√ 10+ Cara Mengatasi Layar Laptop Blank atau Black Screen Mudah dan Aman 2022

 Apakah Layar Laptop Anda menampilkan layar blank hitam, dan tak kunjung berhasil meski sudah ditunggu lama?. Oke dalam artikel ini saya akan memberikan informasi, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu layar blank hitam atau biasa disebut Black Screen.

Apa itu Black Screen atau Layar Blank?

Layar hitam Windows, umumnya dikenal sebagai layar Black Screen. Jika Blue Screen disebabkan karena OS Crash, Black Screen adalah suatu kesalahan sistem yang lebih luas. Layar kosong ini bisa muncul kapan saja, bahkan sebelum booting pun bisa.

Black Screen disebabkan oleh kesalahan fatal pada sistem operasi komputer Anda yang dapat disebabkan oleh kesalahan driver, kegagalan hardware, atau kesalahan OS Windows. Meskipun relatif mudah memperbaikinya, tapi mengetahui persis akar permasalanya itu yang sulit.

Berikut adalah beberapa penyebab umum Layar Laptop Blank Black Screen di Windows:

  • Kesalahan Update
  • Driver Bug atau Kedaluarsa
  • Ada Aplikasi atau Software yang bermasalah
  • RAM Kotor
  • Pemasangan SSD / Hard Disk longgar
  • BIOS bermasalah
  • Kabel Monitor putus
  • Engsel LAPTOP Rusak
  • VGA error atau Rusak
  • Dan sebagainya.

Jika Anda melihat layar yang benar-benar hitam sebelum melewati Logo Windows, hal itu mungkin disebabkan oleh driver yang crash atau masalah hardware (hdd/ssd/monitor). Jika layar kosong muncul setelah masuk ke Windows (halaman login), mungkin ada masalah dengan OS Windows nya, seperti pembaruan Windows 10 yang gagal atau masalah dengan aplikasi yang Anda instal. Jangan menganggap komputer Anda rusak secara permanen lalu buru-buru ke tempat service, hemat uang Anda dan simak tutorial saya.

Identifikasi black screen yang Anda alami apakah sudah melewati logo Windows atau belum.

Solusi cara mengatasi Layar Laptop Blank Black Screen di Windows

$ads={2}

Jika Anda mengalami layar hitam sebelum layar login Windows muncul, masalah ini biasanya dapat diselesaikan dengan mudah. Lihat kemungkinan solusi di bawah ini untuk menyelesaikan masalah.

1. Update Driver

Driver sangat berperan penting dalam mengontrol Hardware agar semua komponen berjalan dengan semestinya. Nah untuk ini cobalah untuk update Semua Driver ke versi terbaru. Anda dapat melakukan update sekaligus dengan Aplikasi pihak ketiga Seperti iObit Driver Booster.

2. Update Windows

Dengan Anda melakukan Update Windows, itu artinya OS dan komponen-komponen akan menjadi lebih baru dan meningkatkan keamanan terhadap virus.

3. Disable Startup Aplikasi yang tidak perlu

Beberapa aplikasi dapat ikut berjalan ketika windows melakukan start-up. Nah mungkin saja aplikasi tersebutlah yang menyebabkan gagalnya booting. Silahkan Disable aplikasi yang sekiranya tidak harus terbuka saat laptop dinyalakan. Buka Task Manager > StartUp.

4. Copot RAM dan bersihkan

Menurut pengalaman saya jika RAM tidak benar-benar pas atau kotor pada pinnya menyebabkan Laptop menjadi Blank. Bahkan parahnya Anda belum melewati booting logo Windows. Cobalah ikuti tutorial Bongkar laptop untuk copot dan pasang RAM sendiri.

5. Copot Hardisk atau SSD dan pasang kembali

Karena OS Windows tersimpan di SSD maupun HDD tentu jika tidak terbaca menyebabkan BLANK, jadi anda bisa melakukan cara ini.

6. Ingat-ingat Aplikasi terakhir yang diinstal sebelum terjadi BLANK BLACK SCREEN

Nah yang mungkin anda tidak sadari, penyebab black screen adalah kesalah aplikasi, mungkin aplikasi tersebut tidak mendukung atau crash yang berulang-ulang tanpa ada penyelesaian.

7. Uninstall Aplikasi tidak Perlu

Sebagai langkah aman saat anda benar-benar tidak tahu penyebabnya bisa saja menghapus beberapa aplikasi yang tidak perlu, alih-alih juga mengosongkan penyimpanan.

8. Coba hubungkan dengan Monitor Eksternal

Nah jika Anda curiga apakah monitor laptop yang rusak, coba hubungkan ke monitor eksternal atau TV yang mendukung PORT HDMI atau VGA. Jika bisa itu berarti ada yang tak beres pada monitor laptop Anda.

9. Jalankan Auto Repair Windows

10. Jalankan  System Restore

11. Jalankan Boot Safe-Mode


Kesimpulan

Saya harap panduan ini membantu Anda memecahkan masalah layar hitam Anda. Jika semuanya gagal, Anda mungkin harus menginstal ulang Windows dari awal karena masalahnya mungkin lebih serius atau tidak dapat diselesaikan. Jika tidak, perbarui sistem Anda dengan pembaruan mingguan untuk membantu mencegah masalah seperti layar hitam kematian.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama