✔ Rotasi Error: 10 Cara Mengatasi Rotasi Otomatis Layar Android Error 2023

Pengguna Android yang berbahagia, kali ini saya akan membahas salah satu masalah yang sering terjadi dan dialami banyak orang yaitu error pada fitur rotasi layar.

Disaat mengalami masalah layar ponsel android tidak dapat rotate atau rotasi secara otomatis dari mode portrait ke landscape dan sebaliknya, langkah awal cari penyebabnya secara umum terlebih dahulu kemudian baru mendetail.

Kesalahan pada lini hardware jarang terjadi untuk kasus rotasi layar. Tapi masalah ini lebih mengacu pada sisi sistem perangkat lunak & aplikasi.

Saya sudah mencari banyak referensi terkait dan mengumpulkannya, sehingga sekarang anda bisa membaca bagaimana cara mengatasi supaya layar ponsel android berotasi otomatis.

Penyebab Layar Android tidak mau Rotating/Berputar Otomatis

Sebelum mencoba 10 cara mengatasi rotasi layar error, mungkin anda perlu tahu apa sih yang sebenarnya menjadi penyebab atas tidak bekerjanya rotasi layar pada ponsel android.

  • Rotasi Otomatis tidak diaktifkan.
  • Aplikasi terbaru yang diinstal menyebabkan error.
  • Beberapa ponsel terdapat Kunci Rotasi pada navbar.
  • Terdapat Bugs Sistem dan butuh Update Perangkat Lunak Sistem.
  • Ponsel Lag akibat banyak Aplikasi Berjalan.
  • Sensor Accelerometer atau Gyroscope tidak bekerja (jarang terjadi).
  • Dan masih banyak lagi.

Cara memperbaiki Layar Android tidak mau Rotasi Otomatis

$ads={2}

Masalah ini tidak memandang dari brand apa, keluaran tahun berapa, semua bisa terjadi karena masalah ini kebanyakan bersumber dari perangkat lunak sistem. Tak perlu khawatir, anda cukup mengikuti beberapa langkah dibawah ini supaya masalah yang anda alami cepat selesai.

1. Aktifkan Rotasi Otomatis. Ini sangat krusial namun banyak orang mengira setiap ponsel itu sudah rotasi otomatis dari awal tanpa tahu jika rotasi otomatis dapat di nonaktifkan. Anda bisa mengecek aktif tidaknya rotasi layar otomatis melalui panel noifikasi dan pengaturan.

Untuk mencari pengaturan rotasi otomatis anda cukup masuk ke pengaturan sistem lalu masuk ke bagian layar dan biasanya Pengaturan Rotasi Layar terdapat disana.

2. Jangan Sentuh Layar saat akan Rotasi. Ingat layar android itu touchscreen, jadi tiap sentuhan & gesture akan men-trigger aksi tertentu. Menahan sentuhan pada layar saat akan merotasi layar juga dapat menyebabkan rotasi tidak berjalan karena sistem menganggap anda masih beroprasi pada posisi layar tersebut. Jadi setiap kali akan memutar ponsel sebaiknya posisikan jari-jari anda pada tepi layar body hp.

3. Restart ponsel Android Anda. Sangatlah mungkin sistem android mengalami trouble saat dihidupkan, dalam beberapa kasus dimana beberapa fitur tidak bekerja dengan baik, tak terkecuali masalah rotasi layar ini. Bisa saja layar anda lag atau stuck, cukup restart saja ponsel saja kemungkinan dapat mengatasi, ingat "restart" / "mulai ulang" bukan "shutdown" / "mematikan".

4. Hentikan Aplikasi yang Memakan banyak Proses & RAM. Ponsel anda terasa lag dan sering terjadi hang? ini bisa disebabkan karena penggunaan aplikasi terlalu banyak membebani ram dan sistem. Ada 2 Penyebab Ram tidak lega, pertama Aplikasi belum ditutup, tapi masih ada di recent apps. Kedua, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, karena penggunaan ram yang tinggi juga mempengaruhi kelancaran sistem. 

5. Ijinkan Launcher atau Tema untuk Rotasi Otomatis. Siapa yang tak kenal laucher atau tema? ya, aplikasi semacam ini biasa digunakan jika anda merasa bosan dengan tampilan bawaan home screen. Untuk memperindah tampilan umumnya penginstalan launcher atau tema dengan tema Game, minimalis, simple, atau mungkin kpop dipasang untuk mempercantik tampilan sesuai selera.

Bagaimanapun juga jika anda sudah mengaktifkan fitur rotasi otomatis, tetapi pada laucher tema yang anda gunakan tidak mengaktifkannya atau malah menguncinya tentu ini menjadi masalah.

6. Update Pembaharuan Sistem Android. Bukan tidak mungkin sebuah versi patch pembaharuan sebelumnya terdapat sebuah bugs yang dapat menyebabkan rotasi layar tidak bekerja dengan baik pada momen tertentu. Pembaharuan Perangkat lunak pastinya membuat sistem android anda menjadi lebih baik karena setiap patch pembaharuan menambal masalah pada versi sebelumnya.

7. Cek Kembali Aplikasi yang Anda gunakan. Home screen sebenarnya adalah sebuah aplikasi yang tertanam sebagai aplikasi sistem bawaan pabrik. Maka antar aplikasi dapat terjadi konfik yang dapat menyebabkan error.

Karena sama-sama aplikasi, home screen & aplikasi lain juga dapat terjadi konflik. Misal anda membuka game tertentu dengan mode lanscape, namun seketika anda menekan tombol home maka layar berubah menjadi menjadi mode portrait, setelah itu anda kembali kedalam game alhasil layar hang hitam dan game yang awalnya lanscape tampilannya error menjadi portrait.

8. Cek Sensor Accelerometer. Sensor Accelerometer bertugas mendeteksi derajat kemiringan ponsel, inilah yang membuat ponsel anda bisa berotasi secara otomatis. Maka jika sensor ini tidak terdeteksi atau tidak berkerja anda harus berhati-hati karena sulit urusannya kalau sensornya yang tidak berjalan. Untuk mengeceknya silahkan cari aplikasi pengetesan sensor android bernama "Sensor Box".

9. Hapus aplikasi yang Terakhir diinstal. Tentu saja aplikasi dapat memepengaruhi sistem dari segi kinerja & pengaturannya, ingat-ingat aplikasi apa yang terakhir diinstal, mungkin aplikasi itu yang menyebabkan konflik karena perilaku tidak biasa. Cobalah Uninstal aplikasi itu kemudian apakah ada perubahan terhadap rotasi layar.

10. Lakukan Un-Root jika ponsel anda dalam keadaan Root. Disamping banyaknya keutungan melakukan Rooting Android yang bisa mengoprek-oprek fitur dan layanan, terdapat resiko yang patut diwaspadai. Tentu saja jika anda awam dan kurang paham, jangan lakukan rooting.


Ponsel yang mempunyai akses root selain menghanguskan garansi, dapat menyebabkan tidak mendapatkan pembaharuan perangkat sistem. Kemudian celah keamanan akan jauh lebih besar, dan beresiko terjadinya kerusakan sistem seperti Bootloop atau Hardbrick.

Kesimpulan

Karena pengguna android sudah mendominasi tentu saja untuk mengatasi masalah seperti ini bisa dicari dengan mudah. Rotasi layar adalah suatu fitur yang sangat penting untuk digunakan dalam mode/ lanscape saat menonton video maupun bermain game.

Sekian artikel tentang bagaiamana mengatassi Layar Android tidak mau rotasi otomatis semoga dapat membantu. Terimakasih sudah membaca.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama