✔ UKUR JARAK: Cara Ukur Jarak 2 Lokasi Garis Lurus di Peta Online 2023

Jarak adalah suatu bentuk informasi yang dapat dimanfaatkan dan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya jarak kita tahu seberapa jauh suatu lokasi dengan lokasi lainnya.

Ukur jarak lurus map Online

Umumnya jarak digunakan sebagai patokan untuk seseorang menentukan tujuan mau kemana mereka pergi, jarak seperti ini adalah jarak yang diukur berdasarkan rute yang dilewati. Kalian menggunakan Goolge Maps pasti bisa tahu jalan terpendek untuk sampai pada suatu lokasi bukan?.

Tapi bagaimana jika yang kita inginkan jarak sesungguhnya? apa maksudnya? maksudnya yaitu jarak yang diambil berdasarkan garis lurus tanpa memperhatikan jalanan dan rute, jadi kita mengukur peta seperti menggunakan penggaris tapi berdasarkan jarak ditempat tanpa jarak banding.

Caranya cukup memanfaatkan layanan Google lainnya yang mirip Google Maps, yaitu GOOGLE EARTH. Google Earth ini sudah beberapa tahun lalu ada dan memiliki segudang fitur canggih yang mengesankan.

Salah satu fitur yang menarik adalah fitur pengukuran jarak yang bisa kita gunakan untuk mengukur garis lurus antar lokasi. Nah dibawah ini adalah contoh cara memakai Google Earth untuk mengukur jarak antar lokasi secara garis lurus.

Cara Ukur Jarak Lurus Lokasi Secara Online Menggunakan Goolge Earth

$ads={2}
Contoh: Mengukur Jarak Garis Lurus Tugu Muda dan Simpang Lima Kota Semarang

Langkah 1: Pertama Buka https://earth.google.com atau Downlaod Aplikasi Google Earth.
Google Earth



Langkah 2: Cari lokasi Tugu Muda lalu Klik Fitur Ukur Jarak.
Fitur Ukur Jarak Lurus Google Earth

Langkah 3: Klik Lokasi Awal dan Lokasi Akhir (Simpang Lima) dan Selesai.
Hasil Fitur Ukur Jarak Lurus Google Earth

Langkah 4: Maka terlihat jarak sebenarnya.

Baiklah sekarang kalian bisa mencoba-coba mengukur jarak sesuai keinginan. Sebagai informasi, untuk mendapatkan lokasi yang akurat harus benar-benar tepat saat menandai sehingga jarak yang ditampilkan adalah jarak rill/sesungguhnya.

Penutup

Sekian artikel tutorial cara mengukur jarang lokasi secara garis lurus Online, semoga berguna bagi kalian semuanya. Terimakasih.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama