Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS + Penyebabnya

Kenapa Laptop tidak bisa masuk BIOS? Penyebab Laptop tidak bisa masuk BIOS apa?

Bagi yang belum mengetahui BIOS, BIOS memiliki peran sangat vital untuk segala jenis Laptop dan PC. Kenapa? Karena semua pengaturan awal + dasar pada sistem harus diatur terlebih dahulu lewat BIOS ini.


Misalnya pengaturan boot priority untuk menginstal OS Windows atau Linux, dan juga dibeberapa PC atau Laptop Gaming BIOS dijadikan tempat dimana kita dapat mengatur performa gaming dengan Overclock CPU dan GPU.

Namun apa yang terjadi kalau kita tidak bisa masuk ke BIOS? tentu akan menyusahkan, apalagi kalau kondisi laptop sedang error untuk segera mungkin diinstal Windows atau Linux.

Masalah Seperti ini sangatlah biasa dan umum terjadi di kalangan pengguna Laptop, tapi sebelum itu kita akan membahas apa saja penyebabnya.


Penyebab Kenapa Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS ?

Secara umum sesuai pengalaman saya ada beberapa hal penting yang bisa mengakibatkan Laptop tidak bisa masuk BIOS. Contohnya:
  • Tombol BIOS Tidak Berfungsi : Misalnya Esc, F1, F2, F3, F10, F12, DEL. Tombol ini harus sesegera mungkin ditekan terus saat muncul Logo supaya masuk kedalam BIOS. Misal tombol tidak terfungsi, sudah jelas kalian tidak akan bisa masuk BIOS.
  • Lupa Password BIOS : Hal yang sangat fatal dan sering terjadi ialah melakukan Setting Password BIOS tapi beberapa waktu kemudian Lupa Password. Tentu ini diluar kesalahan Hardware ataupun software tapi masih bisa direset.
  • Fast Booting : Dibeberapa laptop ada fitur Fast Booting yang menyebabkan bagian layar BIOS terlewat atau hilang. Karena itu tentu kalian tidak bisa masuk kedalam BIOS meski sudah menekan tombol BIOS dengan cepat.
  • Kesalahan Tombol : Masalah yang membuat kita naik darah setelah mengetahui kalau selama ini tidak bisa masuk BIOS karena salah tombol saja. Sudah dapat dipastikan sampai keyboard laptop jebol kalo salah tombol ya pasti tidak bisa.
  • Corrupted BIOS : BIOS Korup bisa saja terjadi. Walaupun sebenarnya jarang, di beberapa grup Laptop sering melaporkan BIOS mereka error atau Korup.

Untuk Memudahkan Sobat-sobat semua, Berikut Daftar Tombol BIOS Semua Merek Laptop Terbaru


BIOS
Merek Tombol
Acer F2 / Del
Asus A-Series Del
Asus F2 / Esc
Compaq F10
Dell F2
Fujitsu F2
HP Esc / F10 /F11
HP Pavillion F1
Intel Nuc F7
Lenovo F1 / F2
MSI Del
Samsung F2
Samsung Ultrabook F10
Sony F1 / F2 / F3
Sony Vaio Assist
Toshiba F1 / Esc

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Masuk BIOS


1. Cek Tombol BIOS sesuai Merek Laptop
Seperti yang sudah saya tampilkan diatas, setiap merek laptop mempunyai Tombol BIOSnya masing-masing jadi sebelum kalian memasukin BIOS langkah pertama ialah mengetahui tombol keyboard BIOS sesuai merek laptop yang sedang kalian gunakan.

Kalau kalian  salah tekan tombol tentu tidak akan ada perubahan dan respon yang diberikan, laptop akan tetap booting seperti biasa.

Lebih lengkapnya bisa kalian lihat tabel yang saya siapkan diatas, lengkap dengan merek dan tombol khusus BIOSnya.

2. Periksa Kondisi Keyboard Laptop
Sekarang ini beberapa orang lebih menyukai menggunakan Keyboard Eksternal (kalo sedang dirumah) padahal kita tahu dilaptop sudah disediakan.

Hal diatas bukan tanpa alasan, penggunaan keyboard eksternal dinilai dapat mengurangi kemungkinan kerusakan keyboard akibat masa pakai, karena lebih sering menggunakan Keyboard eksternal tentu penggunakan keyboard asli jarang.

Jika sudah mengetahui Tombol BIOS dan sudah dipraktekan tetapi masih tidak bisa, lebih baik Tombol Keyboard Laptop di cek terlebih, pastikan berfungsi normal dan tidak ada masalah seperti.

Untuk mengetes apakah Keyboard berfungsi dengan baik, bisa sobat cek secara online menggunakan Website keyboardchecker.com

3. Mematikan Fast Boot
Di beberapa laptop tertentu memiliki fitur Fast Boot. Gunanya ketika kita memulai, Boot akan jauh lebih cepat ketimbang biasanya.

Fitur Fast Boot ini mempunyai keuntungan Booting yang cepat, namun juga memiliki kelemahan yaitu kita kan kesulitan dalam memasuki BIOS karena Boot berlangsung cepat tanpa kita sempat menekan Tombol BIOS.

4. Reset BIOS 
Melakukan reset BIOS dapat dilakukan disemua jenis dan merek Laptop, tujuannya untuk mengatur ulang pengaturan yang sudah pernah diubah menjadi Default termasuk tanggal dan waktu.

Mereset BIOS biasanya dilakukan jika kita lupa Password BIOS, Tapi dibeberapa kasus sudah dilakukan Reset tetap saja BIOS meminta kita memasukan Password yang sudah pernah kita buat sebelumnya.

Cara Reset BIOS biasanya mengharuskan sobat memboangkar laptopnya, karena kita harus mencopot salah satu komponen yaitu baterai CMOS dan memasangnya lagi.

Lebih jelasnya kalian bisa Cari artikel lain karena membongkar Laptop sangat beresiko.

5. Pergi ke Service  Laptop
Cara terakhir dan paling aman ialah pergi ke Tempat Service Laptop terpercaya, kalian cukup memberitahu kalau ingin mereset BIOS tapi tidak bisa Bongkar sendiri.

Selain itu jika kebetulan sobat memilih tempat service yang handal, masalah seperti BIOS Korup, bisa dilakukan FLASH ulang Firmware BIOS.


Bagaimana apakah ke-5 Cara dan ke-5 Penyebab laptop tidak mau memasuki BIOS menjawab masalah kalian? Saya rasa ini sudah cukup lengkap, tapi karena cara seseorang menjelaskan dan memberikan langkah-langkah berbeda tapi tujuan tetap samas, mohon dimaklumi hehe.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel tentang bagaimana mengatasi Laptop yang tidak bisa masuk BIOS ini. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Solusi Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS + Penyebabnya"

Berlangganan via Email