√ Cara Hapus File Windows 11 setelah Rollback ke Windows 10 2023

Mungkin karena beberapa alasan saat menggunakan Windows 11 mengharuskan Anda untuk Rollback (Kembali ke Windows 10). Jika Rollback ke Windows 10 sukses, maka pada sisi sistem akan meninggalkan bekas file windows 11 yang tidak sedikit. Lalu pasti ada cara untuk Hapus File Windows 11 setelah Rollback.

Sebuah Update OS baru tentu membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit, seperti halnya Upgrade Windows 10 ke Windows 11. 

Memang Windows 11 memiliki update besar terutama pada sisi User Interface yang minimalis dan futuristik. Tetapi secara sistem masih mirip dengan Windows 10.

Update Windows 10 ke Windows 11

Cara Update Windows 10 ke Windows 11 memiliki 2 cara. Cara pertama yaitu dengan menggunakan Installer atau ISO sedangkan yang kedua mengupdatenya secara langsung dari menu Windows update Windows 10.

Nah pada tutorial ini yang bisa diterapkan ialah untuk cara kedua dimana update berasal dari Windows update di Windows 10.

Berapa Ukuran Update Windows 11

Melakukan update ke Windows 11 melalui Windows Update bisa dilkakukan secara langung. Namun untuk saat ini syaratnya harus mengikuti Windows Insider Programme (Dev Channel, Beta Channel, atau Release Preview Channel).

Dilansir dari Techcommunity ukuran Update windows 11 berkisar antara 4.5 - 5 GB. Tentu ini cukup besar jika sudah menjadi file sampah yang tidak dibutuhkan. Windows tetap menyimpan file tersebut untuk suatu saat jika Anda berubah pikiran untuk upgrade kembali ke Windows 11.

Bagaimana Hapus File Windows 11 setelah Rollback?

Cara ini hanya bisa dilakukan melalui Settings, Anda tidak diperkenankan untuk menghapusnya melaui File Explorer karena beresiko menghapus file Sistem. Jadi simak langkah-langkah singkat dibawah ini yang pastinya aman dan tidak membahayakan file-file di Local disk C: Anda.

Cara Hapus File Windows 11 setelah Rollback ke Windows 10 untuk Pemula

$ads={2}

Sebelum Anda menerapkan cara ini pastikan Anda sudah menjalankan Rollback ke Windows 10 dengan Benar. Jika belum simak link tutorial berikut (Cara Rollback Windows 11 ke Windows 10).

Berikut langkah-langkah Hapus File Windows 11 setelah Rollback ke Windows 10

  1. Buka Settings.


  2. Lalu ke System.

  3. Klik menu Storage, kemudian klik pada Temporary files.

  4. Sekarang centang 2 pilihan saja yaitu Windows Update Clean-Up dan Temporary Windows installation files lalu klik Remove files.

  5. Tunggu beberapa menit sampai loading Purging: selesai.


Bagaimana mudah bukan?. Setelah sukses maka Free Space Local Disk C: Anda akan bertambah sekitar 5 GB dan itu lumayan. Cara ini aman dan tidak akan menghapus file apapun selain file bekas update Windows 11 yang pernah Anda lakukan.

Penutup

Sekian artikel mengenai bagaimana caranya melakukan Hapus File Windows 11 setelah Rollback ke Windows 10 untuk pemula. Semoga dapat mengatasi masalah Anda. Terima Kasih.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama