Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 4 Musik Player Support Hi-Res Audio Windows Offline Gratis Terbaik 2021

Anda sedang mencari referensi music player terbaik untuk Windows yang support audio Hi-Res? Tepat sekali, anda menemukan artikel yang pas, disini saya akan memberikan beberapa referensi musik player gratis terbaik untuk windows.

Jika anda pengguna Windows 8 atau 10 tentu tentu tidak asing dengan pemutar musik Groove. Ya aplikasi bawaan windows ini banyak digunakan tapi tak sedikit pula yang lebih memilih memasang pemutar musik lain, mengingat Groove ini adalah aplikasi bawaan mengandalkan tampilan minimalis dan  fitur terbatas.

Dua Tipe Penikmat Musik

Penikmat musik menurut saya ada 2 tipe, pertama orang yang "cukup" dengan memutar musik saja tidak terlalu peduli kualitas, asal lagu yang diputar sesuai selera dan mood.

Kedua seorang audiophile, orang yang suka mendengarkan musik tetapi sangat peduli terhadap kualitas suara dan segala faktor yang mempengaruhi hasil output dengan kualias suara tinggi dan detail. Makanya, seorang audiophile itu selalu saja tidak puas akan hasil suara meski sudah dilengkapi perangkat yang mahal.

Nah seorang audiophile ini kadang merepotkan, ia suka membanding-bandingkan perangkat, aplikasi, file, penyanyi demi memnuhi kepuasan atas hasil suara, tak terkecuali Music Player.

Pemutar musik offline banyak sekali beredar secara gratis, beberapa dari pemutar itu ada yang sudah mendukung format kualitas tinggi Lossless seperti AAC, FLAC, MQA, DSD, WAV.

Daftar Music Player mendukung Hi-Res Audio Gratis


1. Sony Music Center

Tampilan Sony Music Center

Support Tipe File: WAV, MP3, AAC, HE-AAC, DSF, DFF, FLAC, FLAC MQA, APE, ALAC, AIFF, dll.

Sudah, tak usah diragukan lagi segala produk audio dari Sony itu diakui banyak orang mempunyai tingkat kualitas yang mumpuni. Sony Music Center menawarkan sound quality maksimal, mendukung hampir semua tipe file audio. Tampilan yang diberikan minimalis tapi punya segudang fitur yang bisa anda.

Jika anda mempunyai DAP Sony seri ZX atau A, Sony Music Center PC bisa dimanfaatkan sebagai media transfer source file audio ke dalam DAP itu.

Terdapat fitur eksklusif seperti DSEE HX dimana file audio seperti mp3, m4a, aac, atau bahkan CD-Quality akan diproses untuk ditingkatkan hingga output yang dihasilkan setara dengan Hi-Res Audio.

Cukup Aktfkan DSEE HX + WASAPI ecxlusive sudah menghasilkan suara yang sangat berkualitas. Jika file audio yang anda miliki termasuk dalam format audio Hi-Res, Sony Music Center akan menandainya dengan kigi HR yang artinya Hi-Resolution pada tiap lagu.

Dan salah satu fitur yang lumayan krusial adalah pengguna dapat melakukan import Musik dari CD atau bahasa umumnya NgeRIP CD dengan dan disimpan dengan format khusus.

2. Foobar2000
Tampilan Foobar2000

Support Tipe File: MP3, MP4, AAC, CD Audio, WMA, Vorbis, Opus, FLAC, WavPack, WAV, AIFF, Musepack, Speex, AU, SND, DSF, dll.

Salah satu pemutar musik yang sering disarankan oleh orang-orang di grup & forum audiophile pada windows adalah Foobar2000. Meski jika anda lihat tampilan antarmuka yang ditawarkan sedikit klasik, jangan salah, Foobar2000 mempunyai banyak fitur yang dapat dikonfigurasikan sesuai keinginan.

Dengan plug-in anda bisa meningkatkan kualitas suara apalagi menambahkan DAC untuk perangkat periperal, karena output suara yang dihasilkan akan langsung ke DAC.

Anda dapat mengganti tampilan dengan mengunduh preset tema yang bertebaran di Internet. Saya pikir Foobar2000 bukan yang terbaik, tapi bicara kualitas dan peforma yang ditawarkan sangatlah luar biasa.

3. AIMP

Tampilan AIMP PC Windows

Support Tipe File: AAC, APE, DTS, FLAC, MOD, M4A, M4B, MP1, MP2, MP3, MPC, MTM, OFR, OGG, OPUS, RMI, SPX, TAK, TTA, UMX, WAV, WMA, WV, XM, DSF, DFF, MKA, AA3, dll.

Pemutar musik satu ini sudah terkenal karena kemudahannya, tersedia pada platform Android dan Windows. Fitur yang disediakan sangatlah lengkap bahkan terdapat plug-in yang bisa anda personalisasikan sesuai kepentingan.

AIMP merupakan software gratis yang bisa mendukung hampir semua format audio. Dengan AIMP anda juga dapat memutar daftar putar Youtube dengan mengatur link yang sudah anda copy.

Skin tampilan yang terpasang dapat diatur sesuai selera. Aimp mendukung 32-bit audio processing maka mampu menghandle audio dengan kualitas sangat tinggi dengan mudah. Output yang dihasilkan juga mempunyai preset yang lengkap mulai dari DirectSound, ASIO, WASAPI, dan WASAPI Exclusive.

4. JRiver Media Center
Tampilan JRiver Media Center

Support Tipe File: AAC, DTS, DFF, DSF, WAV, FLAC16, FLAC24, MP3, AIF, M4A, dll.


Kita diberikan trial gratis untuk mencoba software ini selama 30 hari. Pengaturan dari Jriver sangatlah kompleks jika dibandingkan dengan 3 software yang sudah saya jelaskan diatas.

Beberapa fitur yang ditawarkan: Audio Ouput WASAPI, output Dolby Digital, Effect, Equalizer yang sangat detail, dan lain sebagainya. Tampilan dari Jriver ini sedikit klasik tapi akan terpuaskan karena kelengkapan fitur yang disediakan tersebut.

JRiver Media Center bisa dibilang cukup sempurna untuk dibilang sebuah music player, karena mampu neghandle DSD hingga membuat Jriver juga cocok untuk ditambahkan DAC eksternal.

Kesimpulan
Kualitas musik yang baik juga ditentukan daripemutar musik yang digunakan. Mendukung segala tipe file musik saja tidak membuat pemutar musik itu dikatakan bagus, tetapi bagaimana ouput yang dihasilkan bisa sangat baik dengan memunculkan detail-detail yang dihasilkan dari source file tersebut.

Sekian artikel pembahasan tentang 4 pemutar musik untuk PC Windows Offline yang support Hi-Res Audio Lossless, semoga bermanfaat, Terimakasih.

8 komentar untuk "√ 4 Musik Player Support Hi-Res Audio Windows Offline Gratis Terbaik 2021"

  1. Maksudnya gimana ngerip cd dengan format khusus di sony music center?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu maksudnya kalo agan punya CD Musik Original bisa diimport, nanti file musik di CD bisa di jadiin file musik MP3/FLAC/WAV jadi bisa diputar di HP.

      Sudah saya buat tutorialnya boleh dibaca https://www.ekorkode.com/2021/02/cara-rip-musik-dari-CD-menjadi-FLAC.html

      Hapus
  2. Bukannya sama aja, kayak windows media player atau itunes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama aja, tapi kualitas outputnya beda-beda gan soalnya tiap player punya settingannya sendiri-sendiri.

      Hapus
  3. Menurut admin, klo ngerip cd pling enak pake software apa? yang lossless pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang-orang biasanya pake EAC, kalo saya pake Sony Music Center. Kebetulan udah buat nih: https://www.ekorkode.com/2021/02/cara-rip-musik-dari-CD-menjadi-FLAC.html

      Hapus
    2. EAC lumayan repot min pakenya, biasanya aq pake win media player sama itunes, FYI aja. Trus menurut admin klo ngerip enak fast rip atau slow rip y, aq baca2 di forum katanya bisa mempengaruhi kualitas audio cd.

      Hapus
    3. Iya memang agak report kalo EAC. Entah gan ane masih kurang tahu soal fast & slow rip, asal ditelinga enak ane cukup sih.

      Hapus