✔ 9 Langkah Agar FlashDisk Tahan Virus, cocok bagi Pemula! 2023

Oke, Ekorkode disini - Flash disk/Flash Drive digunakan semua orang dan disemua kalangan sebagai media penyimpanan yang ringkas bisa dibawa kemana-mana tanpa repot.

Siapa sih dijaman sekarang tidak tahu Flashdisk, media yang bisa menyimpan segala jenis file asal ukurannya cukup. Umumnya flashdisk berisikan Dokumen, Foto, Video, Film, Musik, Software, Game, Data dan sebagainya.


Saya rasa untuk sobat yang dalam kesehariannya tidak lepas dari Laptop atau PC, saya yakin memiliki setidaknya 1 buah flashdisk untuk membantu memudahkan penyimpanan file Tugas atau Sekedar sebagai media menyimpan Foto, Musik dan Video saja.

Karena bentuk ukurannya yang kecil tapi memiliki ruang penyimpanan yang besar, membuat flashdisk mudah dibawa kemana-mana. Alhasil kemudahan itu membuat kita lalai ketika, sering menhubungkan Flashdisk ke Komputer Umum atau Milik orang lain.

Maksudnya tidak semua komputer baik Komputer Lab, Warnet atau bahkan Laptop teman aman & bersih dari infeksi virus. Dampak terburuk sembarangan menghubungkan flashdisk ke USB komputer lain ialah terkena virus.

Akibat Flashdisk Terkena dan Terinfeksi Virus

  • File Terhapus Sendiri.
  • File Ter-Hidden.
  • File Berubah Nama menjadi Simbol-simbol.
  • File Corrupt jadi tidak bisa dibuka.
  • Tidak bisa Copy-Paste file dari dan ke Flashdisk.
  • Flashdisk Error Tidak Terdeteksi komputer.

Cara Agar Flashdisk Kebal terhadap Virus

Kita lihat diatas banyak sekali akibat yang sering terjadi karena Flashdisk terinfeksi virus, itu akan sangat merugikan bagi kita yang memiliki file penting tanpa memiliki BackUp-nya, karena bisa saja suatu saat file tersebut hilang/corrupt akibat terkena virus.

Untuk mengatasinya Ekorkode akan memberikan sedikit cara supaya Flashdisk sobat kebal terhadap segala virus yang ada, simak 2 cara yang saya berikan dibawah ini.

9 Langkah Agar Flashdisk Kebal/Tahan Virus

$ads={2}

Cara 1 - Menggunakan Software
Kita menggunakan Software SMADAV untuk memperkebal Flashdisk dari serangan Virus. Sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, sobat bisa menginstal Smadav terlebih dahulu.

Langkah 1: Hubungkan Flashdisk ke Komputer.

Langkah 2: Buka SMADAV >> Tool >> Smart Lock.

Langkah 3: Centang FlasDisk >> Lock.

Langkah 4: Hasilnya akan muncul Folder seperti dibawah ini.


Cara 2 - Tanpa Software
Di cara Kedua ini kita tak perlu menggunakan Software tambahan.

Langkah 1: Hubungkan Flashdisk ke Komputer.

Langkah 2: Buat Folder baru beri nama Autorun.inf.
Langkah 3: Didalam folder Klik Kanan >> New >> Text Document.
Langkah 4: Biarkan saja 2 File Kosong.
Langkah 5: Beri nama filenya ǼƛΩЖ dan ǼƛΩЖ.txt.


Bagaimana mudah sekali kan? Oke sekarang bisa menerapkannya di semua flashdisk yang sobat miliki biar semuanya aman sejahtera dari ancaman virus yang merugikan.

Sekian artikel 9 Langkah agar flashdisk tahan Virus semoga berguna bagi sobat-sobat sekalian. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama