Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Layar Android Bergerak Sendiri dan Cara Perbaikinya

 Layar bergerak sendiri atau bahasa kerennya Ghost Touch merupakan masalah layar yang sering terjadi pada ponsel Android. Layar Android bergerak sendiri ini sering terjadi dan membuat kita frustasi daripada layar rusak fisik sungguhan.

layar android bergerak sendiri ghost touch

Jika layar bergerak sendiri pada bagian tertentu, seperti sentuhan acak atau pergeseran, Anda tidak sendirian. Semoga artikel singkat ini dapat membantu Anda mampu mengatasi masalah "Touchscreen" sehingga Anda dapat menggunakan Ponsel Android secara Normal. Tapi sebelum itu...

Apa itu Ghost Touch atau Layar Bergerak Sendiri

Mungkin Anda pernah mengalami hal ini ketika mengisi daya maupun layar terkena Air. Ini mengakibatkan layar beroperasi sendiri dengan merespon beberapa sentuhan yang sebenarnya tidak Anda lakukan. Itu bisa terjadi dengan acak pada bagian tertentu, yang lebih parah membuat layar menjadi stuck/tidak bisa disentuh.

Alasan dibalik masalah Ghost Touch

Saya akan memberikan kepada Anda beberapa cara memperbaiki masalah terkait masalah layar bergerak sendiri ini. Tapi tahukah bahwa masalah ini datangnya bukan dari software?. Jika Anda saat ini mengalaminya hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah masalah Hardware atau Layar Ponsel itu sendiri.

Baca Juga: Perbedaan Utama Temper Glass dan Hydrogel Screen Protector

Daftar Penyebab terjadinya Layar Android Bergerak sendiri Ghost Touch


Layar Basah

Hal ini merupakan yang paling wajar dan sebenarnya dapat terjadi pada perangkat apa saja dengan layar sentuh. Mengingat layar Touch Screen masa kini hanya merespons jari, karena jari kita menghasilkan listrik statis, tetapi akan menjadi masalah karena air juga demikian.

Layar Anda akan bergerak sendiri jika terdapat cipratan air atau bahkan sulit disentuh karena saat Anda menyentuh, sensor sentuhan akan kacau.

Kabel Charger yang Jelek

Sejauh ini masalah serius yang kadang tidak terlalu diperhatikan ialah terkait charger yang buruk. Banyak orang menganggap bahwa "asal charger bisa digunakan ya pakai saja lah". Padahal charger yang jelek dapat mempengaruhi perangkat hardware termasuk layar. Tegangan atau daya yang tidak stabil dapat mengacaukan layar Anda saat sedang di charge, parahnya juga dapat menyebabkan konsleting layar loh.

Pembaruan atau Update Sistem yang Buruk

Sebenarnya sangat jarang terjadi hal demikian yang diakibatkan dari pembaharuan tapi faktanya beberapa kasus melaporkan setelah pembaharuan terjadi masalah pada layar. Dalam beberapa kasus tersebut menyebabkan layar Delay dan lebih parahnya terjadi Ghost Touch.

Overheat atau Ponsel Terlalu Panas

Agar layar bekerja secara baik, ponsel harus berada pada suhu yang normal, suhu ponsel Overheat (terlalu panas) dapat menyebabkan masalah layar. Meski tidak akan langsung terjadi pada jangka waktu pendek tapi lama-kelamaan dapat menyebabkan masalah yang serius.

Overheat umumnya terjadi jika Anda Bermain game yang berat dan memaksakan bermain, apalagi Anda memainkannya dengan keadaan sambil melakukan Charge, ini sangat beresiko.

Pelindung Layar yang Jelek

Ini juga bisa terjadi karena Kualitas Pelindung layar Anda yang buruk. Anda harus pintar dalam memilih jenis pelindung layar yang pas, karena beberapa pelindung layar terlalu tebal sehingga mengurangi sensitivitas sentuhan.

Ponsel Terlalu Dingin

Berbeda dengan Overheat, terlalu dingin bisa saja terjadi karena Anda berada pada daerah tertentu sehingga umumnya yang terjadi adalah layar tidak merespons, sekalinya merespons juga dapat menyebabkan ghost touch. Layar mengembun juga sangat berbahaya dapat mengakibatkan konsleting di komponen layar.

Layar Retak atau Tergores

Kondisi fisik layar Anda memegang peran utama sehingga pastikan fisik layar tanpa cacat baik itu pelindung layarnya atau layar lcd itu sendiri. Jadi jika pelindung layar seperti temper glass Anda retak maka segera ganti dengan yang baru supaya sentuhan merespons dengan mulus.

LCD Touch Screen Bermasalah

Hal terakhir yang menjadi utama dari permasalahan ini adalah LCD Touch Screen layar yang memang bermasalah. Ini terjadi karena beberapa faktor seperti charger yang tidak cocok, pernah mengalami benturan keras, tertindih beban berat, kualitas lcd touch screen rendah, umur ponsel.


Cara Memperbaiki atau Menghindari Masalah Ghost Touch Layar pada ponsel Android

Sekarang Anda tahu beberapa penyebab yang mengakibatkan layar Ponsel Android Anda bergerak sendiri, nah berikut ini beberapa cara dan trik supaya layar ponsel Anda normal terhindar dari masalah.

Gunakan Charger Bawaan atau berkualitas

Yang paling tepat ialah menggunakan Charger Original bawaan ponsel Anda, karena sudah sesuai standar pabrik baik dari segi kualitas dan kecocokan. Jangan gunakan charger sembarangan meski bisa mengisi daya karena itu belum tentu cocok.

Usahakan Layar Bersih

Di samping supaya enak disentuh karena bersih, hal ini dapat meningkatkan sensitivitas karena tidak ada debu atau cairan yang menghalangi sentuhan jari Anda terhadap layar Ponsel.

Membersihkan layar sangatlah mudah, cukup dengan tisu atau lap kain sudah cukup untuk membersihkan minyak, air atau debu.

Gunakan ponsel dengan wajar

Untuk menghindari masalah ini tentu kita sebagai pengguna menggunakan dengan bijak. Dengan bijak di sini baik dari durasi penggunaan atau kondisi suhu untuk tidak terlalu panas. Pastikan Anda juga beristirahat dalam jangka waktu tertentu demi menjaga ponsel tetap stabil dan tidak terjadi overheat.

Ganti Layar dengan yang Baru

Jika sudah melakukan berbagai cara namun hasilnya sama saja dapat dipastikan terjadi masalah pada fisik hardware ponsel Anda, sehingga mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru. Harga Touchscreen/LCD umumnya mahal.

Serahkan pada Service Center merek Ponsel Anda

Langkah terakhir jika Anda sudah frustrasi dengan masalah layar delay dan bergerak sendiri ialah melakukan perbaikan di service center. Karena secara resmi dapat mengklaim garansi jika masalah bukan dari kelalaian pemakaian kita.

Kesimpulan

Setiap masalah terkait Layar Ponsel memiliki penyebab dan cara memperbaikinya, dengan Anda membaca artikel di atas setidaknya Anda tahu apa saja hal-hal yang menjadi faktor utama penyebab layar android bergerak sendiri.

Sekian artikel pembahasan mengenai bagaimana mengetahui penyebab layar android bergerak sendiri dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Penyebab Layar Android Bergerak Sendiri dan Cara Perbaikinya"