√ 8 Cara Memperbaiki Laptop ACER Tidak mau Menyala atau Menyala tetapi Blank Hitam 2023

Pada artikel ini akan dijelaskan cara memperbaiki laptop Acer yang tidak dapat dihidupkan. Ada beberapa cara serta tak lupa penyebabnya, untuk lebih jelasnya simak di bawah ini.


Penyebab Laptop ACER Tidak Mau Menyala

Ada banyak sekali penyebab kenapa laptop Acer tidak hidup, meski sudah menekan tombol power maupun sudah dicolok charger.

  • Masalah Baterai.
  • Kesalahan OS.
  • Kegagalan Hardware (SSD/HDD/RAM).
  • Kesalahan Urutan Booting.

Dalam beberapa kasus laptop hanya menyala namun blank hitam terus menerus, bahkan belum muncul logo windows dan logo Acer. Lebih parahnya tidak ada reaksi apa-apa setelah ditekan tombol power.

Tapi tenang saja, jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, Anda akan mudah untuk memperbaikinya tentu degnan langkah yang tepat.

Kerusakan Hardware menjadi diagnosa terakhir dari masalah ini, maka sebelum mendiagnosa itu alangkah baiknya coba cara-cara di bawah ini.


Cara Memperbaiki Laptop Acer yang Tidak Mau Menyala

Saya sudah mengurutkan cara-cara dari yang paling umum hingga yang paling rumit untuk dilakukan. Jadi pastikan Anda mencobanya dari nomor 1.

  1. Pastikan Lampu LED Indikator baterai Menyala. Jadi pastiken saat dihubungkan dengan charger dan listrik led menyala. Led indikator biasanya berada dibawah ataupun disamping.
  2. Hidupkan Laptop Sambil Dicharger. Pastikan Anda menggunakan charger original atau bawaan ketika Anda membeli laptop.
  3. Lepaskan Semua Kabel Perangkat Eksternal. Perangkat eksternal seperti SSD, Harddisk, Mouse, Keyboard, Monitor dan sejenisnya. Kemudian coba nyalakan, karena bisa jadi laptop berusaha melakukan booting dari perangkat eksternal tersebut.
  4. Coba Hubungkan Laptop Ke Monitor Eksternal. Cara ini untuk mendeteksi kerusakan monitor internal laptop. Jika pada eksternal monitor tampil normal, itu artinya ada kerusahan hardware layar laptop itu sendiri. Namun jika tidak, kemungkinan besar terjadi crash pada OS Windows Anda akibat Update ataupun salah instal Software.
  5. Charger Laptop Hingga Beberapa Jam. Ini untuk mengisi daya baterai yang mungkin benar-benar habis saat terakhir kali Anda gunakan. Baterai yang benar-benar habis kadang tidak dapat diisi begitu saja, butuh waktu ekstra untuk mengisinya.
  6. Cobalah Masuk BIOS. Caranya dengan menekan F2 saat Anda menekan tombol power. Setelah Anda masuk bios ubah urutan booting, posisikan Windows boot Manager pada ururtan pertama.
  7. Bersihkan RAM. Dari pengalaman Saya sendiri, laptop tidak dapat menyala jika RAM kotor. Jadi jika Anda berani dan garansi sudah habis cobalah bongkar laptop tersebut. Ada banyak tutorial di Youtube tentang bagaimana membongkar laptop Acer yang aman.
  8. Laptop Kotor. Tanda jika laptop sudah kotor ialah suara kipas berubah dan bahkan kipas laptop tidak berputar sama sekali. Untuk itu jalan utamanya ialah dengan membongkarnya dan membersihkannya. Kipas yang kotor dan mungkin tidak berputar dapat membahayakan karena dapat terjadi overheating hingga laptop konslet terbakar.

Pertanyaan-pertanyaa Seputar Laptop Acer Tidak mau Menyala

  • Kenapa Laptop Acer tidak mau menyala walau sudah ditekan power berkali-kali?.
  • Apa penyebab laptop Acer tidak merespon saat ditekan power?.
  • Lampu indikator baterai Laptop Acer tidak menyala saat dicas itu kenapa?.
  • Layar hidup tapi blank hitam itu kenapa?.
  • Mengatasi Baterai Laptop Acer Drop?.
  • Keyboard Laptop Acer tidak berfungsi?.
  • Layar Laptop Acer berkedip-kedip?.
  • Kipas laptop acer berbunyi keras.
  • Kipas laptop tidak berputar.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama