✔ Cara Buat .ZIP File menggunakan Android untuk Pemula 2023


Pasti kalian pernah merasa bahwa sudah membersihkan banyak file di Android tapi masih saja Penyimpanan Internal tetap terindikasi Penuh?. Atau kalian merasa bahwa mengirim sebuah folder yang berisi file ke sesama Android atau ke Laptop terasa lama?. Baiklah sekarang saya akan membahas bagaimana mengompres data/file di Android.


Apa itu Kompres data?

Kompresi data adalah metode yang digunakan untuk memadatkan data dengan sebuah enkripsi pada setiap bagian-bagian dari isi filenya, sehingga ukuran file dapat berkurang. Karena ukuran dapat berkurang inilah proses pertukaran data akan menjadi lebih cepat.

Apa itu ZIP?

Zip adalah format untuk kompresi data Lossless, artinya kompresi data dapat mengurangi ukuran totalnya namun jika dikembalikan atau diekstrak tidak akan ada kehilangan data satupun. ZIP dirilis tahun 1989, yang memungkinkan kita mengemas banyak file menjadi satu untuk dapat ditransferkan lebih mudah dan cepat.

Dikembangkan oleh PKWARE.Inc, ZIP masih digunakan oleh semua orang didunia sampai saat ini, karena banyak software Opersource yang menggunakan ZIP.

Bagaimana Mengompres File di Android?

Jika biasanya kita melakukan Kompresi menggunakan 7-Zip atau WinRAR di PC, lalu bagaimana jika menggunakan Ponsel Android?. Dibawah ini beberapa cara melakukan kompres data menggunakan ZIP di Android paling mudah. Karena dapat mengompres tentu aplikasi tersebut dapat mengekstrak pula.

Tutorial dibawah ini menggunakan 2 contoh aplikasi Manajemen File arsip ZIP berukuran kecil dan gratis dengan rating terbaik di Play Store sesuai yang saya gunakan.

Langkah-langkah ZIP file menggunakan ZArchiver (4MB)

$ads={2}

Langkah 1: Instal dan buka ZArchiver.

Langkah 2: Tap dan tahan file atau folder berisi banyak file lalu Kompres ke *.zip.


Langkah-langkah ZIP file menggunakan RAR (6MB)

Langkah 1: Instal dan buka RAR.

Langkah 2: Tap dan tahan file atau folder berisi banyak file → Tambah ke arsip...ZIPOK.

Penutup

Sekian tutorial singkat mengenai cara ZIP file menggunakan 2 aplikasi terbaik yang tersedia di Play Store semoga berguna untuk kalian semua. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama