√ Cara Menambahkan Shotcut Folder ke Quick Access Windows 10

Quick Access File Explorer yang ada pada Windows 10 adalah cara paling praktis untuk mengakses folder dan lokasi file paling sering sobat buka dalam komputer.


Selain folder dan file terbaru, dalam pengaturan default, bagian akses cepat Windows 10 berisi shortcut menuju Desktop, Downloads, Documents, Videos dan Pictures.

Sobat dapat menghapus shortcut folder dari Quick Access dengan cara klik kanan dan Unpin/Remove from Quick Access.

Memanfaatkan Akses cepat bisa mempercepat waktu saat menuju folder yang diinginkan tanpa perlu klik satu persatu dari Local Disk. Namun banyak pengguna Windows tidak memperdulikannya karena dianggap tidak terlalu penting.

Beberapa orang bisa menghapus shortcut folder dari Quick Access dan mereka kira penambahan folder terjadi secara otomatis berdasarkan folder apa yang sering sobat buka. Tapi asal sobat tahu, menambahkan shortcut folder ke Quick Access bisa dilakukan secara manual lo!.

Sehingga sobat bisa memilih folder mana saja yang harus diakses cepat demi menunjang kegiatan misal membuat tugas, pekerjaan, atau sekedar menonton film.

Cara Menambahkan Shortcut Folder ke Quick Access secara Manual pada Windows 10

Langkah 1: Buka File Explorer.

Langkah 2: Cari folder yang sering kita buka dan diperlukan untuk akses cepat.

Langkah 3: Klik-kanan folder pilihan lalu Pin to Quick access.


Kalau sobat ingin menghapus Shortcut Folder dari Quick Access cukup klik kanan dan pilih Unpin/Remove from Quick access.

Tips: Setelah sobat menghapus shortcut folder dari akses cepat, folder tidak akan muncul lagi dikemudian hari secara otomatis di Quick Access meski membukanya berulang-ulang. Tapi tenang bisa menambahkannya secara manual seperti Langkah 1-3.

Sekian artikel singkat mengenai menambah manual folder ke Quick Access Windows 10, semoga bermanfaat. Terimakasih

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama