakukan scan disk untuk menemukan masalah error ataupun bad sector yang ada didalam harddisk. Jika masalah ditemukan maka akan secara otomatis diperbaiki.

Langkah 1: Klik kanan Disk lalu Properties.

Langkah 2: Klik tab menu Tool, pada bagian Error checking klik "Check".

Langkah 3: Scan Drives.


Kesimpulan

Kita bisa coba beberapa tool yang digunakan diatas untuk mengecek status performa dan kesehatan Hard Disk pada Laptop maupun PC. Sebenarnya cukup menggunakan fitur Defragment saja sudah cukup baik tanpa Instal Software.

Penutup

Sekian Artikel pembahasan bagaimana mengecek Kesehatan dan Performa Harddisk baik Laptop maupun PC, Semoga berguna untuk kita semua. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ HARDDISK: Cara Cek Kesehatan dan Performa Harddisk Laptop, PC untuk Pemula"