√ INSTAGRAM, Cara Mengembalikan Akun Instagram "Your Account Has Been Temporarily Locked" 2022

  Instagram dapat mengunci akun Anda untuk sementara karena beberapa alasan. Pesan yang muncul "Your Account Has Been Temporarily Locked" atau jika dalam Bahasa Indonesia "Akun Anda Sudah Dikunci Untuk Sementara". Algoritma Instagram akan mengunci akun untuk melindungi akun pengguna, melindungi platform itu sendiri, dan menjaga pengalaman pengguna.

Jika Anda membuka Instagram dan muncul pesan demikian, pada artikel ini akan dibahas apa yang mungkin memicu pesan tersebut dan cara membuka kunci sementara itu. Saya juga akan memberikan penjelasan yang mungkin dianggap mencurigakan sehingga sistem mendeteksinya.

Kenapa Akun Instagram Saya Tiba-tiba Terkunci

Pihak Instagram tentu tidak secara random mengunci akun Anda, tentu ada alasan dan penyebabnya. Asal Anda tahu bahwa kebijakan instagram sangatlah komplek dan banyak orang tidak terlalu menghiraukannya, jika belum mengalami masalah ini.

Mungkin saja Anda melakukan tindakan yang melanggar Kebijakan Pengguna, namun Anda tidak menyadarinya. Maka dari itu berikut adalah aktivitas umum yang menyebabkan Instagram mengunci akun Anda:

1. Perilaku seperti Bot

Perilaku atau Aktivitas seperti bot? Apa maksudnya?. Jadi Instagram secara otomatis melakukan monitoring terhadap perilaku pengguna. Apakah Anda melakukan aktivitas yang relatif cepat layaknya robot tersistem dalam beberapa menit atau jam. Lebih rincinya sebagai berikut:

Follow dan Unfollow Dengan Cepat dan Banyak

Banyak orang melakukan praktik Follow, kemudian mengharapkan orang lain itu Follow Back demi meningkatkan jumlah Follower. Melakukan Follow dan Unfollow secara cepat dan masif seperti ini adalah salah satu perilaku yang menyebabkan pelanggaran kebijakan pengguna.

 

Like dan Dislike Postingan Terlalu cepat

Selanjutnya, ketika Anda melakukan Scroll Feed terkadang menemukan postingan Gambar, Video, atau Reels yang menarik kemudian melakukan Like. Nah sewajarnya like tidak diklik secara cepat dan terus menerus bahkan sebelum membaca deskripsi dan durasi sebuah video habis.


Melakukan Spam Komentar yang Sama dan Cepat

Sewajarnya memberikan komentar itu demi memberi apresiasi ataupun bertanya kepada kreator. Namun jika Anda melakukan Spam Komentar terus menerus dan parahnya lagi komentar yang Anda Ketikkan Identik tentu Akun Anda dicurigai oleh algoritma sistem.


Melakukan Banyak Direct Message ke Beberapa Orang secara Masif

Jika Akun Anda bukan akun Bisnis ataupun Creator, Sering melakukan DM ke beberapa orang dalam kurun waktu yang singkat dapat diindikasi SPAM. 


2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak sekali aplikasi maupun tool yang beredar dengan berbagai fitur. Seperti IG downloader, Followmeter, BlindStory, Real Followers, Follower - Unfollowers dan sebagainya. Beberapa Aplikasi bahkan mengharuskan Anda memasukkan Username dan Sandi Instagram di Aplikasi mereka, tentu di samping melanggar, ini sangat beresiko.

Instagram akan mendeteksi bahwa ada aktivitas login diluar wilayah, perangkat dan IP biasanya, tindakan ini pasti akan dicurigai.


3. Anda Terkena Phising

Tindakan peretasan yang umum terjadi terkait sebuah akun adalah Phising. Mungkin Anda tidak sengaja dan tidak menyadari telah memasukkan Username & Password ke Website atau Aplikasi tiruan Seperti Instagram.

Sehingga orang dibalik website palsu tersebut mendapatkan info login Akun Anda. Nah disini Anda malah diuntungkan jika akun Dikunci, itu berarti Instagram mendeteksi ada yang tidak beres terhadap Akun Anda.


Cara Mengembalikan Akun Instagram Dikunci Sementara

$ads={2}

A. Membuat Laporan

Jika Anda tidak merasa melakukan hal-hal melanggar seperti yang saya jelaskan, atau memang Akun Anda sangat dibutuhkan segera maka cara ini akan cocok. Jadi Anda perlu membuat laporan mengenai masalah apa yang terjadi pada Akun Anda, begini tahapannya:

  • Caranya Buka Pengaturan > Bantuan > Laporkan Masalah dan sertakan pula Screenshot akun Anda dikunci.
  • Fitur tersebut akan membantu Anda melaporkan apa yang terjadi terkait akun Anda sendiri maupun orang lain. Anda harus menjelaskan apa yang terjadi dan melengkapi dengan bukti Screenshot sebagai pendukung.
B. Hindari Aktivitas-aktivitas Melanggar Seperti di atas
  • Jika Anda tidak menyadari telah melakukan hal-hal aktivitas di atas sebaiknya stop aktivitas-aktivitas itu. Dengan begitu sistem tidak lagi mendeteksi pelanggaran pada Akun Anda.

C. Tunggu Dan Bersabar

  • Karena sistem yang melakukan deteksi terkait pelanggaran Anda, maka sistem jugalah yang akan otomatis membuka kunci akun Anda. Jadi selama Anda masih bisa login dan keadaan masih terkunci diamkan saja. Umumnya kunci otomatis akan terbuka dalam kurun waktu 3x24 jam sampai 1 minggu.


DAFTAR PERTANYAAN

Berapa Lama Akun IG Dikunci Sementara?

Tercepat 1x24 - 3x24 Jam hingga 1 minggu, tergantung apa dan berapa pelanggaran yang telah Anda lakukan. Durasi tersebut bisa berubah-ubah sesuai kebijakan yang diterapkan saat pelanggaran terjadi. Jadi intinya ikuti arahan dan saran yang diberikan oleh Instagram demi mendapatkan Akun Anda normal kembali.

Setelah Akun Kembali Kenapa tidak bisa Update Profil?

Beberapa pengguna melaporkan tidak dapat mengubah Profil setelah mereka mendapatkan Akunnya kembali setelah terkunci. Ini bisa berlangsung singga berhari-hari bahkan minggu. Tentu demi mengamankan akun dari tindakan orang lain yang ingin mengambiol alih akun misalnya.

Apa boleh membuat Akun baru dengan Nama yang Sama?

Berhati-hatilah jika akun sebelumnya masih dalam keadaan terkunci sebaiknya tidak membuat akun dengan informasi yang sama. Karena kemungkinan dapat terkena imbas karena kemiripan informasi data.


Kesimpulan

Akun Instagram secara otomatis terkunci setiap kali Instagram menganggap pengguna  melanggar pedoman komunitas mereka. Untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, Instagram melarang penggunaan sebagian besar aplikasi pihak ketiga. Ini akan memblokir akun apa pun yang menampilkan perilaku seperti bot atau akun yang menunjukkan aktivitas sporadis. 

 Untungnya, membuka kunci akun Anda hanyalah formalitas. Dengan mengisi formulir dan membuktikan bahwa Anda  pemilik akun tersebut, Instagram akan memulihkan akun Anda sesegera mungkin.  Apakah akun Anda salah dikunci oleh Instagram? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama