✔ Windows 10: 4 Cara Cek Nama, Jenis VGA Card yang Digunakan 2023

Oke gan, DI artikel kali ini saya akan memberikan 4 cara paling sederhana untuk mengetahui VGA card yang sedang digunakan. Sebelum itu kita harus tahu apa itu GPU? GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit yang menjadi istilah lain dari Kartu Grafis. Graphics card merupakan komponen yang sangat penting apalagi kalian suka bermain game yang pada dasarnya game bergantung padanya.




VGA card yang memiliki peforma sangat tinggi selain mendukung supaya dapat melibas game berat, nyatanya sekarang banyak juga dipergunakan untuk Menambang Cryptocurrency yaitu Bitcoin. Kalau kalian adalah pengguna PC tentu akan lebih leluasa karena dapat mengganti dengan VGA baru jika dirasa ingin upgrade atau memang VGA card rusak.

Namun perlu diperhatikan jangan asal beli baru tanpa tahu Kartu Grafis jenis apa yang kita gunakan supaya jika ingin Upgrade tidak salah beli barang yang sama atau bahkan mungkin membeli VGA yang lebih jelek dibanding yang ada.

Cek VGA lewat Task Manager



Cara yang satu ini cukup mudah lo, karena agan cukup membuka Task Manager. Caranya Ketik "Task Manager" di Search Bar Windows.

Note: jika jarang buka Task Manager bisanya tampilannya hanya kotak dengan sedikit informasi, nah untuk menampilkannya secara lengkap klik More details.

Kemudia pilih bilah Performance  →  GPU 1 disana Nama dan jenis akan ditampilkan di pojok kanan atas, seperti punya saya NVIDIA GeForce 940MX.

Cek VGA lewat Device Manager

$ads={2}


Cara ini adalah carai paling mudah, tinggal kalian ketik "Device Manager" di Search Bar Windows 10.

Setelah dibuka pilih Display adaptor, disana terlihat Kartu grafis yang kita gunakan. Punya saya ada 2 yaitu Intel(R) HD Graphics 620 dan NVIDIA GeForce 940MX.

Cek VGA lewat DXDIAG


Dxdiag adalah tool bawaan Windows yang fungsinya sebagai alat untuk diagnostik yang sudah terintegrasi antara software dan hardware dimana disana terdapat data-data informasi salah satunya Kartu Grafis.

Caranya ketik "dxdiag" pada Search Bar Windows.

Setelah muncul jendela untuk mengetahui VGA apa yang kita pakai pilih menu Display atau Render. Untuk laptop terkadang ada 2 VGA untuk Display biasanya Intel HD / Amd dan Untuk Render bisanya Lebih Kuat bisa Nvidia atau AMD.

Cek VGA lewat CPU-Z



CPU-Z versi Windows merupakan Software gratis yang bisa didownload di cpuid.com dengan ukuran 1.8 MB saja. Didalamnya sangat simple dan sangat lengkap termasuk informasi tentang VGA.

Nah begitulah 4 cara paling sederhana yang dapat dilakukan siapa saja tentu cara ini work disemua komputer pc atau laptop yang menggunakan Windows 10, cara ini juga bisa diterapkan pada windows 8 dan Windows 7.

Penutup

Sekian artikel tentang bagaimana cara cek VGA yang sedang digunakan itu apa, semoga bermanfaat untuk kalian. Terimakasih.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama