✔ MIUI 12 Apa saja yang Baru? Bedanya? Daftar HP Xiaomi yang dapat Update 2023

Xiaomi baru-baru ini mengumumkan versi terbaru UI andalan mereka yaitu MIUI 12. Keberhasilan MIUI 11 tak lantas membuat xiaomi puas, maka Xiaomi membawakan UI baru dengan perbaikan visual. Tapi perlu diingat update diperuntukkan untuk ponsel-ponsel tertentu yang menurut Xiaomi masih layak menjalankan semua fitur MIUI 12.

Source: Xiaomi

Fitur baru yang terdapat didalamnya ialah peningkatan kualitas pada Dark Mode. Kini pada MIUI 12 Dark Mode menjadi versi 2.0. Selain itu peningkatan keamanan, privasi, animasi, dan tentu saja ada wallpaper baru yang istimewa seperti halnya update yang sudah dilakukan.

Pada acara pembukaan MIUI 12, Xiaomi mencatat bahwa MIUI memiliki lebih dari 300 juta aktif bulanan diseluruh dunia. Hal itu menandakan bahwa peminat akan ponsel Xiaomi di dunia sangatlah tinggi. Baiklah mari kita simak lebih lengkapnya fitur-fitur baru dan daftar ponsel yang memenuhi syarat hingga dapat update MIUI 12.

Fitur-fitur Baru yang ada pada MIUI 12

$ads={2}

Dark Mode 2.0

Source: Xiaomi
Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan diatas, kini pada MIUI 12 Xiaomi membawa Dark Mode ke versi 2.0. Apa sih bedanya sama versi pertama? fitur ini akan berjalan secara otomatis membuat tampilan ponsel meredup ketika sore menuju malam berdasarkan waktu dan lokasi.

Disamping itu tampilan teks akan berubah ketika kalian mengubah dari mode terang ke gelap dan sebaliknya. Ponsel akan secara otomatis menyesuaikan bobot dan tebal font guna mengurangi silau saat Dark Mode / Mode Gelap dihidupkan, serta kontras juga ikut berubah menyesuaikan kondisi cahaya. Ini tentu memiliki banyak manfaat, terutama membuat kita nyaman membaca sebuah teks meski kondisi kurang cahaya.

Sensory Visual Design

Source: Xiaomi
Di MIUI 12, Xiaomi memvisualisasikan informasi sistem secara detail, sehingga memungkinkan kalian untuk melihat status sistem saat ini secara sekilas dengan tampilan yang berwarna. Xiaomi menyebut ini adalah "Sensory Visual Design" baru. Apa maksudnya itu? yap sebut saja kalian mau melihat status penyimpanan kalau biasanya hanya terlihat warna-warna saja, kini dikemas dalam bentuk diagram visual yang menarik untuk dipandang sehingga membuat kita mudah memahaminya meski orang awam sekalipun.

Wallpaper Super

Source: Xiaomi
Lihat gambar animasi diatas, xiaomi juga memperkenalkan "Super Wallpaper" bersamaan MIUI 12. Developer membuat sebuah wallpaper dengan animasi model 3D planet Mars dan Bumi secara realistis dan presisi berdasarkan data dari NASA, mantap!!!. Kalian bisa mengatur Super Wallpaper sebagai home wallpaper atau wallpaper kunci.

Ini juga menarik ketika dalam Dark Mode, wallpaper akan ikut dalam keadaan gelap alias malam. Tentu saja hal sederhana seperti ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi pengalaman visual pengguna.

Animasi Baru

Seperti yang saya pikirkan memang dalam MIUI 12 ini Xiaomi sangat memperhatikan pada kualitas visual. Sebut saja animasi pada ikon aplikasi, kini perubahan kecepatan gerakan saat menekan ikon akan menghasilkan umpan balik visual yang berbeda.

Selain itu animasi cuaca berubah menjadi realistis, perubahan akan terjadi real-time yang ditampilkan pada layar kalian.

Bisa dibilang hampir semua animasi hadir dengan rasa baru sebut saja, rotasi layar akan terlihat lebih halus, tombol-tombol, pengisian daya dan masih banyak lagi.

Pelacak Kesehatan

Source: Xiaomi
Jika pada umumnya pelacak kesehatan haru memiliki alat tambahan baik Mi Band atau Mi Watch, kini cukup menggunakan ponselnya saja bisa. Dengan MIUI 12 kalian dapat merekam aktivitas berolahraga dari berlari, berjalan, naik tangga, bersepeda hanya bermodal ponsel saja. Bagaimana bisa seperti itu? ya benar, Xiaomi mengembangkan algoritma & AI (kecerdasan buatan) untuk mendeteksi prilaku pergerakkan, sehingga diharapkan bisa merekam data yang akurat meski tanpa device tambahan.

Oh ya! selain berolahraga dengan AI tersebut juga memungkinkan kita memantau kualitas tidur. Cukup meletakkan ponsel didekat kita saat tidur, hingga ponsel mampu mengetahui prilaku tidur kita dari berapa lama kita tidur, apakah tidur kita pulas, mendengkur dan lain-lain.

Peningkatan Privasi

MIUI 12 memberikan peningkatan pada sisi privasi, dalam peningkatan ini keamanan privasi pengguna sangat diutamakan. Sebagai contoh pemberian izin aplikasi, kini kalian bisa memilih mengizinkan aplikasi hanya sekali atau hanya saat kalian menggunakannya. Jadi ketika keluar atau tidak menggunakannya izin akan dicabut, maka saat membuka aplikasi lagi akan diberikan pertanyaan lagi. Tapi tetap ada pilihan "Selalu izinkan".

Adapun fitur baru yang ada pada MIUI 12 yaitu "Mask System", memungkinkan sistem memberikan informasi kosong atau identitas virtual demi melindungi data pengguna. Berbagi foto juga akan lebih aman, biasanya ketika kita berbagi foto berupa file akan kita ketahui informasi ponsel yang mengambil gambar dari lokasi, nama ponsel, user, iso, bukaan, dll, itu akan dihapus dari file gambar, sehingga file gambar tidak memiliki informasi tentang itu.

Kapan MIUI 12 Rilis di Indonesia?

MIUI 12 Sudah mulai diumumka sejak Mei lalu dan akan dirilis global mulai Agustus 2020, tinggal menunggu giliran sesuai dengan daftar ponsel yang XIAOMI kehendaki. Jadi jika kalian menunggu-nunggu kok belum dapat update? tenang nanti kebagian asal ponselnya memang ada di daftar.

Daftar Ponsel Xiaomi yang dapat Update MIUI 12

First-second-third artinya yang paling dulu diutamakan dan akan mendapatkan update terlebih dahulu.

First Batch

Xiaomi Mi 10 Pro
Xiaomi Mi 10
Xiaomi Mi 10 Youth Edition
Xiaomi Mi 9 Pro
Redmi K30 Pro
Redmi K30
Redmi K20 Pro
Redmi K20

Second Batch

Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi Mi Mix 2S
Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8 Explorer Edition
Xiaomi Mi 9 SE
Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 7 Pro
Redmi Note 7

Third batch

Xiaomi Mi Mix 2
Xiaomi Mi Note 3
Xiaomi Mi Max 3
Xiaomi Mi 8 SE
Xiaomi Mi 8 Youth Edition
Xiaomi Mi Mix 2
Redmi Note 8
Redmi 6 Pro
Redmi 6
Redmi 6A
Redmi 8
Redmi 8A
Redmi 7
Redmi 7A
Redmi Note 5

Penutup

Sekian pembahasan mengenai fitur baru apa saja yang ada pada MIUI 12 dan daftar hp yang dapat update MIUI 12 semoga bermanfaat. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama