Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

√ LoL Wild Rift: Cara agar League of Legends: Wild Rift Tidak Lag, Drop FPS, Ping Merah

Berikut ini cara agar game LOL: Wild Rift tidak Lag, Drop FPS, Lemot, Patah-patah saat war, dan ping kuning-merah. League of Legends: Wild Rift merupakan permainan bergenre MOBA yang belum lama rilis dan sudah digandrungi banyak orang penggemar yang antusias pada game moba ini.

Para pemain kebanyakan merupakan player pindahan dari game moba lain dan juga berasal dari pemain League of Legends versi PC. Karena League of Legends: Wild Rift adaptasi versi PC kedalam mobile tentu setiap Champion (Hero), Tier, item, bentuk arena, sistem buff juga diterapkan pada versi moble ini.


Kualitas grafis yang ditawarkan dari setiap champion, bentuk arena, monster hutan, dragon sangat smooth dan detail. Jarak kamera terhadap champion juga pas karena sedikit agak jauh dibandingkan AOV & MLBB yang cukup dekat.

Sayapun memainkan game ini dan merasa puas karena sebelumnya pernah memainkan League of Legends versi PC.

Tetapi dibalik gemerlap keunggulan-keunggulan yang ada, beberapa pemain mengeluhkan terkait seringnya terjadi masalah saat bermain game ini. Diawah ini masalah umum yang sering terjadi dalam game League of Legends: Wild Rift.

Masalah Leagu of Legends: Wild Rift yang Umum
Nah karena game ini sedang naik daun di kalangan gamer, pada forum diskusi grup Facebook, banyak member mengeluhkan:
  • Jaringan Kuning.
  • Jaringan Merah.
  • FPS Drop.
  • Lag saat War.
  • Force Close.
  • Tidak dapat bergabung lagi dalam pertandingan gara-gara force close tersebut.
  • Tidak Bisa Login.
  • Tiba-tiba Lag meski pakai WIFI.
  • Tiba-tiba Lag meski pakai 4G.
  • Dan masih banyak lagi.

10 Cara Mengatasi LOL Wild Rift Lag, patah-patah, FPS Drop, sinyal Merah

1. Cek Spesifikasi
Hal utama yang paling penting kenapa bisa wild rift lag, tentu pastikan spesifikasi ponsel anda memenuhi syarat. Jika ponsel anda dapat menginstalnya bukan berarti ponsel anda akan lancar dalam memainkan.

Spesifikasi minimum dapat anda lihat lewat link yang sudah saya cantumkan dibawah. Spesifikasi yang diberikan oleh pihak Riot Games terbilang masih jauh dari kata lancar saat diimplementasikan, pasalnya demi kelancaran yang baik perlu mengaktifkan mode 60 fps

Spesifiksi minimum Android Lancar menurut saya ialah:
RAM: 4GB
CPU: Snapdragon 600 Series (8 core)
Penyimpanan: 3GB 
OS: Android 5 keatas

Untuk Spesifikasi minimum resmi lihat di Website RIOT: support-wildrift.riotgames.com

2. Cek PING sebelum Bermain.
Nah banyak orang yang salah paham akan hal ini, mereka kira dengan lancar nonton youtube, download, atau browsing akan membuat bermain game lancar pula.

Nyatanya kecepatan internet tidak menjamin kelancaran, karena dalam game yang menjadi tolok ukur adalah network latency.

Nilai ping yang bagus berwarna hijau ialah 1-99 ms jika diatas itu artinya jaringan yang anda gunakan kurang baik dan menyebabkan skill dan semua pergerakan menjadi delay sesaat.

Untuk Mengecek PING bisa gunakan aplikasi "Ping" buatan appsteka, isi host: dengan google.com untuk mengetes & klik mulai maka terlihat ping berapa ms.

3. Atur Kualitas Grafis
Selanjutnya jika spesifikasi & ping sudah baik, atur grafis menjadi mode performa atau buat pengaturan rata kiri, tetapi jika ada mode 60 fps bisa diaktifkan, jika masih lag aktifkan mode 30 fps saja.

Meski pengaturan grafis rata kiri menjadi mode performa, tapi jangan khawatir grafis yang dihasilkan masih tetap bagus dan jernih.

4. Pakai Wifi
Wifi sudah sagat umum dan digunakan banyak orang untuk sekarang ini. Kenapa pakai wifi? yap, jaringan wifi baik itu Indihome, Biznet, MyRepublic, MNC semuanya mempunyai nilai PING antara 1-50ms yang sangat cocok untuk bermain game.

Tetapi jika dalam satu jaringan rumah ada yang menonton youtube, instagram, tiktok, atau bahkan download sesuatu, ping dari jaringan akan terganggu membuat anda yang bermain game sangat lag, ping yang muncul disaat seperti ini biasanya 300-600ms akibatnya muncul pesan Reconnect.

5. Gunakan jaringan 4G yang Stabil
Penggunaan jaringan seluler sebaiknya atur 4G Only / lock 4G. Untuk mengecek kestabilannya gunakan aplikasi yang sudah saya jelaskan pada cara ke-2 diatas.

Setiap tempat di daerah anda dan saya tentu berbeda kualitas jaringannya. Kualitas jaringan seluler 4G biasanya memiliki PING direntang 20-200ms tergantung jenis provider dimasing-masing tempat. 

6. Hentikan Aplikasi yang berjalan dilatar belakang
Bersihkan aplikasi yang ada dilatar belakang dan recent apps. Semakin banyak aplikasi yang berjalan tentu saja ram yang dibutuhkan semakin tinggi sehingga alokasi ram yang tersisa untuk game menjadi terbatas, akibatnya terjadi lag dan lebih parahnya ialah Force Close.

7. Legakan Memori Internal
Game ini masih terbilang baru sehingga kedepannya akan selalu mendapatkan update dan tentu saja ukuran dari game ini akan terus membengkak dengan semakin banyaknya fitur baru, champion yang dikeluarkan, event, dan mode baru.

Untuk saat ini per tanggal 8 januari 2021, ukuran full size sudah mencapai 2,83 GB. Memori yang penuh juga mengakibatkan penurunan performa ponsel untuk multitasking dan bermain game.

8. Pakai game Booster / Launcher
Alternatif lain yang dapat anda lakukan ialah memakai game booster demi memaksimalkan peforma yang bisa dilakukan oleh ponsel anda. Aplikasi booster kebanyakan ponsel sudah disematkan dalam aplikasi bawaan sebagai game launcher yang secara otomatis mendeteksi mana yang termasuk game.

Game launcher bekerja meningkatkan performa maksimal dengan membersihkan cache & ram pada saat game akan dibuka. Dan juga akan memblokir & memberhentikan aplikasi latar belakang untuk sementara.

9. Matikan mode hemat baterai
Siapa yang tidak suka dengan baterai yang awet tahan lama? tentu semua orang suka yang demikian, tapi tahukah anda bahwa dengan pengaktifan mode ini dapat menurunkan performa karena penggunaan yang tinggi sudah dibatasi baik dari CPU dan RAM.

Tetapi dengan dengan bantuan game launcher & booster secara otomtis mode hemat baterai berhenti untuk sementara. Dan jika tidak, anda bisa mematikan mode hemat baterai saat akan memainkan game ini.

10. Atur Kecerahan layar
Kecerahan layar yang tinggi menjadi penyebab ponsel anda terasa panas meski hanya bermain sosmed & menonton youtube saja. Ini terjadi karena penggunaan daya tinggi untuk menerangkan layar jauh dari normal.

Suhu ponsel yang panas sangat mempengaruhi performa. Performa ponsel yang normal dengan performa ponsel yang panas tentu berbeda, sistem sudah terprogram akan membatasi performa ketika panas sudah mencapai batas wajar demi menjaga dari hal-hal tidak baik seperti baterai meledak, lcd rusak, dan mesin error.

Penutup
Sekian artikel pembahasan tentang bagaimana supaya League of Legends: Wild Rift lancar tanpa lag, drop fps, sinyal merah kuning, semoga dapat membantu mengatasi masalah anda. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ LoL Wild Rift: Cara agar League of Legends: Wild Rift Tidak Lag, Drop FPS, Ping Merah"