✔ CHROME DARK MODE: Cara Mengaktifkan Dark Mode di Chrome, Firefox, dan Edge dan Manfaatnya 2022

Semakin majunya teknologi dari tahun ke tahun membuat komputer menjadi alat yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Sebagian dari kita bahkan bisa menatap layar komputer atau perangkat mobile selama berjam-jam untuk urursan pekerjaan, tugas atau sekedar hiburan.

Kegiatan diatas tentu dapat mengakibatkan mata cepat lelah, apalagi menatap layar dengan kondisi ruangan kurang cahaya.

Sudah sejak dahulu banyak kasus anak-anak mengalami mata minus akibat terlalu intens dalam menggunakan Perangkat Komputer dan Ponsel tanpa pengawasan yang baik. Hal ini sebenarnya dapat dikurangi dengan menerapkan Dark Mode diperangkat komputer maupun ponsel.

Apa itu Dark Mode?

Beberapa tahun belakangan ini dark mode (Mode Gelap) menjadi trend dalam dunia komputer dan Perangkat seluler. Dengan mengaktifkan Mode Gelap, mengubah tampilan menjadi dominan hitam gelap sehingga mata kita tidak cepat lelah.

Mode gelap ini tersedia dalam bermacam-macam bentuk dari Ekstensi, Aplikasi, Pengaturan, fitur bawaan dari OS. Nah untuk mengaktifkan mode ini saya akan memberikan beberapa tips dan tutorial sederhana sesuai dengan Browser yang dipakai.

Kapan Dark Mode cocok diaktifkan?
Kapan saja saat cahaya ruangan kurang terang atau biasanya saya aktifkan ketika malam hari, walau cahaya cukup ini dapat mengurangi kemungkinan mata lelah.

Cara Pengaktifan Dark Mode di Browser Chrome, Firefox, Edge

$ads={2}

✔️Mengaktifkan Dark Mode Chrome



1. Kunjungi Chrome Webstore
2. Cari "Dark Reader", logo topeng Darth Vader Star Wars.
3. Tambahkan ke Chrome.

✔️Mengaktifkan Dark Mode Firefox



1. Kunjungi Firefox ADD-ONS
2. Cari "Dark Reader".
3. Tambah ke Firefox.


✔️Mengaktifkan Dark Mode Microsoft Edge



1. Kunjungi Microsoft Store
2. Install.
3. Klik Get it On.


Manfaat Menggunakan Dark Mode

Dari segi Kesehatan? 👀
Tidak cuma mata kering dan sakit ketika menatap layar sepanjang hari, paparan Sinar Biru dari layar Putih Terang juga dapat menekan sekresi melatonin, merupakan hormon yang dibutuhkan untuk tidur.

Mata terasa kering, gatal dan bahkan bisa disertai insomnia, sakit kepala dan sakit leher. Dan lebih buruk lagi terkadang sering dikaitkan dengan resiko obesitas dan beberapa jenis penyakit kanker.

Makanya dengan mengaktifkan Dark Mode setidaknya mengurangi efek buruk yang dihasilkan dari layar.

Dari Segi Performa? 🔋
Asal kamu tahu bahwa dengan sering menggunakan Mode Gelap bisa menghemat baterai ponsel. Google pun mengatakan mengaktifkan mode gelap pada layar berjenis OLED akan sangat efektif menghemat baterai.

Itulah alasan mengapa produk Layar kini banyak produsen berlomba membuat perangkat dengan layar OLED.


Dari Segi Penampilan? 💻
Selain 2 keuntungan diatas, perlu digaris bawahi bahwa mode gelap itu keren guys. Terasa nyaman dimata dan terasa misterius berbeda dari umumnya sebuah tampilan.

Sekarang sudah banyak OS yang menambahkan Dark Mode sebagai fitur bawaan dari sistem mengingat manfaatnya yang beragam.

Penutup
Setelah membaca artikel ini saya rasa kalian semua dapat mengerti bagaimana mengaktifkan Dark Mode di Browser dan Apa keuntungan menggunakan Dark Mode. Sekian artikel ini semoga dapat membantu kalian.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama