Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

√ 10+ Cara Agar Black Desert Mobile (BDM) tidak Lag/ Lemot/ Patah-patah

Cara paling efektif supaya game Black Desert Mobile tidak mengalami Lag, Lemot, Patah-patah, dan keluar sendiri - Game Black Desert Mobile atau yang sering disingkat BDM oleh para gamer merupakan game MMORPG adaptasi dari versi PC yang dirilis pada tanggal 9 Desember, dan baru bisa dimainkan per tanggal 11 Desember 2019.


Game BDM dirilis secara global dengan 3 server utama yaitu Asia, Amerika, Eropa, karena kita berada di wilayah region Asia saya sarankan untuk menggunakan server Asia ketika melakukan pemilihan server untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sekilas Tentang Black Desert Mobile
Black Desert Mobile versi Android tersedia di Play Store dan untuk iOS tersedia di App Store. Didalam game kita bisa melakukan apapun selayaknya game MMORPG,bahkan lebih karena kita akan mengumpulkan banyak item, melakukan penambangan, penebangan pohon, membuat kerajinan, memancing, merawat hewan peliharaan dan mengelola wilayah pribadi.

Fitur Kustomisasi Karakter
Salah satu fitur istimewa Black Desert Mobile ini ialah adanya fitur kustomisasi tingkat tinggi yang saya rasa adalah fitur dengan kustomisasi karakter terbaik yang pernah ada dalam dunia Game mobile sampai saat ini.

Fitur ini memungkinkan para player untuk membuat karakternya masing-masing sesuai keinginan, kita diberikan pilihan pertama dengan 5 karakter (Warrior, Ranger, Witch, Giant, Valkyrie) untuk selanjutnya bisa kita rubah penampilannya secara menyeluruh.

Masalah-masalah yang terjadi dalam Black Desert Mobile

Masalah-masalah sudah sangat umum terjadi pada game online dengan ukuran besar salah satunya BDM, dengan ukuran game yang tidak tanggung-tanggung yaitu 3 GB tak khayal para pemain mengeluhkan banyak sekali masalah terjadi ketika mereka mencoba memainkannya.

Hal ini dapat kita lihat dari penilaian aplikasi di Playstore misalnya, orang-orang yang menilai dengan bintang kurang dari 5 dengan alasan yang sebenarnya didasari bukan sepenuhnya dari kesalahan developernya, melainkan juga dari usernya.

Berikut List Masalah yang disampaikan pemain:
  • Speed Download Tidak sesuai kenyataan (saat download).
  • Selalu Crash/ Force Close (keluar sendiri ketika download).
  • Kekurangan Memori.
  • Game Sering Hang tiba-tiba.
  • Layar hitam.
  • Lag, Lemot, Patah-patah didalam game.
  • Jaringan Error.
Masalah-masalah diatas sebenarnya ada yang memang disebabkan oleh faktor gamenya tapi lebih besar pada perangkat user. Nah untuk Memastikan masalah yang kalian alami itu disebabkan oleh apa? apakah bisa mengatasi BDM yang sering FC/Crash misalnya? oke simaklah informasi dibawah ini.

Penyebab Terjadinya Masalah Lag, Crash, FC, Jaringan Error di BDM

  • Ram besar tapi tidak Lega.
  • Ram besar tapi Prosesor sudah ketinggalan.
  • Koneksi tidak stabil.
  • Banyak aplikasi berjalan di Latar Belakang.
  • Cache aplikasi menumpuk.
  • Bug bawaan game atau dalam perbaikan

7 Cara Mengatasi BDM (Black Desert Mobile) yang bermasalah

1. Pastikan Spesifikasi Ponsel Android kalian mendukung

Game BDM menjadi jajaran game terberat yang harus diketahui oleh para player untuk mengetahui spesifikasi seperti apa sih yang dibutuhkan oleh game ini? Secara resmi dalam deskripsinya di Play Store, pihak developer menuliskan kalau Ram minimum yang dibutuhkan ialah 2 GB, tapi kenyataanya banyak player mengeluhkan terjadi FC/ Crach atau keluar sendiri secara mendadak.

Berikut ini Spesifikasi Minimum bermain BDM:
  • Android: 6 Marshmallow.
  • Ram: 2 GB.
  • Memori Internal: Tersedia 3 GB.
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 801
  • Gpu: Andreno 330.

2. Cek Ketersediaan Memori Internal

Hal utama daripada yang lain sebelum menginstal game ini ialah soal ketersediaan memori di perangkat kalian. Perlu digaris bawahi bahwa walau kalian downlaod game ini di Play Store atau App Store hanya berukuran 81 MB tapi didalam game kita diharuskan download lagi dengan ukuran data yang bukan kaleng-kaleng yaitu mencapai sekitar 2.5 GB.

Sebagian orang tidak tahu kalau game ini dikira dapat langsung dimainkan padahal nyatanya perlu mengunduh data game sebesar itu. Nah untuk itu langkah pertama yang harus diambil ialah mengecek apakah memori internal kita tersedia setidaknya 3.5 GB di Pengaturan >> Penyimpanan, 3GB untuk BDM dan 500 MB untuk space supaya Android tidak hang.

3. Pakai Wifi

Penggunaan jaringan wifi untuk download data patch awal sangat saya anjurkan, pasalnya ukuran data yang sangat besar harus terunduh dengan benar tanpa ada kesalahan. Rata-rata kecepatan wifi saat ini sudah tinggi hingga sangat cocok untuk download patch BDM berukuran lebih dari 2 GB ini.

Selain itu penggunaan wifi disini juga dimaksudkan demi mencegah Ponsel dari Overheat akibat proses download yang lama, nah overheat inilah yang menjadi biang kenapa Sering terjadi Crash.

Semakin cepat koneksi internetnya maka download semakin cepat terselesaikan. Dan tambahan, didalam game kita juga memerlukan koneksi yang stabil, apabila tidak pergerakan musuh dan karakter kita tidak berjalan dengan semestinya, alhasil kita mati karena diserang oleh monster disaat kita reconnect.

4. Gunakan Operator yang Bagus sesuai tempat Kalian

Jika wifi tidak memungkinkan kita tetap bisa menggunakan Data Seluler sebagai pilihan. Tentunya tiap operator di tempat saya dan kalian berbeda-beda, kalian dan teman terdekat kalian yang tahu kualitas operator apa yang cocok buat main game.

Sinyal yang tidak stabil membuat ponsel kesusahan mencari sinyal, tak jarang orang awam sering terganggu karena dinyal sering bergonta-ganti dari 4G ke 3G dan sebaliknya secara tiba-tiba. Akibatnya ialah, koneksi akan terputus sementara karena terjadi peralihan jaringan.

Dan juga sinyal yang kurang baik ini dapat menyebabkan hp terasa lebih panas, itu karena saat plat antena ponsel kesusahan mencari sinyal, ia akan bekerja lebih ekstra, akibatnya akan memakan daya lebih besar kemudian berdampak pada suhu perangkat yang meningkat, barulah terjadi Crash.

5. Atur Kualitas Grafis

Kalau Ram Ponsel yang kalian gunakan hanya berukuran 2 atau 3 saya sarankan untuk tidak menggunakan pengaturan grafik dari efek, resolusi, texture, frame batas: High karena akan terasa berat. Memang grafik akan terasa kurang baik ketika diubah menjadi kualitas rendah, namun saya sarankan menggunakan pengaturan rata-rata Balance / seimbang supaya mendapatkan performa dan grafis yang seimbang.

Jika kalian coba menggunakan pengaturan High lalu ponsel terasa sangat panas berhati-hatilah, sebab jika terlalu panas lama-lama game akan terasa berat dan akhirnya bisa terjadi Crash/FC secara tiba-tiba.

6. Tutup aplikasi di Latar Belakang

Tanpa disadari kita sering melakukan penumpukan aplikasi di jendela (Minimize). Kalau banyak aplikasi berjalan dilatar belakang akan mempengaruhi performa Ponsel Android kita, Ram yang seharusnya digunkan untuk Black Desert Mobile tapi malah digunakan untuk menjaga jendela aplikasi untuk tetap standby.

Penjagaan aplikasi tetap stand by ini bertujuan supaya saat kalian me-minimize aplikasi lalu kembali lagi, aplikasi akan dalam keadaan yang sama seperti terakhir kali aplikasi ditinggalkan.

7. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi sebenarnya sangat bermanfaat karena dapat mempercepat loading suatu aplikasi. Ada pula satu lagi jenis cache yaitu cache Sistem yang gunanya untuk mempercepat sistem Android. Namun semakin banyak cache yang menumpuk justru akan berdampak buruk pada aplikasi lain seperti game BDM ini.

File cache tidak terlihat dalam bentuk file, ia merupakan residu aplikasi dan sistem yang melekat didalamnya sehingga untuk menghapusnya kita harus masuk ke Pengaturan > Penyimpanan > Bersihkan memori > Semua Data Cache Aplikasi > dan pilih cache aplikasi dan sistem untuk dihapus (Tested on Realme 3 Pro).

8. Matikan Fitur Hemat Baterai

Beberapa ponsel Android menanamkan pengaturan Hemat baterai yang sangat efektif karena ia dapat secara signifikan menghemat baterai sampai beberapa persen dengan mengaktifkan fitur ini. Fitur hemat baterai secara umum berisi kegiatan untuk mengurangi waktu habis layar, membatasi penggunaan CPU, membatasi aplikasi yang berjalan dilatar belakang, dan membatasi tingkat kecerahan.

Yang menjadi sorotan kita ialah fitur penghematan baterai ini dapat mengurangi performa saat kita bermain game, jangan sampai BDM lag gara-gara fitur hemat baterai ini diaktifkan.

9. Gunakan Game Booster atau Game Space

Ponsel-ponsel Android sekarang seperti beberapa merek seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan masih banyak lagi sudah menanamkan aplikasi berupa Game Space, Game Launcher, Game Booster dan semacamnya yang berguna untuk mempercepat sebuah game ketika dimainkan.

10. Atur Tingkat kecerahan

Tingkat kecerahan yang tinggi dapat menyebabkan game Overheat karena penggunaan baterai yang sangat ekstrem. Penggunaan baterai yang sangat tinggi inilah yang sering menjadi penyebab utama game secara perlahan terasa lemot/ lag.

Sebagai contoh ketika bermain diluar ruangan, bermain diluar ruangan memerlukan tingkat kecerahan yang tinggi supaya layar benar-benar terlihat, saran saya memang carilah tempat bemain didalam ruangan supaya pandangan tetap telihat jelas walau tingkat kecerahan rendah.

Penutup
Game online dengan ukuran besar seperti BDM ini adalah salah satu tantangan terbesar bagi seorang developer. Developer harus secara teliti memperkirakan dan membuat game untuk bisa dinikmati oleh para playernya. Walau masih banyak kekurangan didalam game BDM dapat kita maklumi sebab ini baru pertama kali dirilis. Untuk kedepannya pasti akan terus mendapatkan update perbaikan.

Sekian  artikel mengenai Trik supaya BDM tidak Crash, Lag, Bikin HP panas, Force Close, Keluar Sendiri semoga dapat membantu kalian menemukan solusi setelah membacanya.Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ 10+ Cara Agar Black Desert Mobile (BDM) tidak Lag/ Lemot/ Patah-patah"