✔ Chrome: Cara agar Tab yang terakhir dibuka, Dimuat lagi saat Memulai 2023

Anda mungkin pernah berada pada momen ketika mengerjakan tugas atau keperluan tertentu memakai browser Google Chrome dan membuka banyak tab, tapi tidak sengaja klik ❌ (close) akibatnya harus membuka satu persatu lagi dari histori.


Tapi tenang dengan sekali perubahan pengaturan, anda tak perlu lagi khawatir ketika ada tab yang masih aktif kemudian anda secara sengaja maupun tidak sengaja mengeluarkan Google Chrome, saat dibuka Chrome akan mengembalikan tab terakhir yang dibuka.

Browser menyimpan semua data terakhir termasuk tab akhir yang sebenarnya masih dibutuhkan tapi secara mendadak browsernya yang dikeluarkan. Fitur ini memungkinkan ketika anda membuka kembali, chrome akan mengingat dan memuat ulang tab-tab terakhir yang anda tinggalkan tanpa mengeluarkannya.

Alasan kenapa Muat ulang Tab terakhir ditutup itu Perlu?

  • Menghindari klik ❌ (close) tidak sengaja, dikira aplikasi lain.
  • Menghindari lupa Website terakhir yang dibuka.
  • Menunjang tugas atau pekerjaan saat anda memulainya lagi setelah istirahat.
  • Menghemat waktu.
  • Mengurangi pemborosan waktu karena salah buka link terakhir yang dibuka lewat Histori.
  • Dan lain-lain.
Nah dengan alasan-alasan di atas pasti diantaranya sangat sesuai dengan apa yang anda diinginkan bukan? Baiklah tak perlu panjang lebar lagi dibawah ini tutorial paling singkat yang bisa saya berikan, simak baik-baik.

Cara agar Tab Terakhir dibuka Otomatis saat Google Chrome dimulai

$ads={2}
  • Buka menu tiga titik pojok kanan atas dan pilih menu "Setelan" atau "Settings".

  • Selanjutnya akan muncul halaman pengaturan, disini lihat pada tab menu sebelah kiri, klik pada "Saat memulai" atau"On Startup".

  • Nah disini akan muncul tiga bagian pilihan tindakan saat google chrome dibuka, pilih "Lanjutkan dari halaman terakhir yang dibuka" atau "Continue where you left off".

  • Selesai, keluarkan tab Setelan.

Sekarang semua tab yang belum sempat anda tutup tetapi browser chrome sudah anda keluarkan, maka saat anda buka chrome lagi tab-tab tersebut akan dimuat ulang secara cepat.

Anda mungkin juga bisa mencoba-coba fitur lain untuk menambahkan halaman khusus (Favorit), jadi saat chrome dibuka halaman terkait akan dibuka terlebih dahulu. Caranya seperti di atas, hanya pilih pilihan ketiga dengan pengaturan "Buka halaman tertentu atau rangkaian halaman " atau "Open a specific page or set of pages".

Penutup
Sekian tutorial sederhana bagimana mengaktifkan fitur supaya tab terakhir gogole chrome dibuka lagi saat dimulai, semoga berguna untuk anda semua. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama