5 Item Yang Paling Banyak Memakan Ruang Memori Windows 10 dan Windows 11

Penyimpanan memori PC / Laptop Kamu tentu akan cepat habis jika kamu banyak menyimpan file maupun menginstal Aplikasi. Tapi apakah kamu penasaran file dan folder apa saja yang paling besar menghabiskan ruang di disk. Untungnya, ada beberapa cara untuk memeriksa ruang penyimpanan hard drive untuk mengetahui file dan folder mana yang menghabiskan terlalu banyak ruang di PC / Laptop Kamu. Berikut adalah beberapa penjelasan dan cara melihatnya.

Apa yang menghabiskan Memori Penyimpanan HDD/SSD PC / Laptop Kita?

$ads={2}

Salah satu tempat termudah untuk menemukan item yang menghabiskan banyak ruang di PC / Laptop Kamu adalah Recycle Bin.

Recycle Bin adalah tempat file yang terhapus berada. File tidak dihapus secara otomatis. Sebaliknya, mereka ditandai untuk dihapus dan dipindahkan ke Sampah. Ini memberi Kamu waktu untuk memulihkan file jika Kamu menghapusnya dengan tidak sengaja, tetapi dapat memakan banyak ruang. Windows 10 dan Windows 11 mengalokasikan 10% ruang kosong pada hard drive untuk file yang dihapus dan itu dapat terakumulasi secara instan. Jika memang semua isi dari Recycle Bin sudah tidak diperlukan lagi kamu bisa klik menu Empty Recycle Bin.

Namun jika ingin menghapus file dengan ukuran terbesar saja kamu bisa melakukan Sorting dengan klik kolom Size, nantinya file akan diurukan dari yang terbesar hingga terkecil atau sebaliknya.


Apa yang menghabiskan Banyak Memori di Disk C:?

Windows 10 dan Windows 11 memberikan gambaran umum tentang apa saja yang sudah kamu instal dan memakan banyak ruang penyimpanan Hard Disk atau SSD. Buka Settings > System > Storage untuk melihat total memori yang Kamu miliki serta memori yang digunakan dalam berbagai kategori.

Klik Show more categories untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang di mana semua  penyimpanan Kamu berada.

Pada menu Storage ini Kamu  juga dapat mengaktifkan Storage Sense untuk memrogram Windows agar secara otomatis mengosongkan ruang dengan sesekali menghapus file sampah yang tidak perlu.


Apakah Aplikasi dan Game memakan Banyak Ruang Memori?

Jika Kamu menginstal banyak aplikasi dan program di PC, itu dapat memakan sangat banyak ruang. Jika Kamu suka bermain game, cobalah cek beberapa daftar game yang telah kamu instal melalui Control Panel > Uninstall a program.

Disitu kamu diberikan informasi program dan game yang sudah kamu instal, serta diberikan informasi ukuran / Size & Lokasi instalasi yang bisa kamu Urutkan / Sorting. Sehingga Kamu dapat menambah ruang kosong memori dengan melakukan uninstall Aplikasi & Game besar yang sudah jarang dipakai atau bahkan tidak pernah digunakan.


Temporary Files Apakah Sebenarnya Diperlukan?

Temporary Files atau file sementara sering kali diperlukan untuk Windows 10 tetapi, yah, tujuannya bersifat sementara. Terkadang file ini bisa bertahan lama tanpa kamu tahu sebenarnya berfungsi atau tidak.

Hapus dengan Disk Cleanup. Search Windows dan ketikkan Disk Cleanup, (Ini aman tidak akan menghapus file kamu), lalu pilih Drive yang ingin di cek. Nantinya kamu diberikan pilihan dengan ceklis seperti di bawah ini dan tentunya aman untuk dihapus:

  • DirectX Shader Cache
  • Delivery Optimization Files
  • Recycle Bin
  • Temporary Files
  • Thumbnails.


File foto dan video memakan Banyak Ruang Memori?

Ya, foto dan video biasanya merupakan salah asatu file yang menghabiskan banyak ruang di hard drive Kamu. Sebaiknya simpan di tempat lain. File dapat disimpan di cloud menggunakan Google Drive atau OneDrive. Menggunakan penyimpanan awan berarti Kamu dapat dengan mudah menyimpan file besar di awan sehingga Kamu dapat mengaksesnya melalui PC kapan pun Kamu memiliki koneksi Internet. Ini sangat ideal untuk foto dan video, serta file lain yang mungkin hanya perlu cek sesekali.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama