Illustrator: Ubah Logo Resolusi Rendah jadi Gambar Vektor HD Bisa Diedit

Kamu pernah melihat sebuah logo atau gambar yang bagus dan ingin memodifikasinya? tapi hanya mendapatkan gambar berformat JPG dan Resolusi Rendah?. Caranya cukup memanfaatkan fitur Image Trace.

Image Trace gambar di Adobe Illustrator adalah salah satu fitur dan menjadi keterampilan paling penting bagi banyak desainer grafis dan ilustrator. Dalam tutorial singkat ini, Saya akan menunjukkan kepada Kamu langkah demi langkah cara Tracing gambar di Illustrator.

Mengonversi gambar raster ke file vektor adalah persyaratan umum saat ini. Ini sangat berguna jika Kamu perlu membuat karya seni dari foto mentah.

Adobe Illustrator adalah aplikasi software desain grafis yang sangat terkenal dan naik daun dibanding CorelDraw.

 Illustrator Image Trace adalah sebuah tool sayang bermanfaat. Misalnya, jika Kamu perlu mengubah ukuran gambar ke ukuran apa pun, Kamu dapat menggunakan fitur ini di Illustrator untuk mengonversi gambar raster Kamu menjadi vektor dan mengubah ukurannya dengan mempertahankan kualitasnya.

Pertama, kita akan melihat bagaimana menggunakan Image Trace Illustrator. Kemudian Saya akan menunjukkan kepadamu langkah demi langkah  bagaimana tracing logo.

Bagaimana? Kamu siap mencobanya, oke langsung saja!

Apa yang diperlukan untuk ikut Tutorial ini?

Adobe Illustrator

Tentu saja kamu harus menginstal Adobe Illustrator terlebih dahulu, kamu juga bisa melakukan trial.

Logo atau Gambar Simpel

Sebagai percobaan cobalah cari gambar 2 Dimensi simpel dan tidak memiliki warna yang komplek. Supaya cepat dan mudah dipahami.

Apa itu Image Trace?

Dalam grafik komputer, Image Tracing adalah proses mengubah file raster menjadi file vektor. Demikian pula, Jejak Gambar di Adobe Illustrator mengubah gambar raster menjadi gambar vektor yang dapat diedit.

Kenapa Kamu Perlu Mengonvesi Gambar menjadi Vector

Seperti yang Kamu ketahui, gambar bitmap apa pun terdiri dari piksel. Semakin Kamu memperbesar gambar bitmap, semakin banyak piksel yang akan Kamu lihat.

Masalah yang sama mungkin muncul ketika Kamu mencoba untuk menguranginya. Di sinilah grafik vektor masuk. Setelah gambar diubah menjadi vektor, bentuknya akan dapat diskalakan tanpa batas.

Oleh karena itu, tidak peduli seberapa besar Kamu ingin memperkecil atau memperbesar, Kamu tidak akan melihat piksel apa pun dan kualitas gambar atau ikon tetap sama.

Menavigasi seluruh gambar di Illustrator mungkin tidak sesempurna yang Kamu inginkan, terutama jika Kamu menggunakan logo atau gambar yang rumit. Namun, Kamu akan memiliki opsi untuk mengonversi gambar atau logo yang telah Kamu ubah menjadi vektor.

Cara Konversi Gambar Logo dengan Image Trace di Illustrator

$ads={2}

  1. Buka Adobe Illustrator.
  2. Open atau Paste Gambar yang ingin di eksekusi ke dalam Adobe Illustrator.
  3. Pada menu Image Trace pilih 16 Colors dan tunggu prosesnya.
  4. Setelah itu klik Expand.
  5. Klik kanan gambar, lalu pilih Ungroup.
  6. Klik pada Background Putihnya saja lalu Hapus.
  7. Terakhir jika ingin langsung diekspor buka menu File > Export.

Cara Konversi Foto dengan Image Trace di Illustrator

Untuk foto mungkin akan sedikit lag jika spesifikasi komputer/laptop kurang memadai. Jadi coba dengan foto yang kecil dan tidak terlalu komplek.

  1. Buka Adobe Illustrator.
  2. Open atau Paste Foto yang ingin di eksekusi ke dalam Adobe Illustrator.
  3. Pada menu Image Trace pilih High Fidelity Photo dan tunggu prosesnya.
  4. Setelah itu klik Expand.
  5. Klik kanan gambar, lalu pilih Ungroup.
  6. Terakhir jika ingin langsung diekspor buka menu File > Export.

Tutorial Versi Video Konversi Gambar Logo dan Foto dengan Image Trace Adobe Illustrator


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama