✔ Spesifikasi Minimum Laptop Lancar Windows 10 baik Instal dan digunakan 2023

Sistem Operasi yang paling populer saat ini dan sudah terinstal pada ratusan juta Komputer adalah Windows 10.

Fakta yang saya dapatkan dari berbagai sumber menunjukkan bahwa OS Windows paling banyak diinstal adalah Windows 10 dengan nilai persentase 55% dari total keseluruhan versi Windows.


Nilai 55% itu jika diperkirakan sekitar 1 Miliyar kali terinstal. Itu terus meningkat dari tahun ke tahun mengingat Support Update Windows 7 dihentikan sejak tahun 2019 lalu. Ditambah dengan semakin mantapnya Windows 10 karena terus menerus mendapatkan update.

Makanya siapa saja yang menggunakan Windows XP, 7, 8, 8.1 pasti akan kepincut ketika mengetahui tampilan dan semua fitur-fitur mutakhir yang ditawarkan pada Windows 10 ini.

Tapi kita sebagai pengguna harus tahu spesifikasi Laptop/PC seperti apa yang baik supaya bisa diinstal Windows 10 dan nantinya berjalan dengan mulus?.

Kita perlu memperhatikan beberapa hal soal spesifikasi minimum, yang bisa dijadikan acuan untuk pindah haluan ke Windows 10 dengan cara Upgrade dari Windows 7 atau 8. Jangan sampai kalian menyesal sudah menginstal Windows 10 malah Laptop/PC menjadi Lemot saat dioperasikan.

Spesifikasi Minimum Resmi dari Microsoft

Dibawah ini adalah syarat minimum untuk dapat menginstal dan menjalankan Windows 10 pada Laptop atau PC kalian. Untuk menginstalnya saja mungkin bisa, tapi jika spesifikasi tidak mumpuni, akibatnya pengalaman yang didapatkan tidak maksimal. Kalian juga bisa mempertimbangkan untuk membeli PC/Laptop baru jika dana memungkinkan.

Prosesor 1 GHz atau lebih
RAM 1 GB untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit
HDD 16 GB untuk 32-bit atau 20 GB untuk 64-bit
VGA Compatible dengan DirectX 9 atau terbaru
Resolusi Layar 800 x 600 pixels

Sumber : https://support.microsoft.com/id-id/help/4028142/windows-10-system-requirements

Kalau dilihat-lihat spesifikasi minimum yang resmi dikeluarkan Microsoft tersebut sangatlah basic tanpa memandang kebutuhan lainnya. Jika memang spesifikasi yang digunakan seperti diatas tentu akan sangat berat menjalankan Windows 10.

Padahal di Windows 10 memiliki banyak fitur-fitur yang mengandalkan kecepatan. Dibawah ini saya akan berikan sedikit pencerahan bagaimana spesifikasi sesungguhnya yang direkomendasikan supaya lancar.

Fakta Sebenarnya Spesifikasi Minimum Supaya Laptop/PC lancar menggunakan Windows 10

$ads={2}

1. Prosesor

Dari segi Prosesor, Windows 10 hampir mendukung semua jenis prosesor dari yang terbaru hingga yang sudah lama. Setidaknya kita membutuhkan prosesor dual-core 1 GHz.

Pengalaman saya, menginstal Windows 10 di Toshiba Satellite l745 cukup nyaman digunakan namun kadang-kadang lemot entah karena OS berat atau Hard Disk sudah berkurang performanya, mungkin wajar mengingat laptop legend ini sudah berumur wkwkwk.

2. RAM



Jika Microsoft mengatakan minimal 1 GB untuk 32-bit dan 2 GB untuk 64-bit, nyatanya itu sudah sangat kurang. Andai dengan spesifikasi seperti itu, kemungkinan akan sering terjadi hang atau crash.

Tak usah jauh-jauh membahas game, sebut saja saat menggunakan Browser, ketika membuka banyak Tab itu sama saja seperti membuka banyak program, sehingga tak heran banyak meme tentang Google Chrome boros RAM.

Makanya sesuai apa yang sudah rasakan memang seharusnya seperti dibawah ini:
  • RAM 2 GB untuk 32-bit
  • RAM 4 GB untuk 64-bit

3. Penyimpanan HDD/SSD



Untuk penyimpanan microsoft bilang kalau setidaknya kita punya 32GB ruang kosong untuk tempat penginstalan, tapi sebenarnya saat Windows 10 diinstal hanya memakan belasan giga saja, mungkin sisanya untuk alokasi tambahan melakukan Back-up otomatis dan Update terbaru.

Tapi apa iya kita cuma menyediakan segitu saja?, pasti kita juga perlu menginstal aplikasi seperti Office, browser, atau game ringan yang harus memakan ruang. Jadi saran saya sediakan setidaknya penyimpanan 120 GB.

Lebih baik lagi jika Laptop atau PC kalian support SSD baik SATA ataupun M.2, maka instal OS Windows 10 di SSD. Hasilnya Windows 10 akan berjalan sangat cepat, yap sangat cepat kalau dibandingkan dengan Windows 10 diinstal di Harddisk.

4. VGA



Untuk VGA disini seperti halnya prosesor, keluaran lama pun bisa asal Drivernya sesuai seri Laptopnya tersedia untuk Windows 10. Juga harus kompatibel dengan DirectX 9 atau diatasnya.

Laptop keluaran 2011 sampai sekarang saya rasa jika memang mendukung Windows 10, diinternet sangat banyak yang menyediakan baik itu dari Website Brand masing-masing atau website khusus Driver.

5. Resolusi Layar/Monitor



Ini juga tak  kalah penting penting, untuk resolusi layar microsoft mengatakan 800 x 600 pixels, namun untuk mendapatkan pengalaman maksimal gunakanlah minimal 1024 x 600 atau diatasnya.

Kenapa? karena pada windows 10 memiliki banyak fitur yang menarik untuk personalisasi UI sehingga jika menggunakan resolusi yang rendah sangat kurang untuk urusan user experience.


Perbandingan Spesifikasi Microsoft dan Fakta yang ada

Prosesor 1 GHz atau lebih Dual core, 1.5 GHz atau lebih
RAM 1 GB untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit 2 GB untuk 32-bit atau 4 GB untuk 64-bit
HDD 20GB saran: 120GB
VGA Compatible dengan DirectX 9 atau terbaru Compatible dengan DirectX 9 atau terbaru
Resolusi Layar 800 x 600 pixels 1024 x 600 pixels

Penutup

Sekian pembahasan tentang spesifikasi minimum laptop untuk lancar Windows 10, semoga berguna untuk kalian semua. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama