Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

√ Cara Memperbarui phpMyAdmin ke Versi Terbaru untuk Windows

Bagi anda seorang programmer baik itu pemula maupun expert tentu tak asing dengan phpMyadmin. phpMyAdmin merupakan sebuah software gratis berbasis web yang mempunyai fungsi utama untuk mengelola database MySQL.


phpMyAdmin umumnya sudah satu paket dalam instalasi software XAMPP, tetapi untuk memperbarui phpMyAdmin anda tak perlu menginstal ulang XAMPP demi mendapatkan versi phpMyAdmin versi mutakhir (terbaru).

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat dan mudah dilakukan untuk mengupdate phpMyAdmin tanpa Uninstal XAMPP, simak baik-baik. Namun sebelum itu, untuk mengetahui versi phpmyadmin sebenarnya anda cukup melihat pada halaman awal atau ikuti langkah dibawah ini.

Cara Cek Versi phpMyAdmin

  1. Buka XAMPP Control Panel.
  2. Aktifkan modul Apache & MySQL.

  3. Ketik http://localhost/phpmyadmin/ di Browser.
  4. Lihat dibagian sisi kanan bawah halaman awal, tampilannya akan seperti ini.

Terlihat bahwa versi yang saya miliki saat ini adalah 4.8.5 sedangkan sudah ada versi terbaru yaitu 5.0.4. Baiklah tutorial updatenya ada dibawah ini.

Tutorial Update phpMyAdmin ke Versi Terbaru tanpa Uninstal XAMPP (Windows)

  1. Buka direktori C:\xampp\phpMyAdmin.

  2. Pindahkah file dengan nama config.inc.php kemana saja, untuk nantinya dikembalikan lagi ( karena mengandung pengaturan-pengaturan versi sebelumnya).

  3. Kosongkan file dan folder didalam \phpMyAdmin (bisa dihapus/ atau di pindah untuk berjaga-jaga).

  4. Download file phpMyAdmin versi terbaru disini https://www.phpmyadmin.net/files/.

  5. Ekstrak, pindahkan file ke C:\xampp\phpMyAdmin yang sudah dikosongi.
  6. Kembalikan file config.inc.php ke C:\xampp\phpMyAdmin lagi, selesai. Lihat hasilnya.

Sekarang lihat versi pypmyadmin di halaman awal localhost/phpmyadmin/, pasti sudah versi terbaru. Tenang, dengan memperbarui phpmyadmin tidak akan menghapus database yang sudah anda buat, jadi tidak berpengaruh terhadap file sebelumnya.

phpMyAdmin berjalan pada bahasa pemrograman PHP, sehingga dapat melakukan berbagai fungsi operasi pada MySQL dan MariaDB. Dengan perangkat lunak pengelola PHP ini anda bisa melakukan banyak aksi terkait database, diantaranya menambah, mengedit, menghapus, import, eksport, izin, keamanan dan lain sebagainya.

Versi phpMyAdmin setiap saat selalu diperbarui demi meningkatkan kualitas keamanan, fitur dan semua fungsi menjadi lebih baik. Jika anda menggunakan suatu software versi terbaru tentunya dukungan fitur akan semakin lengkap, serta menghindari suatu masalah terkait versi yang lawas.


Penutup
Sekian artikel singkat tentang bagaimana meningkatkan versi dari phpmyadmin secara mudah tanpa instal ulang XAMPP, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ Cara Memperbarui phpMyAdmin ke Versi Terbaru untuk Windows"