✔ TASKBAR: Cara Bikin Taskbar Windows 11 & 10 jadi Transparan 2023

Bikin Taskbar Windows 11 & 10 jadi Transparan - Banyak orang sangat peduli terhadap tampilan Desktopnya sampai-sampai wallpaper sering diubah-ubah sampi cocok. Belum lagi ditambah efek-efek, sampai menggunakan tema dari pihak ketiga. Hal itu menunjukkan kalau tampilan Desktop menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

trik agar taskbar transparan

Kenapa bisa tampilan begitu penting? saya pun juga merasa demikian, saat Desktop shortcut terletak acak-acakan membuat kurang sedap dipandang mata. Berbeda kalau bersih tersusun rapi dengan grid dan wallpaper resolusi tinggi tentu membuat betah berlama-lama didepan komputer.

Windows sendiri sudah memberikan segudang  fitur di Personalisation, yang berguna melakukan pengubahan pada tampilannya sistem dan desktop, Anda bisa mengubahnya sesuai sesuka selera dengan cukup menginstal sebuah aplikasi dari Microsoft Store.

Taskbar adalah bar dengan posisi horizontal/vertikal yang tampak di bagian bawah layar atau samping desktop. fungsi taskbar untuk menjalankan dan memonitor program sedang berjalan. Task artinya tugas dan bar adalah palang, jadi taskbar itu palang tugas.

Lalu adakah Pengaturan bawaan Windows 11 & 10  agar Taskbar ini telihat Transparan? Jawabnya "Tidak". Walaupun di  Windows 10 ada pilihan Transparency Effect, itu cuma membuat Settings sedikit transparan + Blur.

Contoh Taskbar tidak Biasa dan Transparan

Tidak Transparan

Transparan


So, karena kalian membuka artikel, itu artinya kalian ingin merubah Taskbar menjadi transparan bukan? hiya-hiya-hiya.

Langkah-langkah Modifikasi Taskbar jadi Transparan

$ads={2}
Pada tutorial ini kita membutuhkan sebuah aplikasi yang harus diinstal melalui Microsoft Store, aplikasi ini terbilang ringan. Pastikan Anda sudah buat dan login akun Microsoft.

#Untuk Windows 10 dan Windows 11

  1. Tekan tombol Windows.
  2. Cari dan buka Microsoft Store.

  3. Setelah terbuka pastikan Anda login dengan Akun Microsoft.
  4. Cari aplikasi bernama "TranslucentTB" kemudian Get dan Install.

  5. Setelah terinstal maka buka aplikasi tersebut maka hasilnya taskbar Anda menjadi Transparan.

Dengan menggunakan aplikasi ringan TranslucentTB yang secara resmi ada di Microsoft Store membuat akses dan pembaharuan menjadi lebih aman. Sekarang tampilan taskbar Anda sudah menjadi transparan menyesuaikan dengan wallpaper background yang sedang Anda gunakan.

Kesimpulan
Tampilan desktop yang rapi dan menarik menurut sebagian orang dapat meningkatkan mood jika sedang bosan terhadap tampilan yang begitu-begitu saja. Salah satunya taskbar pada windows.

Sekian artikel singkat pembahasan bagaimana membuat taskbar Windows terutama windows 10 menjadi transparant sesuai latar belakang, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

2 Komentar

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama