√ Cara Download Musik FLAC Asli Gratis 2022 dan Tempat Downloadnya Lengkap 2022

Mendengarkan musik sudah menjadi hobi banyak orang sejak dulu. Dengan mendengarkan musik hati berasa damai dan memberi semangat dalam beraktivitas.


Cukup mendengarkan musik, dapat mengubah mood seseorang, karena setiap musik itu kadang memiliki keunikan tersendiri hingga membuat pendengar menikmatinya.

Format lagu yang sering Anda jumpai biasanya MP3 bukan?, format musik .mp3 ini sebenarnya sudah ketinggalan zaman mengingat kualitas yang diberikan terbatas sampai bit Rate 320kbps saja di pasaran.

Apa itu MP3?
MP3 adalah salah satu format audio Lossy dengan tingkat kompresi berkisar 75-95% dari ukuran musik aslinya. Tingkat kompresi yang sangat tinggi inilah yang membuat mp3 kehilangan kualitasnya karena ada beberapa data hilang dalam file MP3.

Apa itu FLAC?
Free Lossless Audio Codec atau .Flac adalah sebuah format audio lossless, artinya tidak ada data yang dikompres/ hilang. Dengan demikian audio menjadi sama seperti yang dihasilkan di studio. Ukurannya file flac juga sangat besar dibanding MP3, tapi itu sepadan. Pada akhirnya alat pemutar dan headset Anda lah yang menentukan hasil akhirnya.

Format Flac, Semakin bagus alat pemutar dan headset yang dipakai maka semakin bagus pula suaranya. Makanya banyak orang rela mengeluarkan uang jutaan bahkan sampai puluhan juta hanya demi membeli DAP/DAC & Headphone/IEM/Earphone terbaik.

Dimana & Bagaimana cara Downloadnmya?
Nah masalahnya musik flac ini untuk mendapatkannya susah, karena beberapa situs mengharuskan Anda untuk membeli untuk setiap lagu/albumnya, benar bukan?.

Tapi tak perlu bingung karena di Artikel ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk mengunduh musik flac secara gratis lengkap dengan situs yang saya rekomendasikan.

Baiklah tak perlu lama-lama di bawah ini saya berikan 2 langkah untuk mengunduh musik flac yang Anda idam-idamkan. Sudah saya pastikan musik yang Anda download dengan cara ini bukan Upscaled alias file palsu hasil peningkatan dari file mp3.


Baca Juga: Cara Cek Keaslian Musik FLAC dengan aplikasi Android

Cara Download Musik FLAC Gratis dan lengkap dengan tempat downloadnya

$ads={2}

1. Cara Download musik di TIDAL

Aplikasi streaming musik online satu ini sangat populer di kalangan Audiophile. Walau belum secara resmi di Indonesia berikut cara instalnya tutorial instal TIDAL. Kualitas yang ditawarkan TIDAL sangat jauh dibandingkan Spotify.

bit Rate maksimal Spotify pada kualitas terbaiknya hanya di 320Kbps, sedangkan TIDAL maksimal di 9216Kbps. Jadi di sini saja terlihat perbandingan Spotify dan Tidal yaitu 320:9216 atau 1:29, gila banget!.

Nah, untuk melakukan Download, Anda harus memiliki akun yang dapat Anda beli secara langsung di Websitenya atau melalui iklan saya di atas. Intinya Anda harus punya akun aktif, dan tak perlu VPN.

  1. Pertama Login ke Aplikasi TIDAL.
  2. Pilih Playlist/Album, Lalu klik Download.
  3. Terakhir tunggu hingga selesai.
  4. Sekarang Playlist/Album dapat dinikmati secara offline.
Tanya-tanya seputar TIDAL WA Admin ekorkode085800572012

2. Cara download musik di LosslessBest

Salah satu situs yang dapat saya sarankan dan beberapa kali saya gunakan yaitu hd24bit. Dalam situs ini menyediakan file musik berbagai kualitas dari FLAC CD 16-bit, FLAC Hi-Res 24-bit, flac MQA, flac Vinyl dan bahkan DSD pun ada.

Kebanyakan musik tersedia dalam 1 album, sehingga mau tidak mau kita harus mengunduh 1 album tersebut.
  1. Buka https://search-lossless.com/ (Saran download pakai PC saja)
  2. Cari lagu sesuai judul dan peyanyinya.
  3. Pilih lagu dan geser ke bawah, klik Download.
  4. Maka akan masuk ke Turbobit, dan download regular download.
  5. Hasil download berupa file .ZIP, sehingga harus diekstrak terlebih dahulu.

3. Cara Download musik di FORUM (Kaskus, Telegram dll)

Cara ketiga ini Anda bisa mencari file FLAC dari forum seperti Kaskus atau Anda bisa mencari di website-website lain tapi dengan syarat jika sudah mendapatkan harus di cek keasliannya menggunakan Link Baca Juga di atas.

Diupdate: 21 September 2022

Penutup
Mudah sekali bukan? sekarang Anda dapat menikmati lagu-lagu yang berkualitas tinggi, namun perlu diingat kualitas suara juga dipengaruhi perangkat yang Anda gunakan, semakin baik perangkat maka semakin baik pula kualitas suaranya.

41 Komentar

  1. Gan di chiasenhac bisa download 1 album langsung gak?
    Kalau bisa gimana ya gan? Ane coba gak nemu buat 1 album download

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa gan, disana downloadnya Per-lagu. Ada sih tempat download per-album "hd24bit" tapi berbayar biar downloadnya kenceng.

      Hapus
    2. Bisa pake leecher biar kenceng gan, minus nya banyak ads aja
      Di HD24bit asli flac bukan upscaling gak gan?

      Hapus
    3. Di HD24bit malah kualitasnya asli
      gilak, kalo beruntung dapet album full 24bit + tapi ukurannya se album bisa 1-2 GB, dulu ane sering pake gan

      Hapus
    4. Noted, gede yak size nya
      Thanks gan
      ada list situs lain yang rekomen?
      Ane suka dengerin karya july, october, dj okawari, nzk... Yang rata rata agak jarang ada yang share apalagi flac dan hi-res nya

      Hapus
    5. entah gan mungkin ada, ane masih kurang wawasannya haha, wah kalo itu susah cari hiresnya

      Hapus
    6. menurut wawasan saya yang agak cetek dalam dunia audio bajakan di rutracker juga lumayan banyak tuh, cuman kalo nyari yang indonesia yaa gimana ya wkwkwk

      Hapus
    7. Rutracker banyak yang zonk torrentnya gan, seednya 0 hahaha

      Hapus
    8. Hd24bit asli hires cuma downloadnya pake multi file hoster lebih enak

      Hapus
  2. Gan mau tanya, kalau yang ada koplo.nya dimana😆😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ngajak gelud ya gan?💪😂 kalo koplo ane ga tau, mungkin ada dan mungkin itu upsamplingan wkwk

      Hapus
    2. ora koplo ora asyololo wkwkwk, btw ada ga tempat lain yang banyak lagu indo nyah🤔

      Hapus
    3. Anjay..., ga tau gan, ane juga masih cari"

      Hapus
    4. siap makasih bree, sukses selalu🙏

      Hapus
  3. Nice info om, btw klo di andro cek file nya flac atau bukan pake app apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari di Play store "Aspect" atau "Aspect Pro". Flac itu ekstensi gan, file mp3 pun bisa diupsampling jadi flac. Nah buat tau flacnya beneran atau upsampling liat frekuensinya kalo kepotong brarti palsu.

      Hapus
  4. cara pake vpn vietnam bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas pertama kali buka, disuruh memasang OpenVpn (Vietnam vpn sepaket sama OpenVpn). kalo keduanya udah keinstal ya tinggal Play, baru buka Chiasenhac.

      Hapus
  5. ane dah coba yg Chiasenhac koq ga muncul FLAC nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastiin awal buka Chiasenhac pake VPN Vietnam trus Login (Đăng nhập). BARU Download lagunya. pastiin juga lagunya ada tulisannya Lossless

      Hapus
  6. Kalo di chiasenhac.vn itu ada yang hd 24bit gak min..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. chiasenhac full flac 16bit gan, cari yg 24bit susah kalo gratis.

      Hapus
  7. Saya download di flacless.com kok ndak bisa penuh kenapa ?
    ada sih yang bisa penuh, cuma yg sering cuma sepenggal depan aja,
    mestinya 40MB cuma terdownload 14 MB aja, kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Flacless ane seringnya pake PC, dan bisa sih, gapernah kyk gitu, saran download di Chiasenhac aja gan

      Hapus
    2. bisa bantu cara detail downloadnya gan... ane gak bisa2 nih..

      Hapus
    3. di Flacless aja itu gampang gan

      Hapus
  8. Habis download di flacless lagunya di folder mana ya gan? ( android )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Defaultnya kesitu gan,
      Penyimpanan Internal > Download

      Hapus
  9. Iya nih chiasenhac kok cuma bisa download lagu Vietnam doang.. Mampir di grupnya, ane ga bisa bahasa Vietnam. Tp dulu ni situs pernah ga bisa diakses agak lama, tp setelah itu bisa sih. Moga2 cuma maintenance biasa deh..

    BalasHapus
  10. apa bedanya flac asli sama palsu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Frekuensi, Clarity, dan sebagainya. Bisa baca tutorial di ekorkode.com tentang cara membedakan Flac asli dan tidak gan :D

      Hapus
  11. Saya coba donlot di flacless kok formatnya Mp3 ya..ente gimana om??format flac apa mp3 donlot disitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. G ada lagi flac nya harus bayar 🤭

      Hapus
    2. Dibaca yang lengkap gan tulisan saya sudadh saya jelasin.

      Hapus
  12. Min, ada tips n trick ga buat download musik di flac2.hd24bit.com? Turbobit pelit banget ngasih server, pas tinggal dikit downloadnya selesai server error, ga bisa di resume lagi harus ulang dari awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane dulu langganan turbobit gan, jadi bebas download. Kalo sekarang lebih prefer Streaming TIDAL.

      Hapus
    2. Langganan dong, trus pake vpn lagi, ga asik

      Hapus
  13. Aku mau bayar ke turbobit tapi gak punya kartu kreditnya 😂

    BalasHapus
  14. web ini flac asli apa bukan min? https://free-mp3-download.net/
    bisa milih mp3 dan flac

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cek download 3 Lagu clean semua, spertinya asli

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama