√ 8 Launcher Android Unik dan Gratis Terbaik 2023 Unik

Aplikasi Launcher atau peluncur sudah lama menjadi bagian dari User Experience pengguna Android. Kita tahu semua Brand Smartphone menggunakan UI masing-masing sebagai ciri khas dan meningkatkan efisiensi sistem.


Sebut saja Samsung dengan OneUI, Oppo dengan ColorOS, OnePlus dengan OxygenOS, Realme dengan RealmeUI, Infinix dengan XOS, Xiaomi dengan MIUI, dll, pada dasarnya semuanya sama saja karena tetap menggunakan base android.

Keunggulan Launcher:
  • Minimalist, ringan.
  • Tampilan segar.
  • Dapat kustomisasi icon.
  • Dapat mengatur gesture.
  • Banyak tema yang ada.
  • Dapat dihapus sewaktu-waktu.
  • Kustomisasi bentuk layar.
  • Kustomisasi widget.
  • Minimalist android stock.
  • dan masih banyak lagi.
Nah jika kalian tidak menyukai tampilan yang diberikan oleh bawaan UI sistem dari Brand, kalian bisa mengunduh aplikasi launcher untuk dapat mengubah tampilan secara global.

Dengan menggunakan aplikasi launcher ini kita kan mendapatkan serangkaian fitur yang tidak kita dapatkan saat menggunakan UI bawaan.

Baiklah mari kita simak beberapa launcher terbaik yang bisa saya rangkum dibawah ini.

8 Launcher Unik dan Gratis di Android Terbaik Saat ini

$ads={2}

Dibawah ini sudah saya urutkan berdasarkan Rating. Rating sesuai berdasarkan penilaian pengguna sehingga kita tahu sebaik apa kualitas dari Aplikasi tersebut.

Poco Launcher 2.0
Terdownload: 10 juta+ 
4,7 ⭐

Launcher satu ini adalah Launcher resmi milik Xiaomi Inc. sehingga didesain sangat baik dan berkualitas. Meski namanya Poco, bukan berarti hanya bisa digunakan untuk ponsel Pocophone saja, tapi untuk semua jenis ponsel Android bisa menikmatinya. Didalamnya kita diberikan banyak sekali fitur unggulan dari sebuah launcher yang bersih dan elegan. Berbagai fitur itu diantaranya kustomisasi tata letak layar utama, ikon-ikon, animasi transisi, kolom pencarian, pengelompokan aplikasi otomatis, jaminan keamanan, serta dikatakan bahwa Poco launcher 2.0 dioptimalkan sehingga memiliki sebuah kecepatan.

Computer Launcher
Terdownload: 5 juta+
4,7 ⭐
Ini dia salah satu launcher yang unik & gratis diantaran yang lainnya karena tampilannya. Sesuai namanya Computer, Komputer, membuat tampilannya sangat mirip tampilan Desktop terutama pada Windows 10. Yang membuat saya kagum ialah tampilan Desktop, Taskbar, File Manager, Start Menu, Action Center, Quick Setting, Ikon aplikasi, Widget semuanya dikemas sama dengan apa yang kita lihat di Desktop Windows 10. Dengan memakai Computer Launcher di ponsel Android, seakan-akan sedang menggenggam sebuah komputer mini ber OS Windows 10 sungguhan.

Evie Launcher
Terdownload: 5 juta+
4,6 ⭐
Evie Launcher adalah salah satu launcher yang saya rekomendasikan. Meski sudah ada dari beberapa tahun lalu ia terus mendapatkan update terbaru sampai sekarang. Didalamnya kita bisa mengkustomisasi shortcut, dan tentu saja bisa mengubah ukuran ikon, serta style ikon yang digunakan. Tampilan dari launcher ini terlihat bersih dibandingkan yang lainnya, hingga saya pikir ini adalah salah satu launcher gratis terbaik.

Nova Launcher
Terdownload: 50 juta+
4,6 ⭐
Hayo siapa yang tidak tahu Nova Launcher? yap, Nova Launcher adalah launcher paling populer diantara yang lainnya. Kalau kalian mengetik Launcher pada kolom pencarian Playstore tentu Nova launcher akan ada pada posisi pertama hasil pencarian. Didalamnya terdapat fitur-fitur canggih dan sangat beragam diantaranya pilihan stock ikon yang sangat melimpah, mode gelap otomatis atau manual, style laci aplikasi yang dapat dikustomisasi, menentukan posisi dan jumal grid pada layar, dan masih banyak lagi yang belum saya jelaskan dan menarik untuk dicoba.

Microsoft Launcher
Terdownload: 10 juta+
4,6 ⭐
Tak mau ketinggalan dengan yang lainnya Microsoft ikut meramaikan jagad perlauncheran. Dibawah Microsoft Corporation, Microsoft Launcher tentu saja membuat launcher dengan style selayaknya UI yang digunakan pada Windows. Didalamnya kita menemukan banyak integrasi layanan dari Microsoft, seperti kalender, email, dan integtrasi langsung dengan PC Windows.


APUS Launcher
Terdownload: 100 juta+
4,5 ⭐
APUS Launcher ini sangat bagus diinstal kalau kalian suka banyak perubahan-perubahan. Didalamnya terdapat lebih dari 50.000 wallpaper dengan banyak sekali tema yang siap diterapkan. Beberapa fitur lain yang dapat kita temui didalam launcher ini ialah berita, kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi dari laci aplikasi, fungsi kunci aplikasi bawaan. Meskipun ini tidak telalu ringan dibandingkan dengan Nova Launcher dll, namun dengan APUS Launcher tampilan android kalian akan jauh lebih berwarna, tapi sangat disayangkan terdapat iklan didalamnya yang tidak bisa dihilangkan, tapi tak masalah itu sebanding dengan fitur yang diberikan secara gratis.

Smart Launcher 5
Terdownload: 10 juta+
4,4 ⭐
Smart Launcher 5 adalah launcher yang memiliki segudang fitur inovatif  dengan menampilkan desain-desain minimalis. Sudah sejak tahun 2012, Smart Launcher sudah diUpdate sebanyak 150 kali mengikuti tren yang sedang terjadi. Mereka mengeklaim bahwa launcher yang buat memiliki efisiensi sumber daya rendah jadi tetap bisa hemat baterai. Walau minimalis, bukan berarti fitur yang diberikan juga ikut minimal, justru sebaliknya, fitur-fitur unggulan dapat kita lihat saat kita menginstal Smart Launcher 5 ini, baik Laci, Tema, layar kunci, tambhan gesture, menyembunyikan aplikasi yang tidak terpakai. Launcher ini juga tersedia pada beberapa Android TV.

Apex Launcher
Terdownload: 10 juta+
4,3 ⭐
Apex Launcher sebenarnya sudah sangat lama ada pada Play Store dan menjadi salah satu launcher yang paling terkenal. Seperti launcher pada umumnya, dengan apex kita diberikan tampilan dan nuansa Android dengan beberapa tambahan fitur, tampilan serta ukuran yang cocok. Diantara fitur-fiturnya terdapat kemampuan untuk mengubah hal-hal dasar sebut saja transisi animasi, gulir, dan bahkan kita bisa mengatur dok gulir yang didalamnya kita isi dengan banyak aplikasi. Pada tahun 2018, Apex Launcher mengalami perubahan besar sehingga terlihat lebih menarik dan profesional.

Penutup
Sekian pemabahasan mengenai 8 Launcher Unik dan Gratis untuk Android semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama