Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Cara Mengatasi Adsense "Materi Berhak Cipta: Berbagi file tidak Sah"

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman yang pernah saya rasakan saat menggunakan Adsense untuk Blog. Bagi yang sedang membaca artikel ini tentu saja anda tahu apa itu Google Adsense.


Membuat blog itu sangat mudah tapi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah terbilang sangat sulit di awal, karena pasti banyak masalah yang muncul dan anda tidak tahu cara mengatasinya. Selain itu, tak dapat dipungkiri lagi, pasti ada banyak pertanyaan yang muncul di benak anda tentang seluk beluk trik serta macam-macam fiturnya.

Masalah saat Pendaftaran dan Add Site

Salah satu masalah yang sering dan jarang diperhatikan oleh Blogger pemula ialah tentang kebijakan-kebijakan google yang harusnya benar-benar ditaati & perhatikan supaya tidak melanggar.

Setelah melakukan pendaftaran Blog maupun saat Add Site Adsense anda akan diberi waktu sekaligus menunggu Email balasan dengan rentang waktunya bervariasi ada yang cepat (1-2 hari) dan ada yang lama (sampai 1 bulan). Balasan email dari Adsense hanya ada 2 jenis yaitu diterima atau ditolak dengan alasan yang dijelaskan di dalamnya.

Salah satu alasan kenapa Adsense menolak pengajuan untuk menampilkan iklan di Blog adalah "Materi Berhak Cipta: Berbagi file tidak sah" atau "Konten yang dilindungi hak cipta: berbagi file tanpa izin".

Hal ini disebabkan karena didalam blog anda, dalam beberapa artikel menggunakan Judul berbau "Download file ..." atau di dalam artikel secara jelas membagikan file-file yang mengandung hak cipta.

Yang termasuk hak cipta adalah:
  • Siaran TV, Film, dan File Audio
  • Streaming TV baik kabel maupun Satelit
  • Buku dan Buku Digital
  • Video Game
  • dan Gambar.

Solusi Penolakan Adsense "Materi Berhak Cipta: Berbagi file tidak sah"

Solusi paling cepat dan benar adalah menghapus artikel atau pindahkan artikel ke Draft Postingan. Nah untuk blog ini dulu saya lebih memilih mengembalikannya ke Draft daripada menghapusnya.

Dan juga anda harus menghapus link melalui Google Search Console karena link artikel tersebut terlanjur terindex di Google Search. Cara menghapus link artikel dari Index:
  1. Buka Google Search Console.
  2. Buka menu Penghapusan.
  3. Masukan Url Artikel yang mengandung unsur unduh/download file (Yang mengandung Hak Cipta).
  4. Dan hapus secara Permanen.
  5. (Optional) setelah menghapus link artikel bermasalah, anda bisa submit ulang Sitemaps.xml nya.
  6. Setelah cara diatas diterapkan saatnya melakukan pengajuan ulang pendaftaran Blog ke Google Adsense. Beberapa waktu lalu setelah melakukan cara diatas, benar saja blog yang saya daftarkan langsung diterima padahal sebelumnya sudah ditolak sebanyak 3x.
Penutup
Sekian artikel tentang bagaimana supaya Google Adsense tidak menolak Blog/ Website kita dengan alasan "Materi Berhak Cipta: Berbagi file tidak sah" atau "Copyright protected content" semoga beruguna. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ Cara Mengatasi Adsense "Materi Berhak Cipta: Berbagi file tidak Sah""