√ Peduli Lindungi Sertifikat Tidak Muncul Cara Mengatasi di Aplikasi PeduliLindungi 2023

Sekarang Sertifikat Vaksin dan aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu alat yang sangat penting jika ingin bepergian. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kita harus mematuhi aturan pemerintah yang mewajibkan siapa saja bepergian ke tempat tertentu seperti pusat perbelanjaan/mall, bioskop, commuter line, kereta, restoran/kafe (tertentu), dll.

Nah terdapat masalah yang mungkin terjadi pada sebagian pengguna Aplikasi PeduliLindungi. Masalah tersebut adalah tidak munculnya sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi meski sudah vaksin dosis 1 dan 2.

Bahkan masalah tersebut saya alami sendiri. Namun sebelum itu terdapat faktor yang secara resmi sudah dijelaskan di dalam Aplikasi tersebut yaitu:

  1. Status vaksinasi kamu belum dikirim atau diinput oleh petugas fasilitas kesehatan.
  2. Status vaksinasi kamu belum diterima atau sampai di sistem PeduliLindungi.
  3. Nomor HP kamu kosong atau tidak sesuai.
Selain itu ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sertifikat tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi meski status sudah menerima dosis ke 2 vaksinasi.

Cara Mengatasi Sudah Vaksin tapi tidak dapat Sertifikat Vaksin PeduliLindungi

Pertama Pastikan kamu sudah melakukan vaksin dalam rentang waktu 2 hari yang lalu. Karena dijelaskan pada aplikasi bahwa pengiriman sertifikat vaksin pada umumnya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 hari.

$ads={2}

Kedua cek PeduliLindungi pada menu Sertifikat Vaksin. Jika muncul tampilan seperti ini dengan peringatan, "Anda tidak memiliki sertifikat vaksin COVID-19, Periksa data Anda jika terdaftar untuk vaksinasi." lanjut ke step ketiga.


Ketiga demi memastikan apakah benar sudah mendapat sertifikat vaksin, buka Browser seperti Chrome, Firefox, dll. Kemudian di www.pedulilindungi.id. Klik link di sini pada bagian atas. Isi data diri Anda dan PERIKSA.


Jika muncul sertifikat itu artinya kamu memang seharusnya sudah memiliki sertifikat vaksin dan lanjut ke step keempat. Tetapi jika belum maka kamu bisa menghubungi kontak terkait pada aplikasi maupun website.

Keempat lalu pertanyaannya? kenapa di website pedulilindungi.id ada tetapi di aplikasi PeduliLindungi tidak ada?. Cara yang saya lakukan ialah melakukan Uninstal Aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu. Kemudian Menginstalnya Ulang, setelah itu buka dan login, maka di menu Sertifikat vaksin seharusnya sudah ada data Sertifikat Kamu.



Bagaimana mudah bukan, cara ini bisa diterapkan bagi pengguna Android dan iOS. Lalu bagi yang merasa kesulitan dan sertifikat tidak muncul di Aplikasi maupun website, segera menghubungi nomor kontak yang tertera di sana.

Penutup

Sekian tutorial dan penjelasan mengapa Kenapa Sudah Vaksin tapi Sertifikat Vaksin tidak muncul di Aplikasi PeduliLindungi. Semoga berguna untuk kita semua. Terima Kasih.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama