Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SERVER TIME OUT: Cara Mengatasi PUBG Mobile Server Time Out! Begini caranya

PUBG Mobile menjadi game Battle Royale yang sangatlah populer dengan jumlah download lebih dari 100 juta kali diseluruh dunia.


Saya sendiri adalah seorang player PUBG Mobile yang terkadang main ketika memiliki waktu untuk senggang selain membuat Artikel di Ekorkode.com, saya merasa betah berlama-lama ketika memainkan PUBG Mobile di Ponsel.

Ngomong-ngomong soal game online PUBGM, Ada saja error terjadi yang dialami oleh para player di seluruh dunia.

Macam-macam Pesan error jaringan PUBGM:

  • Request Time Out. Reconnect?
  • Koneksi ke Peladen Hilang. Periksa koneksi jaringan Anda sebelum mencoba lagi. 
  • Server did not respond. Please return to the login page and try again.
  • Peladen tidak merespon. Silahkan kembali ke halaman masuk dan coba lagi.
  • Peladen tidak merespon. Coba lagi nanti
Oke, apa kalian tahu penyebab sering munculnya masalah diatas dan cara apa yang harus kita tempuh supaya pesan tersebut hilang?

Penyebab utama dari masalah Server Timed Out sudah sangat jelas karena masalah koneksi jaringan. Namun dibeberapa kasus, ada yang bersikukuh kalau jaringan yang dia gunakan benar-benar baik tetapi tetap saja masih muncul pesan tersebut.

Error seperti ini Sering Muncul ketika kita berada di Lobby, tanda-tanda akan munculnya notifikasi "Server Timed Out" ialah terjadi Loading terus-menerus padahal kita tidak melakukan apa-apa.

Selain itu, Error ini juga sering terjadi di dalam game dan halaman Login awal sampai tidak bisa masuk ke Lobby.

"Server Timed Out" buka hal baru lagi didunia game online, setiap game pasti memiliki pesan semacam ini tapi berbeda isi pesannya, tujuannya supaya player tahu kalau koneksi kita terjadi bermasalah atau memang dari servernya sedang aintenance.

Nah Sobat tak perlu khawatir akan hal ini karena di Artikel ini saya akan membahas dan memberikan cara supaya Pesan Server Time Out dll.

Pembahasan dan Cara Mengatasi Pesan Server Timed Out-Peladen tidak Merespon


1. Cek Koneksi Internet Sobat
Pada dasarnya setiap game pasti membutuhkan koneksi jaringan yang baik dan stabil. Baik dan stabil disini bukan berarti memiliki kecepatan internet yang tinggi melainkan memiliki nilai Ping yang kecil dan stabil.

Ping semakin kecil maka akan semakin bagus, itu artinya jaringan akan semakin cepat menerima data dari server yang efeknya game akan berjalan dengan lancar.

Di dalam PUBG Mobile sendiri kita tidak dituntut memiliki Ping yang terlalu bagus, karena yang dibutuhkan untuk dapat bermain dengan lancar ialah antara 1-110 ms saja, warna jaringan hijau, tandanya sudah bagus.

Kalau warna jaringan kuning 111-300 kalian harus berhati-hati bisa saja terjadi lag karena kuning menandakan kurang bagus, apalagi merah 300-999 yang sangat tidak dianjurkan untuk bermain.

Cara mengatasinya:
  • Hentikan Download MAP Otomatis, atau selesaikan semua download Map dan Assets.
  • Cek Ping jaringan sobat apakah sudah berada antara 1-110 di Training Camp.
  • Pastikan tidak sedang melakukan Download apapun diluar game PUBG karena akan mengganggu kualitas ping.
  • Usahakan sinyal Full dan gunakan Provider yang bagus sesuai tempat tinggal sobat.
  • Gunakan jaringan WIFI jika ada karena umumnya memiliki Koneksi Jaringan yang stabil dan Ping bernilai kecil (bagus).
  • Lock jaringan ke 4G Only atau 3G Only (tutorial lock 4g Only melimpah di google), karena perubahan jaringan 3G ke 4G atau sebaliknya, akan merefresh sinyal & ip sehingga koneksi pasti terputus sementara lalu muncul pesan Server Time Out.
  • Jangan sambil Bales Chat WA, Messenger, dll ketika main PUBG bro.
  • Utamakan SIM 1 jadi jika Kartu yang kalian gunakan bermain game berada di SIM 2 sebaiknya pindah ke SIM 1, entah bagaimana memang menurut saya SIM 1 lebih diprioritaskan.
 2. Clear Cache PUBG Mobile
Cache di Aplikasi Game PUBG Mobile berfungsi untuk menyimpan aktivitas yang sudah sobat lakukan sebelumnya sehingga akan membuatnya lebih cepat saat diakses lagi.

Misalnya terakhir kali sobat memainkan mode TDM, nah ketika kalian membuka PUBG Mobile lagi pilihan map adalah TDM. Selain itu cache menyimpan aktivitas-aktivitas yang dilakukan saat memainkan game ini.

Ukuran cache bervariasi tergantung intensitas sobat dalam memainkan PUBG Mobile, semakin sering sobat memainkan PUBG Mobile maka ukuran cache semakin besar, bahkan bisa sampai 1 GB jika benar-benar tidak pernah dibersihkan.

Walaupun manfaat cache untuk mempercepat akses berikutnya, kalau ukurannya sudah sangat besar justru akan membuat berat penyimpanan memori kita.

Alhasil berdampak pada game PUBG Mobile yang menjadi Lemot dan akhirnya Jaringan tidak stabil barulah muncul pesan "Peladen tidak merespon".

Cara mengatasinya:
  • Cara Manual: PengaturanAplikasiPUBG MobileClear Cache/Hapus Cache.
  • Cara Otomatis: Gunakan Aplikasi Pembersih Memori Bawaan atau bisa download Di Play Store.

Penutup
Sekian artikel pembahasan tentang bagaimana caranya mengatasi Server Timed Out/Peladen tidak merespon semoga berguna bagi sobat ekorkode.com

8 komentar untuk "SERVER TIME OUT: Cara Mengatasi PUBG Mobile Server Time Out! Begini caranya"

  1. Hallo mas, saya mau nanya kalaw jaringan pubg kuning trus kenapa yah, padahal cache udah di hapus, pengguanaan data cuma pubgm saja tapi masih kuning 220 trus.
    Game lain lancar aja hijau trus.
    Tolong kasih saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak si faktornya, terutama server dan provider yang kita pake gan. Ane pernah main pake indisit buat main ML ijo 65ms tapi di PUBG jadi kuning 120an. tapi pake Tilkimsil ijo terus.

      ~ Kalo pake data usahain sinyalnya 4G terus, di lock 4G Only.
      ~ Jangan sambil buka WA btw.
      ~ Di mode pesawat trus dimatiin lagi kalo sinyalnya ga ijo, biar ngerefresh.
      ~ Pake internet speed meter, biar tau kalo datanya jalan diatas 30kb/s brarti ada aplikasi lain yang makan data waktu masnya main.
      ~ Normalnya sih main pas PUBG datanya jalan 9-25 kb/s.
      ~ Download mapnya & assetnya di selesaiin atau dihentiin dulu.

      itu aja sih yang ane tau gan silahkan dicova. hehe

      Hapus
  2. Masalah saya pas pindah jaringan ke SIM 2, Sebelum itu tdk pernah ganguan lancar. Pindah lagi ke SIM 1 gangguan sampai sekarang. Tlp cal center 188 2X percuma. Satu-satunya cara harus ke Grapari :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, ga dicoba dulu cara saya diatas? btw pake provider apa gan?

      Hapus
  3. Masalah saya adalah ketika saya lagi dalam permainan tiba-tiba koneksi server hilang.padahal jaringanya sangat stabil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sampai server hilang tandanya gak ada koneksi sama sekali, ada 2 kemungkinan.

      1. Sinyal 3g pindah ke 4g atau sebaliknya, saat itu biasanya gaada koneksi beberapa detik.
      2. Kalo pakai wifi, meski pingnya bagus/hijau, pastiin lossnya gaada / kecil.

      Hapus
  4. Sudah stabil jaringan saya. Copot kartu sim 2 ke sim 1 pancing akhirnya jadi :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email