√ EXCEL TRUNC: 3 Cara menggunakan Fungsi TRUNC di Excel

Sebenarnya didalam Excel banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mengolah angka, contohnya mengolah angka yang berbentuk Desimal. Dalam mengolah angka desimal kita bisa memakai beberapa cara untuk menampilkan beberapa angka atau mungkin menghapusnya.


Nah selain menggunakan Number format untuk mengolah angka desimal kita bisa memakai fungsi lain bernama TRUNC.


Apa itu Fungsi TRUNC?

Dengan menggunakan fungsi TRUNC memungkinkan kita untuk memotong berapa angka dibelakang koma atau bahkan menghapusnya menjadi tanpa koma. Keunikan dari cara ini ialah angka hasil proses tidak dibulatkan sehingga jika angka ini untuk kebutuhan data, data yang dihasilkan akan tetap Valid.

Cara Menggunakan Fungsi TRUNC Excel

Ada beberapa cara menggunakan fungsi TRUNC yaitu dengan menghapus semua desimal, menghapus sebagian desimalnya saja dan menjadikan angka dibelakang menjadi 0.

Rumus TRUNC menghapus semua Desimal

Pertama, Fungsi TRUNC paling dasar ialah menghapus seluruh desimal tanpa pembulatan angka sehingga data tetap sama, berikut ini contoh rumus dan gambar implementasinya.

 
= TRUNC (A2) 
 



Rumus TRUNC menghapus sebagian Desimal

Kedua, fungsi TRUNC yang menampilkan angka desimal sesuai yang kita inginkan. Jika kita menginputkan paramater "1" setelah A2; maka angka desimal yang ditampilkan 1 dibelakang koma. Berikut contoh rumus dan gambar implementasinya.

 
= TRUNC (A2; 1) 
 



Rumus TRUNC menjadikan angka terakhir 0

Ketiga, fungsi TRUNC yang ini dapat mengubah angka terakhir menjadi 0 (nol). Cara yang satu ini bisa dibilang unik, karena dalam beberapa kasus cara ini digunakan supaya hasil yang didapatkan lebih mudah diproses akrena semuanya berakhiran 0. Berikut contoh rumus dan gambar implementasinya.

 
= TRUNC (A2; -1) 
 




Penutup
Sekian artikel tentang bagaimana menggunakan Fungsi TRUNC di EXCEL semoga bermanfaat untuk kita semua Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama