Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

√ 4 Langkah Cek Harddisk Bad Sector Tanpa Software untuk Pemula!

Cara paling Gampang cek Harddisk Bad Sector atau tidak tanpa Software - Bad sector merupakan suatu masalah yang tidak lepas dari yang namanya Harddisk. Bad Sector pada harddisk itu bisa menandakan awal terjadinya kerusakan.


Ada 2 jenis kerusakan yang terjadi, yaitu kerusakan atau kecacatan dan kerusakan logic. Kecacatan fisik bisa terjadi akibat goncangan keras, terbentur sesuatu atau yang lebih parah konsleting terkena air.

Kerusakan lain yang juga perlu diperhatikan oleh sobat ialah kerusakan secara logic. Ini terjadi akibat suplay listrik ke Harddisk tiba-tiba terhenti, contoh kasusnya saat sobat menggunakan Laptop + Lepas baterai dan menggunakan PC tanpa memasang UPS.

Lalu secara tiba-tiba Listrik padam, inilah mengapa Baterai laptop dan UPS pada perangkat komputer sangat penting perannnya.

Nah jika sobat mencari-cari cara bagaimana mengetahui harddisk kita sedang dalam keadaan sehat atau kurang sehat tapi tak mau repot menginstal software, disini sobat menemukan artikel yang tepat.

Di artikel ini ekorkode.com akan memberikan sedikit trik mengecek Apakah harddisk Laptop/PC sobat aman dari Bad Sector.

Cara Cepat cek Harddisk Bad Sector Menggunakan CMD

Karena tanpa menggunakan Software tambahan tentu disini kita memanfaatkan aplikasi bawaan Windows yaitu CMD (Command Prompt). Agar proses berjalan lancar, kita harus menjalankan CMD sebagai Administrator.

Windows 10
Langkah 1: Buka Start Menu Windows, cukup tekan logo Windows pada Keyboard.

Langkah 2: Ketikan "cmd", Klik kanan CMD lalu Run as administrator.

Langkah 3: Ketikan "chkdsk D:" atau "chkdsk C:" terserah sobat mana yang mau di cek.

Langkah 4: Jika dibagian ini bernilai 0 KB in sectors berarti Harddisk sobat dalam keadaan sehat.


Jika ada bad sector tentu akan mempengaruhi kinerja dari harddisk itu sendiri. Apalagi bagi yang menggunakan Harddisk saja tanpa SSD, mau tak mau harddisk digunakan sebagai tempat penginstalan OS sekaligus menyimpan file, padahal ini sangat beresiko.

Makanya saat ini banyak pengguna Laptop dan PC menyiasati masalah diatas dengan menambahkan SSD sebagai tempat destinasi OS di Instal, jika suatu saat Harddisk rusak Laptop/PC tetap bisa berjalan normal.

Sekian artikel tutorial mengecek apakah Hardisk sobat memiliki Bad Sector atau tidak, semoga berguna. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "√ 4 Langkah Cek Harddisk Bad Sector Tanpa Software untuk Pemula!"