√ 2 Cara Meningkatkan Kualitas Audio Bass, Vokal, Trebel HP Android Terbaik untuk Pemula 2023

Meningkatkan kualitas Suara Musik Android Bass, Vokal, Trebel Hi-Res - Dunia audio menjadi salah satu hobi yang bisa anda ikuti. Dunia audio tidak ada henti-hentinya baik karena selalu munculnya musik baru setiap waktu dan referensi perangkat audio yang banyak beredar dipasaran dengan harga relatif murah.


Kualitas audio yang baik tentunya akan semakin membawa kita menikmati setiap detail makna atau alunan lagu yang sedang didengar. Demi mendapatkan kualitas yang baik banyak faktor yang perlu diperhatikan.

Berikut ini faktor yang mempengaruhi kualitas audio:
  • Headset/Earphone yang kita pakai.
  • Ponsel/Digital Audio Player yang kita pakai.
  • Aplikasi Pemutar musik yang kita pakai.
  • Jenis & format audio yang kita dengarkan.
Dari daftar diatas dapat kita lihat ada 4 faktor utama yang mempengaruhi output audio dan semuanya berperan penting terhadap apa yang dihasilkan.

Nah dari ke-4 itu sebenarnya ada satu tambahan lagi yaitu EQUALIZER. Aplikasi android sudah bermacam-macam bentuknya, semua yang anda butuhkan seakan-akan sudah dibuat dalam aplikasi. Tujuannya memang untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Nah aplikasi yang akan saya bahas adalah aplikasi yang dapat meningkatkan kualitas audio pada smartphone Android. Aplikasi tersebut adalah Poweramp Equalizer & Wavelet.

Tanya-tanya seputar TIDAL WA Admin ekorkode085800572012

1. Poweramp Equalizer - Trik Meningkatkan Kualitas Bass, Vocal, Treble Sound Stage 

$ads={2}

Poweramp Equalizer

Poweramp Equalizer adalah aplikasi karya Max MP, merupakan aplikasi baru  yang dapat mengubah semua output audio baik dari musik, game, maupun video menjadi sangat bagus.

Aplikasi masih dalam percobaan dan dapat diinstal secara gratis di ponsel Android anda. Bagi yang masih baru mencoba pasti akan sedikit bingung bagaimana menggunakannya.

Silahkan kalian coba-coba menggunakan Preset otomatis yang sudah disediakan terdapat banyak preset EQ yang ada seperti Bass, Bass Ekstrim, Bass & Trebel, Trebel, Datar, Klasik, Dansa, Rock, Tekno, Speaker, Lembut, Bass Lembut, Trebel Lembut.

Atau kalian bisa atur manual sesuai Grafik yang sudah disediakan berdasarkan Frekuensi yang ada, Semkin tinggi frekuensi pada nilai tertentu maka semakin tinggi pula efeknya. Berikut ini adalah daftar nilai frekuensi yang bisa anda gunakan sebagai pedoman.
  • Frekuensi 31-62 = Sub Bass, disini suara bass terdalam atau ter-rendah.
  • Frekuensi 125-250 = Bass, disini suara bass yang sesungguhnya.
  • Frekuensi 500 = Middle, Disini transisi bass dan vokal.
  • Frekuensi 1,0K-4,0K = Vokal, disini suara vokal penyanyi berada.
  • Frekuensi 4,0K-16,0K = Treble, disini suara treble yang ngecring
Silahkan atur nilainya berdasarkan data tersebut, jika ingin bass yang besar maka atur nilai grafik 31-250 menjadi lebih tinggi & dominan, begitu pula untuk Vokal & Trebel.

2. Wavelet - Trik Meningkatkan Kualitas Audio Otomatis sesuai Preset

Wavelet Equalizer


Wavelet merupakan sebuah aplikasi Equalizer karya pittvandewitt yang mempu mengubah hasil keluaran suara secara instan dengan pengaturan yang mudah.

Lebih dari 2700 preset model dari Earphone, headphone, Earbuds, IEM semuanya memiliki preset yang sudah dimaksimalkan oleh developer demi memunculkan potensi masksimal audio.

Untuk menggunakan aplikasi ini pastikan earphone terpasang dan jika tampilan layar kosong maka aktifkan Legacy Mode.

AutoEq: Jika earphone yang ada gunakan sedikit terkenal atau bermerek biasanya preset AutoEq tersedia dan siap untuk diaktifkan. 

Graphic equalizer: Anda juga bisa mengaktifkan Graphic equalizer dan mengaturnya sesuai Frekuensi dibawah ini:
  • Frekuensi 75-300 = Bass
  • Frekuensi 600 = Middle
  • Frekuensi 1,2K-4,8K = Vokal
  • Frekuensi 9,6K-19,2K = Treble
Untuk Bass booster, Virtualizer, Bass tuner tersedia untuk unlock feature, dan Limiter & Channel balance digunakan untuk mengendalikan fitur output tanpa menambah kualitas.

Penutup
Sekian artikel pembahasan mengenai 2 aplikasi yang dapat menambah kualitas audio menjadi lebih bagus dari segi bass, vokal, dan trebel, Semoga menambah wawasan anda semua. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama