✔ UKUR TANAH ONLINE: Cara Mengukur Luas Tanah Secara Online menggunakan HP dan Komputer 2023

Luas adalah salah satu informasi yang didapatkan dari suatu pengukuran tertentu. Ukuran luas sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari salah satunya yaitu luas suatu area atau tanah.


Umumnya angka luas tanah dipakai sebagai pembuatan sebuah sertifikat, atau pemecahan sertifikat supaya nantinya jika tanah ingin dijual, proses transaksi akan menjadi lebih lancar.

Luas tanah pada umumnya diukur secara manual dengan menandai setiap sudut tanah dengan kayu. Harga tanah disetiap tempat berbeda-beda tergantung letaknya apakah strategis atau tidak.Sebagai contoh di Jakarta saja, harga tanah bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk setiap meter persegi.

Nah, bagaimana caranya kalau mengukur tanah menggunakan Aplikasi atau Online? Yap ada aplikasi dan web yang dapat kita manfaatkan sebagai perkiraan seberapa luaskah tanah yang kita ukur.

Caranya gampang, cukup menggunakan layanan Google, yaitu GOOGLE EARTH. Google Earth ini sudah beberapa dirilis, memiliki banyak fitur canggih yang sangat membantu.

Salah satu fitur akan kita gunakan ialah ukur jarak dan luas. Fitur ini bisa digunakan untuk mengukur perkiraan luas tanah, ingat hanya perkiraan, karena kita tidak bisa secara detail mengetahui sudut-sudut tanah karena menggunakan peta satelit.

Cara Mengukur Luas Tanah Secara Online Menggunakan Android dan PC

$ads={2}

Contoh Menghitung luas Tanah Simpang Lima Kota Semarang

1. Pertama Buka https://earth.google.com atau Downlaod Aplikasi Google Earth.

2. Cari lokasi Tanah  lalu Klik Fitur Ukur Jarak dan Luas.

3. Klik pada setiap sudut tanah hingga titik tersambung kembali. (jika sudut melengkung, sebaiknya rapatkan titit).

4. Maka terlihat Luas Tanah di Simpang Lima sekitar 34.000 Meter Persegi.

#Note hasil dari Google Earth ini hanya perkiraan, jadi kemungkinan sedikit berbeda dengan pengukuran manual tergantung seakurat apa kalian klik setiap sudustnya, karena juga Map Google Terbatas pada Zoom gambarnya.

Penutup

Sekian artikel tentang bagaimana mengukur luas tanah secara online tanpa repot menggunakan HP Android atau Komputer. Semoga berguna untuk kalian semua dan saya ucapkan terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama